Upgrading Jurnalistik UKPM Pena BEM KM FKM Unand

 

Wujudkan Jurnalis Muda dalam Mencapai Rekognisi Pers Mahasiswa

 

Minggu, (21/03/2021), UKPM Pena BEM KM FKM Unand melaksanakan upgrading secara Online melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting dengan mengusung tema “Mewujudkan Jurnalis Muda dalam Mencapai Rekognisi Pers Mahasiswa”. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Anggota dan Pengurus UKPM Pena BEM KM FKM Unand. Selain itu juga turut hadir perwakilan dari berbagai lembaga yang ada di FKM Unand seperti DPM KM FKM Unand, BEM KM FKM Unand, HIMA IKM KM FKM Unand, dan DPP UKPM Pena BEM KM FKM Unand. Kegiatan yang berlangsung dari pukul 13.00 WIB hingga 15.00 WIB ini berjalan dengan lancar tanpa kendala yang berarti.

 


Gambar 1. Pembukaan Acara Oleh MC

 

Upgrading UKPM Pena BEM KM FKM Unan kali ini dipandu oleh MC yang sangat luar biasa yaitu Shabrina Erika. Suasana menjadi meriah salah satunya dikarenakan oleh pembawaan MC yang tidak membosankan. Acara upgrading UKPM Pena BEM KM FKM Unand ini langsung dibuka oleh pembina UKPM Pena yaitu bapak Aulia Rahman ,S.K.M., M.K.M.

Kegiatan ini terbagi menjadi sesi sharing hearing oleh 2 pemateri yang sangat luar biasa. Pemateri pertama yaitu Kartika Putri selaku Pimpinan Umum UKPM Pena BEM KM FKM Unand dan Kak Tiara Mairani, S.K.M., M.K.M. Selain penyampaian materi, dalam kegiatan ini juga diberikan penugasan ke setiap pengurus. Penugasan yang diberikan adalah ringkasan materi dan juga pembuatan video berkelompok yang nantinya akan dinilai dan dipilih pemenangnya. Penugasan ini dimaksudkan untuk melatih krativitas dan berpikir kritis pengurus UKPM Pena BEM KM FKM Unand.

 


Gambar 2. Kata Sambutan Sekaligus Membuka Acara Upgrading Oleh

 Pembina UKPM Pena

 

Gambar 3. Penyampaian Materi Pertama Oleh Kartika Putri Selaku Pimpinan Umum UKPM Pena

 

Gambar 4. Penyampaian Materi Kedua Oleh Kak Tiara Mairani, S.K.M., M.K.M.

 

Kegiatan upgrading UKPM Pena ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, wawasan, kinerja, serta mempererat silahturahmi dan solidaritas Pengurus UKPM Pena BEM KM FKM Unand Periode 2021.

           “Kendala acaranya terlambat dimulai dari jadwal yang telah ditetapkan sebelumnya. Karena banyaknya peserta yang telat masuk zoom jadinya kita pending dulu selama beberapa menit kurang lebih 10 menit. Untuk lainnya Alhamdulillah tidak ada kendala yang berarti.” Ujar Sonia Asyrifa Ummi Tanjung selaku Ketua Pelaksana Upgarading UKPM Pena BEM KM FKM Unand 2021.

“Untuk kesannya, saya pribadi sebagai ketua pelaksana dari acara Upgrading Jurnalistik kali ini merasa sangat bangga dan luar biasa ya. Alhamdulillah acaranya juga lancar dengan pemateri yang hebat juga. Sebelumnya juga saya ingin mengucapkan terima kasih banyak kepada seluruh panitia dan pihak lainnya yang telah mendukung acara ini. Untuk pesannya, semoga apa yang kita dapat dari upgrading ini memberikan manfaat yang baik untuk kita semua dan juga ilmu-ilmu yang diberikan oleh pemateri kita jangan lupa untuk diterapkan dalam kehidupan berorganisasi. Semoga semuanya berkah dan mendatangkan kebaikan untuk semua. Sambungnya.

 

“Pendapat Kakput selama acara, walaupun ada sedikit kendala online pada umumnya, Alhamdulillah acara tetap berjalan dengan lancar dan baik. Panitia bisa berkoordiasi dengan cepat, pengisi acara membawakan sesi dengan meriah, pemateri memberikan ilmunya dengan maksimal, dan semua pengurus mengikuti dengan tertib dan aktif bertanya seputar Pena. Karena secara keseluruhan sudah baik, diharapkan bisa lebih ditingkatkan partisipasinya di acara berikutnya” Ujar Kartika Putri selaku Pimpinan Umum UKPM Pena BEM KM FKM Unand 2021.

“Perasaan Kakput tentunya senang sekaligus gugup karena menjadi pemateri di acara Pena adalah pertama kali. Belum banyak yang bisa disampaikan oleh Kakput, tapi InsyaAllah teman-teman diharapkan bisa menjalankan semua pesan hari ini, agar UKPM Pena bisa menjadi lebih baik dan berperan aktif dalam dunia jurnalistik. Perasaan Kakput terkait Kak Tiara dan Pembina Pena yang membersamai acara hingga akhir, yaitu sangat terharu dan bangga dengan silaturahim beliau yang sangat erat. Harapannya, bisa berimbas baik untuk kita semua dan bisa mencontoh hal tersebut untuk meningkatkan solidaritas Pengurus UKPM Pena BEM KM FKM Unand.” Tutupnya saat diwawancarai melalui WhatsApp pada 21/03/21

 

Husnaa Haniifah Wizi dan Ghefira Vania Saldha

UKPM Pena BEM KM FKM Unand

Generasi Aksara

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama