BERITA SYAM UKM Al-kahfi

 

SYAM 2: Pentingnya Menuntut Ilmu sebagai Jalan Menuju Surga

Kamis, (25/03/21), UKM Al-Kahfi BEM KM FKM Unand kembali mengadakan SYAM (Saring Asyik Agama Islam) untuk yang kedua kalinya. Kegiatan SYAM yang berlangsung selama 2 jam ini mengangkat tema Thalabul ‘Ilmi yang disampaikan oleh pemateri Khalilul Rahman Lc., yang merupakan salah satu mahasiswa Pascasarjana Universitas Al-Azhar Mesir Jurusan Ushul Fikih. Acara ini dimoderatori oleh Saudara Robi Tri Nanda. Seperti kegiatan sebelumnya, SYAM kali ini tidak hanya dihari oleh pengurus UKM Al-Kahfi BEM KM FKM Unand saj, tapi juga dihadiri oleh perwakilan dari berbagai lembaga.

   Gambar 1 : Suasana Ketika Menunggu Peserta

    Gambar 2 : Pembukaan Oleh Moderator

   Gambar 3 : Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an

   Gambar 4 : Penyampaian Materi

Kesimpulan materi yang disampaikan ialah tiga ilmu dalam Islam yakni Ilmu Akidah, Ilmu Fikih, dan Ilmu Tasawuf. Ketiga ilmu ini adalah ilmu pokok yang wajib untuk dipelajari, sebagaimana kita tahu Islam tidak membatasi kita dalam mencari dan mendalami ilmu, dengan ketiga ilmu inilah menjadikan penopang ilmu pengetahuan lainnya baik itu ilmu agama ataupun ilmu yang bersifat umum.

Keutamaan menuntut ilmu sangat banyak salah satunya sebagai jalan menuju surga seperti yang disampaikan oleh peserta dalam acara ini, Chosyatillah Budiman “Cukup banyak hal yang dapat saya sampaikan dari syam malam ini, seperti pengetahuan mengenai urgensi dari menuntut ilmu dan ilmu apa yang diprioritaskan dalam hidup. Seperti yang dijelaskan, keutamaan menuntut ilmu sangat banyak salah satunya yaitu mempermudah jalan kita menuju surga yang mana sesuai dengan QS. An-nisa.”

“Yang saya dapatkan pada taklim kali ini tentunya ilmu yang sangat bermanfaat tentang keutamaan menuntut ilmu karena  kita sendiri adalah orang yanh sedang menuntut ilmu, jadi lebih tau bahwa Allah SWT melebihkan beberapa derajat pada orang yang menuntut ilmu, dan juga lebih tau tentang pembagian ilmu.” Ucap peserta lainnya.

Sepanjang acara ini terlihat bahwa pemateri sangat mempuni dan menguasai materi yang disampaikan dengan begitu tidak membuat bingung peserta dalam menyerapnya. “Pada acara SYAM malam hari ini, pemateri menyampaikan materi dengan baik dan jelas, sehingga materi yang disampaikan dapat diterima dan dipahami dengan baik” ungkap Chosyatillah budiman sebagai salah satu peserta.

Kendala yang dihadapi dalam acara ini adalah waktu seperti yang disampaikan oleh  ketua pelaksana dalam wawancara bahwa “Kendalanya karena waktunya mepet kali dengan setelah selesai ujian jadi sedikit terkendala dalam persiapan. Salah satunya pemateri/Ustadz nya, banyak ustadz yang berhalangan mengisi kajian di Kamis malam ini.” Ungkap Panesa Anggraila.

“Karena mengingat sekarang Kamis, dan SYAM ini agenda wajib KM FKM, maka harus menyesuaikan dengan jadwal kuliah semuanya agar semuanya dapat mengikuti agenda SYAM ini.” Ucapnya lagi

Acara berlangsung dengan sangat baik sesuai dengan harapan, “Sejauh ini, Alhamdulillah bagi saya pribadi justru sangat jauh MasyaAllah luar biasanya di luar ekspektasi yang saya bayangkan. Karena mengingat beberapa kendala utama dalam mencari pemateri dan ternyata kendala tersebut Allah SWT gantikan dengan acara yang Alhamdulillah dan InsyaAllah berjalan dengan sangat baik dan juga sesuai dengan timing waktunya.” Kata ketua pelaksana.

Untuk pesan dan kesan sendiri menurut Chosyatillah Budiman “Acaranya sudah cukup menarik dan materi yang diangkat pun demikian. Pematerinya juga menyampaikan materi dengan sangat baik. Namun, saran saya ke depannya acara dilaksanakan di siang hari.”

 

Mirna Saputri dan Noviana Sinta Dewi. S

UKPM Pena BEM KM FKM Unand

Generasi Aksara

 

 

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama