INFOGRAFIS

Tips Memberikan Judul Karya agar Menarik Perhatian Pembaca

1.    Kuasai isi dan pesan yang ditulis

Kunci suksesnya penulisan judul yang benar dan baik adalah menguasai isi dan pesan yang ditulis. Tidak dapat dipungkiri, kini semakin banyak artikel yang judulnya tidak benar dan tidak sesuai dengan isi yang tertulis. Misalnya, judul artikel terlalu memaksakan diri. Sekarang banyak artikel yang bertujuan agar artikel diklik dan dibaca dengan membuat judul yang tidak sesuai dengan isinya. Sehingga banyak pembaca yang merasa kecewa dengan judul tersebut.

2.    Buat judul yang singkat, padat, dan jelas namun tetap menjelaskan isi karya

Tips menulis judul yang menarik untuk dibaca selanjutnya adalah tulis singkat, padat, dan jelas. Penulisan judul tidak perlu panjang lebar. Dalam ilmu jurnalistik, penulisan judul yang benar ditulis sependek mungkin, tetapi tetap singkat padat jelas. Judul yang baik adalah judul yang dapat dibaca dalam satu tarikan nafas saja.

3.    Kenali selera pembaca

Saat membuat judul buku, Anda pun juga perlu mengenali selera pembaca agar banyak yang membaca tulisan. Sebenarnya penulisan judul yang benar dengan cara mengenali selera pembaca tidak hanya berlaku untuk menulis artikel, tetapi di dunia perbukuan pun juga demikian. 

4.    Menggunakan kalimat aktif dan sesuai dengan PUEBI

Struktur kalimat aktif sangat tepat untuk membuat judul, tetapi cara ini tidak banyak penulis menggunakan teori ini. Bisa karena mereka tidak tahu atau terlalu menganggap kalimat aktif sepele. Kalimat aktif ini akan memberikan sedikit gambaran kepada pembaca tentang isi dari karya tanpa harus membaca seluruh tulisan. 

5.    Mengambil kalimat paling menarik yang ada dalam karya

Anda bisa membuat judul dengan cara mengambil satu kalimat yang ada di dalam tulisan. Tentu saja mengambil kalimat yang paling menarik. Atau bisa juga Anda mengambil kesimpulan dari tulisan Anda seringkas mungkin untuk dijadikan sebuah judul. 

 

Sumber:

5 Trik Menulis Judul yang Menarik untuk dibaca (https://penerbitdeepublish.com/menulis-judul-yang-menarik-untuk-dibaca/) diakses pada 4 Maret 2021


Harisa Rahma Wenatri

UKPM Pena BEM KM FKM Unand

Generasi Aksara


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama