FITALIS SAFE 2021: “Menciptakan Generasi Muda Tanggap Darurat Bencana di Masa Pandemi melalui Pelatihan Pertolongan Pertama dan Public Speaking”

 


 

Gambar 1 Pembukaan Acara Oleh MC

 

Sabtu, (27/03/2021), UKM SAFE BEM KM FKM Unand mengadakan Fitalis SAFE yang dimulai pada pukul 07.30 WIB. Kegiatan Fitalis SAFE ini bertujuan untuk dapat menjadi ajang dalam meng-upgrade ilmu terkait  public speaking dan dalam manajemen bencana. Kegiatan Fitalis SAFE ini berlangsung selama dua hari yaitu dari tanggal 27 Maret 2021 sampai tanggal 28 Maret 2021 dengan memanfaatkan media Zoom Cloud Meeting. Kegiatan ini merupakan program kerja dari Departemen Penanggulangan Bencana (PB) UKM SAFE BEM KM FKM Unand.

Kegiatan Fitalis SAFE pertama yakni pada tanggal 27 Maret 2021 dimulai dengan pembukaan acara oleh MC Formal yaitu Asha Firnandia. Acara berlangsung dengan runtut dan khidmat karena dipandu oleh MC yang sangat luar biasa. Selanjutnya, pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Machranda semakin memberikan kedamaian, sehingga dapat fokus dalam mengikuti acara demi acara dalam kegiatan Fitalis SAFE di hari pertama ini. Selain itu, kegiatan ini juga diawali dengan kata sambutan dari ketua pelaksana, Ketua Umum UKM SAFE, dan Gubernur BEM KM FKM Unand.

Gambar 2 Penyampaian Materi Pertama oleh

Ibu Dr.dr.Dien Gusta Nursal Anggraini,MKM

 

Gambar 3 Penyampaian Materi Kedua oleh Muhammad Dafiq Naskar

 

Kegiatan Fitalis SAFE  kali ini menghadirkan pemateri yang sangat luar biasa, yaitu Ibu Dr. dr. Dien Gusta Nursal Anggraini, M.K.M., selaku Dosen KM FKM Unand dan Muhammad Dafiq Naskar selaku Wakil Presiden Mahasiswa KM Unand. Memasuki sesi non-formal yaitu penyampaian materi dan diskusi yang semakin membangkitkan semangat para peserta untuk meningkatkan pemahaman tentang materi yang disampaikan yaitu seputar pelatihan pertolongan pertama dan public speaking yang merupakan dasar dalam menciptakan generasi muda yang tanggap terhadap bencana. Selain penyampaian materi juga ada games yang diberikan panitia sebagai jeda dan ice breaking antara penyampaian materi satu dan dua, agar bisa mempertahankan fokus para peserta untuk materi selanjutnya. Kegiatan Fitalis SAFE hari pertama ini berakhir dengan diskusi dan tanya jawab bersama pemateri 2 yaitu Muhammad Dafiq Naskar.

 “Yang menjadi kendala mungkin dalam mencari pemateri yang benar-benar sesuai dan juga mendapatkan tanda tangan. Karena harus mendapatkan tanda tangan ke kampus yang mana itu sulit sekali mencari waktu luang untuk pergi ke kampus karena jadwal kuliah yang tidak sesuai dengan yang direncanakan.” Ujar Iftitah Fadia Amini selaku Ketua Pelaksana Fitalis SAFE tahun 2021.

Alhamdulillah berjalan lancar walaupun ada beberapa halangan, tetapi dapat diatasi dengan baik oleh panitia-panitia yang lain dan SC juga memberikan saran yg sangat berguna bagi kami.” Sambungnya dalam wawancara yang dilakukan via WhatsApp pada tanggal 27 Maret 2021 pukul 19.45 WIB.

“Alhamdulillah, fitalis hari pertama berjalan sesuai yang sudah direncanakan yaitu adanya materi dari dosen, Ibu Dr. dr. Dien Gusta Nursal Anggraini, M.K.M. dan bang Dafiq Naskar selaku Wakil Presiden Mahasiswa KM Unand. Alhamdullillah di acara Fitalis  mendapatkan ilmu dan motivasi baru untuk bisa lebih baik dalam public speaking dan terampil dalam manajemen bencana.“ Ujar Eka Putri Delni selaku Ketua Umum UKM SAFE BEM KM FKM Unand 2021.

Adapun harapan yang disampaikan oleh Eka Putri Delni untuk pelaksanaan Fitalis SAFE ke depannya, “ Harapan untuk acara Fitalis kedepannya agar lebih baik dan ada inovasi-inovasi terbaru. Semoga acara ini dapat menjadi ajang meng-upgrade ilmu dan ilmu yang didapatkan bisa diimplementasikan dikehidupan sehari-hari.”

 

Nadhira Gusriani dan Riska Wahyuni

UKPM Pena BEM KM FKM Unand

Generasi Aksara

 

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama