Seminar Motivasi Mentoring BPMAI KM FKM Unand : “Glow Up With Mentoring From Millenials Generations”

 

Minggu, pada tanggal 15 November 2020, BPMAI KM FKM Unand mengadakan Semibar Motivasi Mentoring yang diadakan Via Zoom Meeting. Seminar Motivasi Mentoring ini merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh BPMAI KM FKM Unand.

 

Gambar 1. Beberapa peserta Seminar Motivasi Mentoring BPMAI KM FKM Unand

 

Seminar Motivasi Mentoring pada tahun ini mengangkat tema “Glow Up With Mentoring From Millenials Generations”. Kegiatan ini berlangsung pada pukul 07.30 – 11.00  WIB. Seminar ini dibuka oleh Dr. Masrizal dt. Mangguang S.K.M., M. Biomed selaku pembina BPMAI KM FKM Unand dan Kartika Putri sebagai MC dan moderator yang meminpin jalannya acara. Kegiatan diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Machranda dan pembacaan do’a oleh Abudzar Al-Ghifari. Selain itu, tak lupa terdapat kata sambutan oleh ketua BPMAI yaitu Muhammad Fahrezi Al-Ghifari.

 

Gambar 2. Rangkaian acara Kata Sambutan oleh Pembina BPMAI KM FKM Unand

 

Seminar Motivasi Mentoring kali ini mendatangakan dua pemateri. Materi pertama disampaikan oleh Iqbal Tarigan, S.I. Kom seorang Co Founder Lingkar Iman dan Lingkar juara. Pemateri memaparkan materi yang berjudul “Mentoring bagi Kehidupan Milenial”, menekankan bahwa mentoring dapat merubah diri kita, merubah orang yang dicintai menjadi lebih baik dan dalam mentoring kita perlu belajar bersama sama dan kita tidak dapat hidup sendiri. Dengan pemaparan materi tersebut diharapkan mentoring dapat membuat diri tersadarkan untuk memperbaiki diri dan istiqomah.

Kemudian, materi kedua disampaikan oleh Herlambang Terasih seorang Founder Lingkar Iman dan Lingkar juara, beliau memaparkan materi yang berjudul “Mentoring Membentuk Pemuda Islam Berwawasan dan Bermoral” yang menyatakan mentoring adalah kunci dari pada permasalaahan yang dihadapi. Dengan mentoring, dapat menjadi sarana untuk menimbang ilmu agar berwawasan dan sebagai motivasi menjadi mahasiswa berprestasi yang tumbuh saat mentoring.

Menurut Rahma Yeni selaku ketua pelaksana, kegiatan Seminar Motivasi Mentoring ini memiliki tujuan yaitu untuk memotivasi mahasiswa baru agar semangat lagi dalam mengikuti mentoring. “Seperti kita tahu kan mentoring adalah salah satu agenda wajib di Unand dan bahkan masuk kedalam nilai mata kuliah keagamaan. Bahkan juga ada ujiannya nanti. Nah untuk itu, kami mengadakan SMM ini untuk memberikan semangat dan motivasi buat adik-adik mahasiswa baru dalam mengikuti mentoring nantinya, seperti kita tahu pasti banyak agenda nanti di perkuliahan bukan hanya kuliah saja tapi ada juga organisasi.”

“Selain itu, salah tujuan lainnya adalah untuk memberikan informasi dan juga pengetahuan kepada mahasiswa baru, bahwasanya dunia kampus itu jauh berbeda dengan dunia ketika mereka masih menggunakan seragam putih abu-abu. Dunia kampus mengajarkan kita mandiri, kita harus pandai dalam membentengi diri kita. Banyaknya pergaulan yang menyimpang saat ini, nah di sini lah salah satu fungsi mentoring itu sendiri. Dengan adanya agenda SMM diharapkan dapat memberikan adik-adik tersebut gambaran tentang apa sih sebenarnya tujuan mereka ikut mentoring itu sendiri.”

Rahma Yeni mengatakan sasaran peserta seminar yaitu semua mahasiswa baru yang beragama Islam, tetapi hanya ±250 orang yang mengikuti kegiatan tersebut. Ia juga mengatakan kendala yang ada dalam seminar tersebut yaitu telah mengalami dua kali pengunduran. Yang awalnya sudah di persiapkan juga kemudian diundur karena ada satu dan lain hal. Dan Qadarallah, Alhamdulillah bisa terlaksana juga dengan lancar pada Ahad tadi 15 November.

                       Areta Ardiningrum dan Mutiara Sakinah

UKPM Pena BEM KM FKM Unand

Generasi Alpha

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama