Fakta Hari Pahlawan : 10 November

 

            Hari Pahlawan atau Hari Pahlawan Nasional dapat merujuk pada sejumlah peringatan Hari Pahlawan Nasional di berbagai negara. Hari Pahlawan di Indonesia diperingati setiap tanggal 10 November. Namun, ternyata ada beberapa fakta dibalik Hari Pahlawan ini, yuk kita simak beberapa fakta Hari Pahlawan berikut:

1. Pertempuran 10 November di Surabaya adalah pertempuran pertama setelah Indonesia merdeka. Salah satu perang terdahsyat yang pernah terjadi di dalam sejarah Republik Indonesia.

2. Pertempuran ini dipicu oleh kedatangan Belanda, Inggris, dan NICA yang ingin menduduki Indonesia setelah merdeka dan Jepang menyerah kepada pasukan sekutu.

3. Inggris mengerahkan tentara Gurkha yang merupakan kumpulan prajurit tangguh dari Pegunungan Himalaya, Nepal. Kontak senjata pertama terjadi pada 27 Oktober dan berlangsung selama satu bulan penuh.

4. Inggris menyebar 500.000 ultimatum ancaman yang disebar melalui pesawat.

5. Inggris kehilangan dua jendral dalam pertempuran 10 November : Brigadir General A.W.S. Mallaby dan Brigadir General R.G.L. Symonds.

6. Pertempuran ini memakan korban sekitar 20.000 dipihak Indonesia dan 1.500 korban dipihak sekutu

7. Terjadi insiden di Hotel Yamato (sekarang Hotel Majapahit) yaitu peristiwa perobekan bendera Belanda (Merah-Putih-Biru) menjadi bendera Indonesia (Merah-Putih)

8. Pertempuran 10 November ditetapkan sebagai Hari Pahlawan. Surabaya mendapat julukan “Kota Pahlawan”. Serta Tugu pahlawan dibangun untuk mengenang perjuangan arek-arek Suroboyo dalam pertempuran 10 November 1945.

Sumber : https://www.manggaraikab.go.id/berita.php?read=287

Salshabila Nadya

Wartawan Muda UKPM Pena BEM KM FKM Unand

Generasi Alpha

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama