Mading 23


·         POJOK INFO

Sambut Hari Kesehatan Nasional 2020, Inilah Sejarahnya Secara Singkat


Sehat selalu dan hadapi pandemi!

Hari Kesehatan Nasional (HKN) dirayakan pada tanggal 12 November setiap tahun. Pada awalnya, hari besar ini diadakan untuk menyadarkan betapa pentingnya pembangunan kesehatan dalam masyarakat. Selain itu, HKN juga bertujuan untuk mengajak masyarakat untuk melakukan budaya hidup sehat dan meninggalkan kebiasaan yang kurang sehat.

Perayaan Hari Kesehatan Nasional 2020 cukup berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Dengan situasi pandemi ini, Kemenkes RI mencanangkan tema “Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat” dengan sub-tema "Jaga Diri, Keluarga dan Masyarakat, Selamatkan Bangsa dari Pandemi Covid-19". Keduanya bertujuan untuk mewujudkan Indonesia yang sehat serta tidak putus asa memperjuangkan ketahanan kesehatan Indonesia.

Latar Belakang dan sejarah singkat Hari Kesehatan Nasional

    Awal dari Hari Kesehatan Nasional bermula pada tahun 1950-an. Pada waktu itu, terjadi sebuah wabah penyakit malaria yang menyebabkan ratusan ribu orang meninggal dunia. Penyakit ini hampir menyerang seluruh daerah di Indonesia. Karena kondisi yang mengkhawatirkan ini, pada tahun 1959, pemerintah membentuk Dinas Pembasmi Malaria. Dinas ini kemudian berubah menjadi KOPEM pada tahun 1963.

Dalam menjalankan tugasnya, pemerintah juga bekerja sama dengan WHO dan USAID. Bersama-sama, mereka berencana untuk menghilangkan malaria di Indonesia pada tahun 1970. Pemberantasan ini dilakukan dengan obat DDT yang disemprotkan secara masal. Hal ini tercapai pada tahun 1964, di mana 63 juta orang telah terlindungi dari penyakit malaria. Keberhasilan inilah yang kemudian diperingati sebagai Hari Kesehatan Nasional.

Hari Kesehatan Nasional 2020 memiliki tema yang unik dibanding tahun-tahun sebelumnya

Pada perayaan ke-53 pada tahun 2017, Kementerian Kesehatan mengangkat tema “Keluarga Sehat Indonesia Kuat” yang bertujuan untuk menekankan peran keluarga sebagai bagian penting masyarakat dalam mendorong budaya hidup sehat. Pada tahun 2018, dicanangkan tema “Aku Cinta Sehat” dan subtema “Ayo Hidup Sehat, Mulai Dari Kita” yang ditujukan untuk membuat masyarakat lebih sadar, mau, dan mampu berperilaku sehat.

Untuk perayaan ke-55 HKN tahun lalu, Kemenkes menerbitkan logo, tema, dan rangkaian kegiatan HKN. Dengan tema  "Generasi Sehat, Indonesia Unggul", pemerintah ingin mengajak masyarakat agar selalu mempraktikkan budaya hidup sehat. Untuk peringatan ke-56, Hari Kesehatan Nasional 2020 memiliki tema “Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat”. Tema ini cukup unik dibanding tahun-tahun sebelumnya karena didasari oleh situasi pandemi.

Rayakan Hari Kesehatan Nasional Tahun 2020 bersama secara virtual

Perayaan Hari Kesehatan Nasional ke-56 ini juga akan dimeriahkan melalui berbagai acara seperti, upacara virtual, webinar, jambore kesehatan virtual, senam bersama virtual, dan kegiatan bertema kesehatan lainnya. Jadwal dari berbagai kegiatan ini juga sudah terlampir pada buku panduan HKN 2020.  

Hari Kesehatan Nasional 2020 akan kita rayakan pada tanggal 12 November mendatang. Walau berada dalam kondisi mencekam, kita tidak boleh menyerah atau putus asa, sesuai dengan tema yang diberikan pemerintah. Lakukanlah protokol kesehatan dan terapkan budaya hidup sehat, bersama kita bisa melawan pandemi Covid-19 ini!

Mhd.Naufal Aryaz

Sumber : https://www.jakmall.com/blog/hari-kesehatan-nasional-2020-inilah-sejarahnya-singkat/

 

·         POJOK TIPS

Tips Menjaga Kesehatan di Masa Pandemi

Dalam masa pademi menjaga kondisi tubuh sangatlah penting bagi kita, kesehatan adalah hal paling berhaga bagi kehidupan. Pemerintah sudah menetapkan fase new normal atau kenormalan baru secara bertahap, kita harus mematuhi dan tentunya dengan tetap memperhatikan kebersihan diri dan kesehatan.

Berikut tips menjaga kondisi tubuh pada  masa pandemi.

1.Mengatur Pola Makan

Mengatur pola makan adalah hal terpenting untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Hal-hal yang harus diperhatikan salah satunya adalah asupan makanan yang mengandung gizi 4 sehat  5 sempurna. Asupan yang bergizi tersebut adalah dengan mengkonsumsi karbohidrat yang terdapat pada  nasi, roti, kentang, kemudian sayur-sayuran, buah-buahan, lauk pauk dan susu.

2. Minum Air Yang Cukup

Tubuh kita membutuhkan cairan agar tidak menjadi dehidrasi. Caranya dengan mengkonsumsi air putih yang cukup. Idealnya setiap hari delapan gelas. Apabila tubuh terkena dehidarasi karena kekurangan cairan, dapat menyebabkan kehilangan daya konsentrasi saat melakukan kegiatan.

3. Olahraga Ringan

Olahraga yang ringan dapat anda lakukan dengan latihan sederhana. Untuk pria bisa mencoba push-up atau sit-up sebanyak 10 kali tiap harinya. Bagi perempuan bisa melakukan olahraga jenis aerobik dengan panduan video.

4.Berpikir Positif

Berpikir positif termasuk hal yang penting bagi kesehatan. Karena pikiran buruk terhadap orang lain maupun lingkungan sekitar dapat membuat kita menjadi stress sehingga berdampak pada kondisi tubuh.

Adinda Zahra

Sumber : https://zonabanten.pikiran-rakyat.com/gaya-hidup/pr-23662060/empat-tips-menjaga-kesehatan-tubuh-pada-masa-pandemi?page=2

 

·         POJOK SASTRA

SEHAT SEBELUM TERLAMBAT

Karya : Rilla Fahrunnisa

     

Sehat itu mahal..

Hidup sehat tanpa rokok

Jiwa yang tegar tanpa narkoba

Hati yang murni tanpa pergaulan bebas

 

Rokok dapat membunuhmu

Narkoba dapat merusak masa depanmu

Pergaulan bebas akan menghancurkanmu

Akan tetapi itu tidak akan terjadi jika kamu hidup sehat

 

Hindari makanan siap saji

Hindari pergaulan bebas

Jauhi rokok dan narkoba

Sayangi dirimu sebelum terlambat

 

Sehat adalah penyelamat bangsa

Dan sehat juga akan membuat generasi muda yang baik

Karena itu jagalah kesehatan

Marilah budayakan hidup sehat!!  

“SELAMAT HARI KESEHATAN NASIONAL KE-56

SATUKAN TEKAD MENUJU INDONESIA SEHAT”

 

      Rilla Fahrunnisa

 

·         POJOK HUMOR



https://www.google.com/imgres?imgurl=https%3A%2F%2Fi.pinimg.com%2Foriginals%2Fea%2Fd0%2F47%2Fead047a37d1c83822883442852831b7f.jpg&imgrefurl=https%3A%2F%2Fid.pinterest.com%2Fpin%2F489485053234215082%2F&docid=89wONhu2TgqpVM&tbnid=_ZCVpXE2i6aTpM&vet=1&source=sh%2Fx%2Fim

 


Sumber : detikhealth.com

Sevia Reza Cahyaningrum

 

 

·         POJOK QUOTES

 

Ali bin Abi Thalib berkata “Tidak sepatutnya seseorang merasa aman tentang dua hal : kesehatan dan kekayaan.” – Ali bin Abi Thalib

 

“Sebagian besar masalah kehidupan bersumber dari mulut; kalau tidak salah makan, salah bicara” -Mario Teguh

 

Diva Khusnul Chotimah

Fadilla Rahmi Arianti

"Tidak sedikit orang di dunia ini yang selalu menghabiskan waktu untuk mengawasi kesehatan mereka setiap harinya. Namun, kebanyakan dari mereka juga tidak bisa menikmati masa-masa dalam hidupnya.”

Josh Billings

Dheana Putri Adhila

sumber: https://www.google.com/amp/s/m.kumparan.com/amp/fatur-rizal/16-kata-motivasi-kesehatan-untuk-hidup-lebih-sehat

 

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama