BEM KM FKM Unand Kembali Mengadakan PRISMA 2.0 NASIONAL

 

 

Gambar 1. Suasana acara PRISMA 2.0

 

Sabtu, pada tanggal 31 Oktober 2020, BEM KM FKM Unand mengadakan Pekan Riset Ilmiah Mahasiswa (PRISMA) yang merupakan kegiatan lomba tingkat nasional. Cabang lomba ini terdiri dari Lomba Karya Tulis Ilmiah, kegiatan Lomba Karya Tulis Ilmiah diadakan dalam bentuk dua perlombaan yaitu Karya Tulis Ilmiah (tingkat SMA/sederajat se-Sumatera dan tingkat mahasiswa se-Indonesia) dan Lomba Video Essay (tingkat mahasiswa se-Indonesia). Serta terdapat juga Seminar Nasional yang akan dilaksanakan pada tanggal 1 November 2020. Seminar tersebut berupa ajang sharing and hearing mengenai penelitian dan penemuan yang dapat dilakukan oleh generasi muda dalam mencapai perilaku hidup baik dan sehat di Indonesia.

Tema dari kegiatan ini adalah “Science And Technology Innovations Of Young Generation To Accelerate Healthy And Well Being Of Indonesia Golden Era 2045”. Makna dari tema tersebut adalah generasi muda merupakan pembawa perubahan, terlebih pada era teknologi sentris ini. Diharapkan pemuda dapat memanfaatkannya sebagai wadah untuk menunjang ide kreatifnya dalam hal yang dapat membangun Indonesia Emas 2045 mendatang terutama dalam bidang kesehatan.


Gambar 2. Kegiatan PRISMA 2.0

Menurut keterangan dari panitia, peserta yang mengikuti LKTI (Lomba Karya Tulis Ilmiah) sebanyak tiga tim mahasiswa dan enam tim dari siswa SMA. Sedangkan untuk seminar terdapat kurang lebih 160 peserta. Untuk pelaksanaan PRISMA 2.0 tahun ini diselenggarakan secara daring karena Pandemi Covid-19, mulai dari pendaftaran, pengumpulan karya (abstrak dan full paper) sampai dengan presentasi karya oleh finalis melalui daring (Zoom Meeting). Begitu juga dengan seminar yang akan dilaksanakan, melalui daring.

“Harapan saya, ya mudah-mudahan tahun depan kita bisa melaksanakan acara ini secara tatap muka dan bisa lebih baik lagi” jawab panitia penyelenggara ketika ditanyakan harapan kedepannya untuk PRISMA selanjutnya.

 

Fajrani dan Tasya Zahra

UKPM Pena BEM KM FKM Unand

Generasi Alpha

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama