LKMM IX, Wadah Melatih Kepemimpinan dan Managerial Mahasiswa

 


Gambar 1. Perserta LKMM IX

            Latihan Kepemimpinan dan Manajemen Mahasiswa (LKMM) merupakan acara wajib bagi seluruh mahasiswa baru tahun 2020. Kegiatan ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas kader dengan proses kaderisasi berjenjang, sebagai media untuk menyatukan visi dan misi penggerakan mahasiswa kesehatan masyarakat FKM Unand, dan pematangan kader inti dan penyiapan kader pelapis untuk regenerasi baik tingkat lokal maupun inter-lokal FKM Unand. Khususnya, LKMM bertujuan sebagai media untuk melatih kepemimpinan dan managerial mahasiswa baru FKM Unand.

LKMM IX yang diadakan dalam rangkaian kegiatan orientasi dan pengenalan kampus bagi mahasiswa baru diselenggarakan pada 31 Oktober-1 November 2020. Acara LKMM IX dilaksanakan secara daring menggunakan aplikasi Zoom. Terdapat enam pemateri dalam acara tersebut, di antaranya Ananda Syahputra, Nurul Fikri, Putri Octapia, Faza Yasira Rusdi, Iqhsan Guciano Zulfikar, dan Iqbal Tarigan.

Pada hari pertama, kegiatan diawali dengan pembukaan oleh MC, yang kemudian dilanjutkan dengan pemberian kata sambutan sekaligus pembukaan acara oleh Gubernur KM FKM Unand, Abdul Haq. Setelah acara resmi dibuka, dilanjutkan dengan penyampaian materi secara berurutan. Diakhir acara, diadakan kuis guna menguji peserta LKMM IX.

Hari berikutnya, penyampaian materi dimulai pada pukul 09.05 WIB. Dengan materi, Manajemen Organisasi dan Manajemen Waktu, Manajemen Konflik, dan Public Speaking. Di setiap akhir penyampaian materi terdapat sesi tanya jawab yang aktif diikuti oleh mahasiswa. Acara diakhiri dengan sesi dokumentasi, dilanjutkan penutupan secara resmi oleh Kartika Putri selaku MC LKMM IX.

Chosyatillah Budiman dan Noura Rizki

UKPM Pena BEM KM FKM Unand

Generasi Alpha

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama