Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar : “Journalism in Millenials Creativity”

 

 

 




                                Gambar 1. Poster acara PJTD 2020 

 

Minggu (13/9)  Divisi HRD UKPM Pena BEM KM FKM Unand Generasi Alpha menyelenggarakan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD). Tujuan dari mengadakan PJTD ini adalah agar pengurus UKPM Pena BEM KM FKM Unand dapat mengerti dasar-dasar dari jurnalistik dan dapat mengaplikasikannya secara baik. Pada tahun ini, acara tersebut bertemakan “Journalism in Millenials Creativity”. Tema tersebut diangkat karena kita sebagai generasi milenial yang kreativitasnya tanpa batas dapat memberikan inovasi baru dalam kegiatan jurnalisme serta dapat membangun semangat dan potensi kita sebagai seorang pers mahasiswa. Dengan demikian,  diharapkan setelah pelatihan ini, pengurus UKPM Pena BEM KM FKM Unand dapat mempelajari dan mengerti mengenai bidang jurnalistik.

Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar tahun ini dilaksanakan secara daring melalui aplikasi  Zoom yang bisa dibilang cukup efektif di dalam kondisi pandemi seperti saat sekarang ini.

Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh pengurus. Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar kali ini mengundang dua pemateri, yaitu bapak Aulia Rahman S.K.M.,M.K.M. Beliau menyampaikan materi tentang tata cara wawancara yang baik dan cara membuat opini yang baik dan benar. Pemateri kedua adalah kak Rona, selaku anggota ASPEM. Beliau menyampaikan materi tentang cara membuat berita.

 Kendala Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar yang utama dialami oleh seluruh peserta adalah jaringan, yang menjadikan banyak dari peserta keluar masuk pada acara tersebut. Selain itu, acara tidak dilaksanakan secara ontime sehingga  rundown acara pun terlambat.

 

 

Nadilla Fitri Andini dan Dinda Syafitrillah

UKPM Pena BEM KM FKM Unand

Generasi Alpha

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama