Gali Potensi Ciptakan Bibit Baru Bersama PKTI BEM KM FKM Unand


Sabtu, 19 September 2020, Departemen Pendidikan Profesi Ilmiah (Penprofil) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa (KM) Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Andalas (Unand) mengangkat acara Pelatihan Karya Tulis Ilmiah (PKTI) yang difokuskan untuk mahasiswa baru FKM Unand 2020. Acara ini diselenggarakan selama dua hari yaitu 19-20 September 2020 yang dilakukan secara daring melalui platfrom Zoom Meeting.

 

PKTI merupakan acara tahunan Departemen Penprofil di bawah naungan BEM KM FKM Unand. PKTI tahun ini bertemakan “Listen, Pratice, Write”. Tujuan diadakannya PKTI ini yaitu untuk memperkenalkan, mengajak, dan menggali potensi mahasiswa baru dalam kepenulisan. Karya tulis disini mengarah kepada mulai dari hal kecil seperti untuk tugas-tugas makalah yang diberikan dosen, skripsi, sampai tingkat PKM. Output dari diadakannya PKTI ini yaitu tercapainya target mahasiswa FKM yang lulus PKM.

 

Hari pertama PKTI diisi oleh dua pemateri, yaitu Bapak Aulia Rahman S.K.M., M.K.M. dengan judul materi “Finding A Gap: Mengidentifikasi Masalah Untuk Penelitian Ilmiah” dan Bapak Yudi Pradipta S.K.M., M.PH. dengan materi ide penelitian “Find Your Ideas and Let’s Start Writing”.

Gambar 1. Suasana acara PKTI oleh BEM KM FKM Unand

 

Menurut Dedi Kurniawan selaku mahasiswa baru Program Studi Ilmu Gizi 2020, secara pribadi PKTI ini sangat membantu dirinya mendapatkan ilmu-ilmu baru hingga menanmbah wawasan. “Sebelumnya saya sangat berterima kasih kepada panitia pelaksana yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Menurut saya kegiatan PKTI sangat dibutuhkan mahasiswa untuk kedepannya karena KTI ini sebagai sarana atau syarat bagi mahasiswa untuk menjadi seorang wisudawan/wisudawati, dan tidak hanya itu KTI adalah sarana dosen untuk menguji kemampuan mahasiswa tentang sebuah penelitian atau observasi suatu masalah”.

 

“Untuk harapan PKTI kedepannya, semoga kualitas kegiatan PKTI terus meningkat dan kegiatan PKTI ini benar-benar memberikan manfaat kepada seluruh mahasiswa dalam kehidupan kampus maupun luar kampus” ucap Chosyatillah Budiman selaku Ketua Pelaksana PKTI 2020.

 

 

Winda Desri Ramadhani dan Atri Novembela Sari

UKPM Pena BEM KM FKM Unand

Generasi Alpha

 

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama