Seminar Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional : “Save World, Stay Health To Prevent Covid 19”




Gambar 1. Peserta Seminar Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional

Minggu, (26/4) UKM SAFE BEM KM FKM Unand telah mengadakan acara Seminar Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional dengan tema “Save World, Stay Health to Prevent Covid 19” yang dilaksanakan secara daring menggunakan aplikasi Zoom. Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua IAKMI Sumatera Barat yang juga merupakan pembina dari UKM SAFE BEM KM FKM Unand, yaitu Bapak Nizwardi Azkha, SKM., MPPM., M.Pd, M.Si sebagai Pemateri dan Wakil Dekan III FKM Unand, yaitu Bapak Dr.Masrizal Dt.Mangguang, SKM., M.Biomed untuk membuka acara Seminar Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional. Selain itu, acara ini juga dihadir Gubenur BEM KM FKM Unand. Beberapa lembaga lain dari elemen di KM FKM Unand pun juga turut hadir pada acara seminar ini.

Gambar 2. Pada gambar disebelah kiri yaitu Wakil Dekan III FKM Unand, dan gambar disebelah kanan yaitu pemateri Seminar Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional yaitu Ketua IAKMI Sumatera Barat,yaitu Bapak Nizwardi Azkha, SKM., MPPM., M.Pd, M.Si

Seminar Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional yang dilakukan secara daring dapat dikatakan sebagai salah satu inovasi baru yang dilakukan untuk beradaptasi pada kondisi sekarang ini yang tidak memungkinkan mengadakan seminar secara tatap muka. Seminar Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional adalah program kerja baru dari Departemen Penanggulangan Bencana UKM SAFE BEM KM FKM Unand. Walaupun penyelenggaraan seminar ini dilakukan secara daring, namun diharapkan tetap memberikan semangat kepada peserta untuk mengikuti acara seminar ini sampai akhir.
Terdapat materi tentang Kajian Perilaku Sehat dan Pemberdayaan Masyarakat Dalam Upaya Pencegahan Covid-19 dari Bapak Nizwardi Azkha, SKM., MPPM., M.Pd, M.Si pada Seminar Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional yang diadakan pada hari ini.
Menurut Abdurrahim selaku ketua pelaksana Seminar Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional kali ini, di dalam penyelengaraannya juga terdapat hambatan. Misalnya selama acara yang dilakukan via Zoom, banyak peserta dan pengisi acara keluar masuk Zoom karena pengaruh sinyal. Namun dari segi pencapaian target seminar, sudah dapat dikatakan bahwa seluruh materi yang disampaikan pemateri sudah mencapai target dan dapat menambah wawasan para peserta seminar dan khalayak umum terhadap situasi wabah Covid-19 saat ini.
 Walaupun acara Seminar Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional ini di adakan secara daring, tetapi semoga seminar ini dapat memberikan pengaruh kepada para peserta dalam melaksanakan upaya untuk memutus mata rantai penyebaran dari Covid-19. Sehingga bumi dapat kembali seperti sedia kala dan semua aktivitas dapat berjalan dengan semestinya.

Difia Athari Irshadilla dan Putri Indah Nandini
UKPM Pena BEM KM FKM Unand
Generasi Alpha


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama