Menumbuhkan dan Meningkatkan Kemampuan Desain pada Pelatihan Desain UKM SAFE BEM KM FKM Unand



Gambar 1. Peserta Pelatihan Desain UKM SAFE BEM KM FKM Unand
Sabtu, 25 April 2020 pukul 13.30 WIB. UKM SAFE BEM KM FKM Unand telah menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Desain dengan tema “Show Your Talent With Your Creativity”. Kegiatan ini diikuti oleh semua pengurus UKM SAFE BEM KM FKM Unand periode 2020.
Pelaksanaan tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Acara ini dilaksanakan secara daring, yaitu melalui aplikasi Zoom. Hal ini dikarenakan Covid-19 yang masih mewabah di Indonesia. Walaupun demikian, rangkaian acara tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya.
Acara ini diawali dengan pembukaan yang dibuka oleh Regina Muthia Sahirah selaku moderator, lalu diikuti dengan kata sambutan dari Kepala Departemen Infokom UKM SAFE BEM KM FKM Unand periode 2020, yaitu Eprilla Maharani Devisa. Selanjutnya, kata sambutan oleh Ketua Umum UKM SAFE BEM KM FKM Unand periode 2020, yaitu Fuaddilla Alhumairah. Setelah berakhirnya pembukaan acara, dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Nor Astiningrum.
Pelatihan Desain ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pelatihan kepada semua pengurus dalam mendesain, dengan harapan semua kita  juga bisa menguasai bagian desain, walaupun tidak terlalu mahir tapi setidaknya bisa dalam dasar-dasar mendesain. Karena ini merupakan ilmu umum yang harus dimiliki mahasiswa saat ini. Apalagi kita di bidang promotif dan peventif  yang akan menggunakan media seperti poster/pamflet dalam upaya promotif dan preventif nantinya. Selain itu, juga untuk menambah pengetahuan pengurus UKM SAFE BEM KM FKM Unand dalam hal desain, karena dari para pengurus sendiri itu tidak hanya Divisi Infokom saja yang akan dihadapkan dengan desain, tetapi semua pengurus juga akan punya kesempatan untuk bertanggung jawab dalam hal desain, jadi dengan adanya pelatihan desain ini diharapkan seluruh pengurus UKM SAFE BEM KM FKM Unand dapat mengambil ilmunya dan diterapkan dengan sebaik baiknya.
Pada kegiatan ini, seluruh peserta diwajibkan menggunakan laptop yang terdapat aplikasi yang dibutuhkan, yaitu Adobe illustrator. Materi yang disajikan merupakan materi dasar tentang desain, pengenalan dasar dari aplikasi illustator dan konsep dalam pembuatan poster.
Sebelum kegiatan Pelatihan Desain UKM SAFE BEM KM FKM Unand  diselenggarakan, dari jauh hari sudah dikirimkan link aplikasi desainnya ke semua pengurus sehingga pengurus bisa terlebih dahulu untuk mengunduh aplikasinya. Jadi saat acaranya dimulai, pemateri bisa menjelaskan sedikit tentang desain dan langsung mempraktekan bagaimana cara penggunaan aplikasinya, dan pengurus juga bisa langsung mempraktekan di rumah masing-masing menggunakan aplikasi yang sudah diunduh sebelumnya.
Acara dapat dilaksanakan dengan baik dan juga antusias dari peserta sangat luar biasa walaupun kegiatan tersebut dilaksanakan secara daring. Kendati demikian, tidak dapat dipungkiri acara yang dilaksanakan secara daring ini terkendala sinyal dan jaringan, sehingga ada beberapa pengurus yang tidak dapat bergabung untuk mengikuti acara ini.
Ketua umum UKM SAFE BEM KM FKM Unand, Fuaddila Al Humairah tidak menampik jika peserta memiliki kendala sinyal dan jaringan saat kegiatan Pelatihan Desain ini berlangsung.
“Kalau kendalanya berupa sinyal kita tidak punya wewenang juga untuk itu , mungkin memang kendala di tempat tinggal mereka yang jauh dari jangkauan sinyal ini lebih ke peran pemerintah lagi. Akan tetapi, jika kendala teman-teman yang tidak ada paket mungkin kita bisa ajukan aspirasi ke pihak kampus untuk memberikan kuota gratis kepada yang membutuhkan,” tutupnya setelah kegiatan selesai.

Arni Melati dan Areta Ardiningrum
UKPM Pena BEM KM FKM Unand
Generasi Alpha


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama