Pelatihan Desain Infokom Bersama HIMA IKM KM FKM Unand









Minggu (26/4), HIMA IKM KM FKM Unand Periode 2020 telah menyelenggarakan Pelatihan Desain Infokom  (Pedein). Tujuan mengadakan Pedein ini adalah untuk memberikan pelatihan desain bagi anggota Divisi Infokom yang akan menjadi dasar untuk mendesain karya-karya selanjutnya. Pada tahun ini, Pedein Hima IKM KM FKM Unand mengangkat tema "Plant your ideas, grow your design". Tema tersebut mengandung makna bahwa semua orang bisa menanamkan dan mengembangkan idenya sendiri tanpa perlu ada rasa ragu untuk menunjukannya. Dengan demikian,  diharapkan setelah pelatihan ini, anggota Divisi Infokom dapat berani  mencoba untuk membuat desain-desain menarik dan mudah di mengerti oleh masyarakat. Pedein tahun ini dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom, tetapi diakhir acara pemateri juga memberikan e-book dan link video youtube untuk peserta agar bisa belajar mandiri di rumah masing-masing.
Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Dekan III FKM Unand, yaitu Bapak Dr. Masrizal Dt. Mangguang, S.K.M., M.Biomed dengan moderator Faiza Nabila (Kepala Divisi Infokom Hima IKM KM FKM Unand periode 2020). Kemudian juga dihadiri oleh Inti dan Kepala Divisi dan Biro dari Hima IKM KM FKM Unand periode 2020 beserta anggota Divisi Infokom, dan dua perwakilan dari tiap-tiap divisi dan biro yang ada di  Hima IKM KM FKM Unand. Acara Pedein kali ini mengundang satu pemateri, yaitu Gian Giodani Gusvero yang akrab disebut dengan Bang Gio. Beliau merupakan Kepala Divisi Infokom Prahima IKM BEM KM FKM Unand periode 2018. Media desain yang menjadi fokus tahun ini adalah Photoshop, spesifiknya Photoshop versi Cs6. Dengan alasan, Photoshop merupakan aplikasi yang cukup kompleks, sehingga cukup sulit untuk dimengerti, padahal akan banyak digunakan untuk mendesain.
Menurut ketua pelaksana Pelatihan Desain tahun ini, Laura Beryl, pelaksanaan Pedein tahun ini memang memiliki kendala yang sama seperti acara lainnya, yaitu diadakan secara daring karena situasi pandemi Covid-19 sekarang ini.  “Kendala tak terduga, mungkin ketika pada awalnya, pemateri sempat susah dalam mencari sinyal, tetapi akhirnya acaranya tetap berjalan lancar dan kondusif,” ujar Laura. Kendala ini mungkin wajar ditemui saat melaksanakan acara secara daring. Namun, peserta Pedein tahun ini tetap semangat mengikuti pelatihan, sekaligus melaksanakan aturan PSBB dan physical distancing demi melawan pandemi Covid-19.
Adinda Ismira dan Nadilla Fitri Andini
UKPM Pena BEM KM FKM Unand
Generasi Alpha

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama