Wujudkan Lingkungan Bersih dan Sehat Bersama UKM SAFE di Kegiatan Pembersihan Pantai dan Jalan Sehat

              Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Scouting Action For Empowerment (SAFE) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa (KM) Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Andalas (Unand) telah mengadakan kegiatan Pembersihan Pantai dan Jalan Sehat dengan tema “Lingkungan Sehat, Kesehatan Menguat” pada Minggu, 8 September 2018. Kegiatan ini berlangsung mulai pukul 08.00 WB hingga pukul 11.00 WIB yang bertempat di Pantai Gajah, Air Tawar, Padang. Kegiatan Pembersihan Pantai dan Jalan Sehat merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Departemen Lingkungan Sehat UKM SAFE BEM KM FKM Unand.
    Kegiatan diawali dengan penyampaian kata sambutan oleh Dina Khairunnisah selaku Ketua Pelaksana. Selanjutnya, Nizwardi Azkha, S.K.M, M.P.P.M, M.Pd., M.Si., selaku pembimbing UKM SAFE juga turut memberi kata sambutan sekaligus membuka kegiatan Pembersihan Pantai dan Jalan Sehat secara resmi.
Setelah dibuka secara resmi, kegiatan dilanjutkan dengan jalan santai di sekitar pantai yang berlangsung hingga pukul 09.00 WIB. Jalan santai ini diikuti oleh 41 orang staf UKM SAFE, serta beberapa perwakilan lembaga KM FKM Unand. Antusiasme para peserta jalan santai terlihat dari sorak-sorai peserta selama kegiatan berlangsung hingga kembali ke titik start.Keseruan masih berlanjut dengan diadakannya senam kebugaran selama lebih kurang 15 menit. Selanjutnya, para peserta dipersilahkan untuk istirahat sejenak selama 10 menit.

Masuk ke inti kegiatan, panitia mengarahkan para peserta untuk berkumpul di tepi pantai dan membagikan kantong plastic sampah kepada masing-masing kelompok. Masing-masing kelompok harus mengisi penuh kantong plastic ini dengan sampah, terutama sampah plastik. Setelah penuh, seluruh kantong plastic sampah dikumpulkan di satu tempat, seru Rezi Novita Sari selaku salah satu panitia. Setelah itu, peserta pun berpencar untuk memungut sampah di sekitar pantai. Kegiatan pembesihan pantai diakhiri dengan pengumpulan kantong plastic sampah yang nantinya akan dibuang ketempat yang seharusnya.
Kemeriahan acara masih berlanjut dengan diadakannya beberapa permainan untuk meningkatkan keakraban antar peserta. Setelah permainan berakhir, rangkaian kegiatan hari ini pun usai. Dengan terselenggaranya kegiatan Pembersihan dan Jalan Sehat ini, semoga dapat meningkatkan kepedulian kita terhadap lingkungan demi terciptanya lingkungan yang bersih dan sehat.
(Prawinatesya dan Faiza Nabila Fitri)
UKPM Pena BEM KM FKM Unand
___________________________________
Generasi Cakrawala

1 Komentar

  1. ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    BalasHapus

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama