Seminar Nasional Andalas Nutrition Fair 2019 Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas

           Himpunan Mahasiswa Gizi Keluarga Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas (HIMA Gizi KM FKM Unand) baru saja menyelenggarakan acara Seminar Nasional Andalas Nutrition Fair 2019 yang digelar di Palanta Walikota Padang pada Minggu, 1 September 2019.
Seminar Nasional ini merupakan satu diantara 3 rangkaian acara Andalas Nutrition Fair 2019 (ANFA). Dimana selain seminar nasional, ANFA terdiri dari pekan buah yang akan dilaksanakan pada 8 September 2019dan lomba poster pada 15 September 2019 mendatang.Secara umum tema dari ANFA 2019 ini adalah“Nutrishow with Nutricare in Revolutionary Era”, kemudian diikuti dengan sub – sub tema untuk setiap rangkaian kegiatannya.
Acara ini dibuka oleh Wakil Dekan III Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas. Dalam sambutannya beliau menyampaikan apresiasi kepada HIMA Gizi yang telah berhasil mengangkat acara ini walaupun belum genap setahun berdiri sejak diresmikan menjadi HIMA pada Desember 2018 lalu. Beliau juga menyampaikan bahwa ANFA ini diharapkan akan menjadi salah satu bentuk kegiatan mahasiswa untuk tahun tahun berikutnya."Kita akan mendukung kegiatan ini sebagai salah satu bentuk kegiatan mahasiswa untuk tahun 2020 dan seterusnya," ujar Dr. Masrizal Dt. Mangguang, S.K.M., M. Biomed pada sambutannya.
Apresiasi dan harapan yang sama juga turut disampaikan oleh Sekretaris Program Studi (Prodi) Gizi FKM Unand, Firdaus, SP, M.Si selaku perwakilan prodi yang juga merupakan dosen FKM Unand. Dalam sambutannya beliau berharap ANFA dapat terus dilaksanakan untuk kedepannya dan menjadi icon HIMA dan Prodi Gizi Unand.
Dalam seminar nasional bertemakan “Makanan Sehat, Kok Enak Ya?”, dihadirkan 2 orang pemateri yakni Dr. dr. Tan Shot Yen, M. Hum., seorang pakar gizi dan Bapak Dr. Denas Symond, MCN, Ketua Pergizi Pangan Sumatra Barat Seminar yang juga merupakan Dosen FKM Unand. Seminar yang dibuka untuk umum ini membahas seputar permasalahan gizi dan tren makanan di masyarakat.Dalam pemaparan materi yang berjudul “Sajian Ultra Proses: Mengundang Kematian Ketimbang Kenikmatan”, Dr. dr. Tan Shot Yen, M. Hum menyebutkan bahwa sajian ultra proses ini menyebabkan berbagai permasalahan gizi. "Salah satu penyebab berbagai permasalahan gizi di tengah masyarakat adalah tingginya angka konsumsi berbagai sajian ultra proses seperti produk-produk produksi massal di masyarakat." ujar Dr. Tan. 
Selanjutnya, Pemaparan Materi juga disampaikan oleh Dr. Denas Symond, MCN. Beliau Membahas mengenai “Food Combining Sebagai Peningkatan Pola Hidup Sehat”. Dalam pemaparannya beliau menyampaikan siklus dari food combining termasuk juga contoh menu dan cara penerapannya.
Setelah penyampaian materi, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan peserta seminar. Para peserta seminar terlihat sangat antusias untuk bertanya dan berdialog langsung dengan pemateri. Terdapat 5 pertanyaan yang diajukan selama sesi tanya jawab tersebut.Tidak hanya dari kalangan mahasiswa saja, tetapi pertanyaan-pertanyaan juga dilontarkan dari masyarakat umum seperti dari seorang peserta seminar yang merupakan seorang ibu rumah tangga turut mewarnai sesi tanya jawab ini. Acara kemudian diakhiri dengan pemberian kenang – kenangan kepada pemateri dan penutupan oleh MC Nonformal.
           
(Siska Anggriani dan Salsabila N Afifah)
UKPM Pena BEM KM FKM Unand
___________________________________
Generasi Cakrawala

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama