Pelatihan Antropometri dan PAGT Bersama PraHima Gizi FKM Unand





Padang, Sabtu (28 Oktober 2017), telah dilaksanakan Pelatihan Antropometri dan PAGT oleh Sub Divisi Pengmas Pra Hima Gizi FKM Unand. Kegiatan ini bertempat di Gedung I.1.9 Unand Limau Manis. Dibuka pada pukul 09.00 WIB, kegiatan ini menghadirkan pembicara Bapak Dr. Fauzi Arazj, S.KM, M.Kes selaku dosen gizi dari Poltekkes Kemenkes Padang  dan Ibu Rifza, S.ST, M.Biomed yang juga merupakan Dosen yang berpengalaman di bidang PAGT.
Seminar dihadiri oleh para mahasiswa dan mahasiswi program studi gizi dan berlangsung dua sesi. Sesi pertama disampaikan oleh Bapak Fauzi Arazj mengenai materi Perhitungan Antropometri. Pada kesempatan tersebut pembicara juga mencontohkan cara pengukuran Berat Badan (BB) dan Tinggi Badan (TB) yang baik dan benar kepada para peserta. Pembicara juga menyampaikan berbagai macam jenis alat ukur untuk pengukuran BB TB baik untuk bayi, anak-anak, dewasa, maupun lansia.
Sesi kedua disampaikan oleh Ibu Rifza mengenai materi Proses Asuhan Gizi Terstandar (PAGT) yang menjelaskan bagaimana  cara membuat PAGT yang baik dan benar sesuai kondisi kesehatan pasien. Dalam kegiatan ini kedua pembicara memberikan materi dengan jelas dan rinci kepada para peserta serta juga dibuka sesi tanya jawab.
“Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk mahasiswa gizi, kami sangat senang kegiatan ini diadakan oleh PraHima Gizi FKM Unand. Kami juga merasa terbantu dengan adanya kegiatan ini, terutama untuk mahasiswa baru yang belum mempelajari Pengukuran Antropometri dan PAGT. Bagi kami yang sudah semester V, materi ini seperti review kuliah ke belakang dan mengingatkan kembali bagaimana cara pengukuran yang benar dan cara menghindari bias, juga bagaimana langkah dalam memberikan asuhan yang baik di RS.” Ujar Wulan mahasiswa FKM Unand yang merupakan peserta Pelatihan Antropometri dan PAGT.
Pra Hima Gizi FKM Unand berharap agar pelaksanaan seminar tersebut dapat bermanfaat dan menambah wawasan serta keterampilan khususnya di bidang antropometri dan PAGT bagi para mahasiswa gizi.
(Ariani Tri Rahmi dan M. Rafki)
UKPM Pena BEM KM FKM Unand

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama