Melatih Kesiapsiagaan Mahasiswa dalam Menghadapi Bencana Alam dengan Seminar dan Simulasi Penanggulangan Bencana



Padang, Sabtu (28/10) telah dilaksanakan acara Seminar dan Simulasi Penanggulangan Bencana dengan tema "Kesiapsiagaan Kedaruratan Berbasis Masyarakat Bidang Kesehatan Lingkungan" yang diselenggarakan oleh UKM Safe. Seminar dan simulasi  ini dilaksanakan selama tiga hari pada Hari Sabtu, Minggu, dan Senin yakni tanggal 28 Oktober 2017 s.d 30 Oktober 2017. Seminar ini dihadiri oleh Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Unand terutama Mahasiswa Peminatan K3-Keslin. Seminar yang dimulai pada pukul 07.30 WIB ini bertempat di Aula Kementrian Agama Sumatera Barat.
Pada hari pertama, Sabtu, dilaksanakan pembukaan acara Seminar dan Simulasi Penanggulangan Bencana yang dibuka langsung oleh Wakil Dekan III Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas, Bapak Dr. Masrizal Dt.Mangguang, SKM, M. Biomed.
Acara kemudian  dilanjutkan dengan penyampaian materi PMI tentang Peran PMI dalam Tanggap Darurat dan Kesiapsiagaan Bencana. Materi ini selain diisi dengan sesi tanya jawab dan penjabaran tentang peran PMI, juga dilaksanakan praktek tentang pertolongan pertama pada korban bencana alam.
Selanjutnya materi kedua disampaikan oleh Kepala BPBD Provinsi Sumatera Barat  dengan materi Peran BPBD dalam Tanggap Darurat Bencana. Acara hari pertama pun ditutup dengan materi oleh  Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat tentang Pembinaan Kader Siap Siaga dalam Penanggulangan Bencana.
Pada hari kedua para peserta dibagi menjadi beberapa kelompok untuk melaksanakan praktek dari beberapa kesiapsiagaan dalam bencana alam. Pertama kegiatan pemasangan dan pembongkaran tenda untuk korban bencana alam di lapangan Kementrian Agama Sumatera Barat. Selanjutnya kegiatan water rescue yang dilaksanakan di Sungai Gor H. Agus Salim untuk mempraktekkan bagaimana penyelamatan korban banjir dan bencana lainnya di atas air. Hari kedua ini ditutup dengan materi tentang Damkar dan praktek pelatihan pemadaman api.
Hari ketiga merupakan hari terakhir dari rangkaian Seminar Pebanggulangan Bencana dengan menjelaskan materi tentang bagaimana peran mahasiswa di dalam penanggulangan bencana serta penutupan secara resmi Seminar dan Simulasi  Penanggulangan Bencana. Diharapkan kedepannya semakin banyak mahasiswa yang siap siaga dalam menghadap bencana, dapat membantu dirinya sendiri dan juga membantu orang lain.
(Syarevi Mizani dan Sagitha Octaviansa)
UKPM Pena BEM KM FKM Unand

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama