Menulis dan Berpikir Kreatif dengan Pena Expo



Padang, Minggu (29/10) telah dilaksanakan penutupan kegiatan Pena Expo oleh UKPM PENA BEM KM FKM Unand. Pena Expo itu sendiri merupakan lomba jurnalistik yang diadakan oleh UKPM PENA untuk mengembangkan minat dan bakat mahasiswa dalam menulis. Penutupan Pena Expo bertempatkan di Gedung Seminar E Universitas Andalas yang dimulai pada pukul 14.30 WIB. Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Dekan III Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas Bapak Dr.Masrizal Dt.Mangguang, S.KM, M.Biomed, yang sekaligus secara resmi menutup Kegiatan Pena Expo.
Pena Expo tahun ini mengangkat tema “Wujudkan Mimpi  dengan  Sejuta Kata”, tema ini dipilih dalam rangka memperingati hari Literasi Internasional yang jatuh pada tanggal 8 September lalu. Pena Expo kali ini membuka 5 cabang lomba yaitu cerpen, puisi, essai, fotografi, dan poster. Pendaftaran Pena Expo dimulai dari tanggal 28 Agustus 2017 dan berakhir pada 24 Oktober 2017. Lomba baru bisa diikuti apabila mengikuti beberapa ketentuan, seperti tulisan asli (bukan plagiat), belum pernah dipublikasikan dan tulisan sesuai dengan tema. Pena Expo diikuti oleh 25 peserta tingkat Universitas Andalas.
Hasil karya dari peserta dinilai oleh juri dan nanti hasilnya akan diumumkan pada kegiatan penutupan Pena Expo yaitu hari Minggu ini. Setelah hasil penjurian, didapatkan pemenang dari masing-masing cabang lomba. Untuk cabang lomba cerpen dimenangkan oleh Karina Julia, untuk cabang lomba cipta puisi dimenangkan oleh Novia Berti, untuk cabang lomba essai dimenangkan oleh Mega Utami Mulyadi, untuk cabang lomba poster dimenangkan oleh Bachrul Helmy, dan untuk cabang lomba fotografi dimenangkan oleh Nabila Putri Rahmatillah. Diharapkan kedepannya lebih banyak mahasiswa Unand yang berpartisipasi dalam kegiatan Pena Expo hingga dapat mengeksplor kemampuan menulis dari mahasiswa itu sendiri.



(Vina Rahmalia dan Pritho Nurmalita Sari)
UKPM Pena BEM KM FKM Unand

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama