FKM Fact 02 : Mahasiswa Baru Fakultas Kesehatan Masyarakat Kirimkan Aspirasi terhadap Kaderisasi

Media Kaderisasi Mahasiswa Baru atau MAKAMB merupakan rangkaian kegiatan kaderisasi Mahasiswa Baru oleh Fakultas Kesehatan Masyarakat. Kegiatan ini berlangsung selama tiga bulan di awal perkuliahan dengan didalamnya terdapat beberapa rangkaian kegiatan, yaitu Orientasi Kehidupan Kampus, Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa X Sekolah Kastrat, Latihan Dasar Nilai Islam, dan Mentoring Agama.


Tujuan dari kegiatan kaderisasi ini adalah untuk mengenalkan Mahasiswa Baru terhadap Civitas Akademika Fakultas Kesehatan Masyarakat sehingga dapat mempererat rasa kekeluargaan. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai kemahasiswaan dan nilai-nilai islam.


Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Andalas mengumpulkan aspirasi-aspirasi Mahasiswa Baru terhadap MAKAMB untuk memberikan kesan, kritik, dan saran terhadap semua kegiatan yang mereka jalani, sehingga dapat menjadi evaluasi untuk kegiatan di tahun berikutnya. DPM membagi pengumpulan aspirasi menjadi tiga topik, yaitu keluhan, saran dan harapan. 


Beberapa keluhan yang disampaikan antara lain, seperti: Kegiatan MAKAMB yang terlalu sering mengambil jadwal di akhir pekan, tanpa jeda dan tidak adanya tanggal pasti sehingga membuat kesulitan untuk menyesuaikan diri; Beberapa Mahasiswa Baru mengalami kelelahan fisik dan mental hingga jatuh sakit; Kesulitan untuk manajemen waktu membagi antara tugas kuliah dan kegiatan MAKAMB; Kesulitan mendapatkan tandatangan untuk kegiatan OKE Kampus khususnya tendik dan dosen; Jadwal absensi yang tidak diumumkan dari jauh hari, sehingga kesulitan dalam mengejar target OKE Kampus dan tidak mendapat esensi perkenalan, karena hanya untuk mencapai target; Teguran panitia yang agak terlalu keras, sehingga membuat mental down.


Berikut juga beberapa saran yang diberikan Mahasiswa Baru: Untuk rangkaian kegiatan LKMM atau yang lain dimohon untuk tidak mengadakan di akhir pekan atau diberi jarak tidak terlalu dekat, karena itu adalah waktu untuk beristirahat dan melengkapi tugas kuliah dan MAKAMB; Jika ada acara, sebaiknya diberitahu seminggu sebelum acara; acara yang diadakan seharusnya lebih berorientasi terhadap kedekatan, seperi gathering atau kegiatan outbound dan seminar, seharusnya tidak menggunakan ancaman untuk presensi karena itu bersifat sangat konservatif; Mohon untuk melakukan evaluasi terkait jadwal dan acara di dalam MAKAMB agar tidak membebani Mahasiswa Baru; Mohon lebih bersimpati kepada keluhan Mahasiswa Baru


Berikut juga harapan yang diberikan Mahasiswa Baru: Semoga output yang diharapkan dari MAKAMB dapat terealisasikan oleh Mahasiswa Baru, hubungan Mahasiswa Baru dan kakak tingkat semakin erat walaupun kegiatan MAKAMB sudah usai, lebih memperhatikan kesehatan Mahasiswa Baru, membuat kegiatan MAKAMB lebih terasa nyaman dan tidak terpaksa untuk dijalani.


Dari beberapa aspirasi Mahasiswa Baru dapat disimpulkan bahwa Mahasiswa Baru mengeluhkan kegiatan MAKAMB yang terlalu sering dan diumumkan secara mendadak, sehingga membuat mahasiswa kelelahan. Mahasiswa Baru juga mengeluhkan bahwa absensi yang tidak terjadwal dan diumumkan secara mendadak membuat mahasiswa kesulitan dalam mengumpulkan tandatangan OKE Kampus, sehingga melakukan perkenalan dengan Civitas Akademika FKM hanya untuk sekedar memenuhi indikator yang ditetapkan. Mahasiswa Baru juga berharap bahwa keluhan yang diberikan bisa menjadi bahan evaluasi untuk kegiatan MAKAMB ini. 


”Mahasiswa Baru mengungkapkan keluhan mengenai MAKAMB itu wajar, karena yang namanya kegiatan kaderisasi memang punya target. Ada output yang diharapkan dan tentu pelaksanaanya sudah tersusun sedemikian rupa. Tentu sistematika seperti ini tidak semua orang bisa paham dan tidak semua pihak bisa diberitahui secara detail,” ujar Nadiyatul Murtaja, Kepala Dinas PSDM BEM KM FKM Unand sebagai pelaksana kegiatan MAKAMB di Fakultas Kesehatan Masyarakat saat ditanyai pendapatnya mengenai aspirasi yang diberikan Mahasiswa Baru untuk kegiatan MAKAMB.


“Kami menjadikan pendapat Mahasiswa Baru dari aspirasi ini sebagai batu loncatan, bagaimana agar menjadikan pelaksanaan MAKAMB semakin bagus kedepannya dan memperbaiki apa yang miss di kami baik hal-hal kecil, khususnya dari segi etika panitia dalam bersikap, berbicara, dan menegur Mahasiswa Baru,” lanjutnya.


UKPM Pena KM FKM Unand


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama