FKM Fact 01 : Aspirasi Mahasiswa terkait Pelayanan dan Fasilitas, Apa Saja Isinya?

 


Dewan Perwakilan Mahasiswa atau dikenal sebagai DPM merupakan lembaga mahasiswa tertinggi di lingkup Fakultas yang memiliki tujuan, salah satunya sebagai wadah penyalur aspirasi mahasiswa. DPM Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas (FKM Unand) menjalankan perannya sebagai wadah aspirasi mahasiswa dengan cara mengumpulkan aspirasi mahasiswa di tiap kelasnya. Pada tanggal 8 Mei 2023 dan 11 Mei 2023, mereka berhasil mengumpulkan beberapa aspirasi terkait pelayanan dan fasilitas yang ada di Fakultas Kesehatan Masyarakat. Dalam aspirasi tersebut, diketahui bahwa terdapat beberapa kekurangan pelayanan dan fasilitas Fakultas Kesehatan Masyarakat yang dikeluhkan oleh mahasiswa, baik dari jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat maupun jurusan Gizi. 

Beberapa keluhan yang disampaikan mahasiswa terkait pelayanan, seperti: pemberitahuan informasi penting yang sering disampaikan secara mendadak sehingga menyulitkan mahasiswa; pelayanan yang kurang ramah; pelayanan yang kurang membantu dan informasi sulit dipahami bagi mahasiswa. Terutama yang baru pertama kali mengurus berkas administrasi di Dekanat Fakultas Kesehatan Masyarakat; pengurusan surat ke administrasi yang hilang; hingga jam operasional yang kurang jelas.
Sedangkan keluhan terkait fasilitas beberapa diantaranya, seperti: fasilitas laboratorium bagi jurusan Gizi yang kurang memadai; toilet yang kurang bersih; alat ibadah yang kurang bersih; sulit untuk meminta fasilitas Zoom Unlimited dari tenaga pendidik dan record Zoom sering tidak diberikan; sistem Ilearn baru yang kurang di sosialisasikan; tidak adanya fotokopi di Dekanat Fakultas Kesehatan Masyarakat; akses jalan ke ruang baca dan sekretariat organisasi tertutup.

Di luar keluhan yang diajukan, beberapa Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat juga memberikan saran yang berkaitan dengan keluhannya, seperti: SOP yang jelas terkait praktikum pada laboratorium; pemberitahuan informasi yang disebar jauh-jauh hari sehingga memudahkan mahasiswa; penambahan SDM di bidang akademik dan kemahasiswaan Dekanat Fakultas Kesehatan Masyaraakat; pemasangan poster tenaga pendidik yang bisa dihubungi terkait pelayanan; pemberian alur yang jelas terkait pengurusan surat-menyurat dan disosialisasikan alur administrasinya; pemberian informasi yang jelas mengenai jam kerja dan jam istirahat; meningkatkan koleksi buku-buku di Ruang Baca Fakultas Kesehatan Masyarakat.

Setelah mengumpulkan aspirasi mahasiswa, Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat selanjutnya mengomunikasikan kepada pihak Fakultas. 
”Sudah dikomunikasikan mengenai pelayanan dan akan dibahas di rapat bulanan bersama Tenaga Pendidik. Untuk perbaikan fasilitas dibahas juga dan sekarang lebih menyasar ke yang prioritas terlebih dahulu, contohnya seperti gedung FKM di Jati yang dilakukan perubahan di bagian luar dan lantai 3 gedung Laboratorium Fakultas Kesehatan Masyarakat yang sudah bisa dipakai sebagai ruang kegiatan mahasiswa, baik untuk pembelajaran maupun organisasi,” jelas Rihadatul Aisyi sebagai Ketua Komisi 2 DPM KM FKM Unand.

Divisi Penelitian dan Pengembangan
Generasi Arunakara
UKPM Pena KM FKM Unand


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama