BERITA : Evaluasi Tengah Tahun BEM KM FKM Unand



Telah diselenggarakannya Evaluasi Tengah Tahun Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas periode 2023 pada Jumat, (1/9/23). Acara ini di mulai pada pukul 07.30 WIB yang diawali dengan registrasi peserta. Kemudian, dilanjutkan dengan pembukaan oleh MC. Pembukaan Evaluasi ini dipandu oleh Rindu Cantika, staff dari Dewan Perwakilan Mahasiswa Keluara Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas (DPM KM FKM Unand). Setelah pembukaan oleh MC, acara dilanjutkan dengan pembacaan Al-Qur’an dan Sari Tilawah. Selanjutnya menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Totalitas Perjuangan.


Acara ini dibuka dengan kata sambutan dari Gubernur BEM KM FKM Unand periode 2023 oleh Falah Fauzi, yang memberikan pidato motivasi kepada seluruh peserta acara agar lebih semangat dalam menjalani kepengurusan selama setengah tahun kepengurusan mendatang. Ketua Umum DPM KM FKM Unand periode 2023, Fatimah Khairiyah juga memberikan sepatah dua patah kata terkait acara Evaluasi Tengah Tahun BEM KM FKM Unand tahun 2023 ini dengan kata-kata yang memotivasi peserta evaluasi di pagi hari tersebut. Setelah itu, berdoa bersama dengan dipimpin oleh Viqram Al Syawal selaku staff DPM KM FKM Unand. Kemudian acara pembukaan Evaluasi Tengan Tahun BEM KM FKM Unand periode 2023 ditutup oleh MC Rindu Cantika.


Acara dilanjutkan dengan pembukaan oleh presidium sidang dan pembahasan terkait tata tertib persidangan. Pembahasan tersebut disetujui oleh semua peserta sidang, dewan sidang, serta presidium sidang, sehingga acara dapat dilanjutkan dengan pelaporan dari Dinas dan Biro BEM KM FKM Unand periode 2023 dimulai dari Dinas Sosial Masyarakat (Sosmas), dilanjutkan oleh Dinas Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa (Adkesma), dilanjutkan dengan 10 Dinas Biro lainnya. Kemudian, diakhiri dengan pembacaan konsiderat oleh pimpinan sidang Evaluasi Tengah Tahun BEM KM FKM Unand periode 2023.


“Untuk menilai perkembangan dan proses dari program kerja dari setiap dinas dan biro yang ada di BEM KM FKM Unand apakah sudah berjalan dengan baik atau ada yang harus diperbaiki agar kedepannya program kerja setiap dinas dan biro dapat berjalan dengan baik,” ujar Kepala Dinas Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa BEM KM FKM Unand periode 2023, M. Fadhilah. 


Menurut Kepala Dinas Pengembangan Sumber Daya Manusia BEM KM FKM Unand, Nadiyatul Murtaja mengatakan beberapa hal yang melatarbelakangi kegiatan Evaluasi Tengah Tahun BEM ini, karena untuk menilai dan memperbaiki kinerja dari internal hinggap eksternal agar menjadi lebih baik lagi. Selain itu, evaluasi Tengah tahun ini dapat membangkitkan  lagi semangat-semangat yang sekiranya telah pudar.


M. Rifat Ilhami selaku Kepala Dinas Non Akademik, menyampaikan, “Tentu saja ada kendala dalam pelakasanaan  Evaluasi Tengah Tahun ini, yaitu ngaret dalam mengumpulkan massa ya, massa BEM itu sendiri. Sehingga hal itu yang menyebabkan lamanya berjalan Evaluasi Tengah Tahun kemaren. Kemudian, seperti dalam pembagian penyampaian per-divisi itu ada beberapa kendala, seperti tidak sesuai dengan pembagian awal yang dibuat, akan tetapi malah dipercepat karena laporan LPJ sebentar. Seharusnya Evaluasi ini dapat dijalankan dalam dua hari, namun menjadi satu hari.”


“Kemudian terdapat beberapa kendala teknis kecil, seperti pemutaran video yang kurang disiapkan, sehingga ada sedikit kendala dalam kegiatan,” ucap Kepala Dinas Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa, M.Fadhilah.


Dengan dilaksanakannya kegiatan Evaluasi Tengah Tahun ini, diharapkan dapat memotivasi pengurus BEM KM FKM Unand periode 2023 untuk dapat bekerja lebih baik kedepannya, “Harapan kedepannya untuk BEM dimasa kedepannnya yaitu semoga bisa lebih baik lagi kedepannya dan bisa lebih solid di internal BEM. Dan makin erat  juga hubungan eksternalnya dengan luar, terkhususnya lembaga pengawas dari BEM, semoga dengan diadakannya Evaluasi Tengah Tahun ini dapat men-charge kembali energi pengurus BEM, serta dapat menjadi motivasi dalam melaksanakan setengah kepengurusan lagi,” ujar Kepala Dinas Pengembangan Sumber Daya Manusia, Nadiyatul Murtaja. 


Muhammad Arif Saputra

UKPM Pena KM FKM Unand

Generasi Arunakara


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama