BERITA : "Isi Piringku" Menjadi Topik Edukasi di SDN 01 Suliki


KKN PPM merupakan wahana penerapan serta pengembangan ilmu dan teknologi, dilaksanakan di luar kampus. KKN PPM diarahkan untuk menjamin keterkaitan antara dunia akademik-teoritik dan dunia empiric-praktis. Berkaitan dengan permasalahan Kesehatan Gizi di Kabupaten 50 kota, Kecamatan Suliki, Nagari Suliki merupakan salah satu nagari yang berjuang untuk mencegah dan memerangi stunting. Dalam hal ini, mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Program Studi Gizi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Andalas melaksanakan kegiatan pengembangan ilmu serta edukasi terkait gizi seimbang mengenai isi piringku kepada Dokter Kecil di SDN 01 Suliki. 

Edukasi gizi seimbang memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan dan kualitas hidup seseorang. Salah satu program edukasi yang penting adalah materi isi piringku. Materi ini mengajarkan kita untuk mengatur takaran dan jenis makanan yang dikonsumsi dalam satu hidangan.

Dalam materi isi piringku, kita diajarkan tentang pembagian komposisi makanan yang seimbang. Pada dasarnya, piring yang sehat terdiri dari 1/3 dari setengah piring kita adalah protein seperti daging, ikan, atau tahu; 2/3 dari setengah piring kita adalah karbohidrat seperti nasi, roti, atau ubi-ubian; dan setengah lagi 2/3 nya sayur-sayuran dan 1/3 dari setengahnya lagi buah-buahan. Dokter kecil dapat mengajak anak-anak untuk membuat piring sehat mereka sendiri dengan memilih makanan sesuai komposisi tersebut.

Selain itu, dokter kecil juga dapat mengajarkan bahwa makanan sehat tidak harus membosankan atau tidak enak. Mereka dapat memberikan contoh dan rekomendasi menu makanan sehat yang lezat, seperti salad buah dengan yogurt atau nasi goreng dengan sayur-sayuran yang bervariasi. Hal ini penting untuk mengajarkan anak-anak bahwa makanan sehat juga bisa menyenangkan.

Selain mengajarkan tentang gizi seimbang, dokter kecil juga dapat memberikan penekanan pada pentingnya nutrisi yang tepat untuk pertumbuhan dan perkembangan anak-anak. Mereka dapat menjelaskan bagaimana asupan makanan seimbang dapat memberikan energi, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk tumbuh dan berkembang dengan optimal. Dengan pemahaman ini, anak-anak akan lebih memahami pentingnya makan sehat bagi pertumbuhan mereka.

Dalam edukasi gizi seimbang, peran dokter kecil sangatlah penting. Mereka tidak hanya memberikan pengetahuan tentang makanan yang sehat, tetapi juga mengajak anak-anak untuk terlibat langsung dalam proses pembuatan dan konsumsi makanan sehat. Melalui kegiatan ini, anak-anak akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya gizi seimbang dan kebiasaan hidup sehat sejak dini.

Dalam kegiatan ini, mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Unand melakukan edukasi terkait isi piringku dan juga melakukan kegiatan games dengan memberi tantangan kepada peserta dokter kecil dari SDN 01 Suliki untuk memasukkan contoh karbohidrat, protein, sayur dan buah-buahan kedalam properti isi piringku yang sudah disediakan oleh mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Unand. 




Selain mengajarkan tentang gizi diseimbang, dokter kecil juga dapat memberikan penekanan pada pentingnya nutrisi yang tepat untuk pertumbuhan dan perkembangan anak-anak. Mereka dapat menjelaskan bagaimana asupan makanan yang seimbang dapat memberikan energi, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk tumbuh dan berkembang dengan optimal. Dengan pemahaman ini, anak-anak akan lebih memahami pentingnya makan sehat bagi pertumbuhan mereka.

Dalam edukasi gizi seimbang, peran dokter kecil sangatlah penting. Mereka tidak hanya memberikan pengetahuan tentang makanan yang sehat, tetapi juga mengajak anak-anak untuk terlibat langsung dalam proses pembuatan dan konsumsi makanan sehat. Melalui kegiatan ini, anak-anak akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya gizi seimbang dan kebiasaan hidup sehat sejak dini.




 
Dinda Fadhilah
Fakultas Kesehatan Masyarakat 
Universitas Andalas 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama