Infografis 01 : Tips Memilih Camilan Sehat

Makan kudapan atau biasa disebut ngemil merupakan kegiatan yang digemari oleh semua usia baik dari orang tua, dewasa, hingga anak-anak. Kegiatan ngemil juga bisa menyebabkan perilaku atau pola makan yang buruk hingga menyebabkan kekurangan atau kelebihan nutrisi, dan nafsu makan menurun apabila jadwal atau pola ngemil tidak teratur.

Berikut beberapa tips dalam memilih camilan yang sehat untuk kesehatan:

1. Memilih camilan yang bergizi.

Camilan bergizi merupakan camilan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak secara seimbang. Pola makan yang diberikan juga harus seimbang dan dalam porsi yang lebih kecil dibandingkan makanan utama.

2. Mengecek keamanan camilan

 Keamanan camilan penting untuk diketahui orang tua. Camilan yang aman adalah bebas dari Bahan Tambahan Pangan (BTP) yang berbahaya dan dilarang oleh BPOM, seperti asam borat, asam salisilat, dietilpirokarbonat, dulsin, kalium klorat, kloramfenikol, minyak nabati yang dibrominasi, nitrofurazon, formalin, hingga pewarna tekstil Rhodamin B. Menjaga keamanan produk dilakukan karena apabila anak mengonsumsi makanan yang mengandung formalin atau rhodamin secara terus menerus dapat menyebabkan kerusakan organ dalam tubuh dan kanker.

3. Camilan harus diolah dan disajikan secara higienis.

Ketahui jenis camilan yang dipilih, sebisa mungkin pilih camilan buatan rumah sendiri, karena cara pengolahan dan kebersihannya lebih terjamin.

4. Jangan menyimpan makanan tidak bergizi di lemari atau kulkas.

Beberapa makanan tidak bergizi, seperti permen, keripik atau junk food yang dibeli di luar rumah.

5. Mengatur jumlah camilan yang dikonsumsi

Bagi yang memiliki anak dengan status gizi lebih atau obesitas, bisa menggunakan camilan sebagai sarana mengontrol asupan kalori, namun tetap mempertahankan rasa kenyang. Berikan camilan berupa buah potong, bukan jus buah. Bila anak minum susu, berikan susu rendah lemak atau tanpa lemak untuk anak usia di atas 2 tahun.

 6. Imbangi dengan konsumsi air mineral

Apabila anak sudah dibolehkan untuk memakan camilan, imbangi dengan konsumsi mineral yang baik, seperti air mineral. Hindari kebiasaan minum minuman manis, seperti teh manis, teh botol, susu kental manis, minuman berperisa, jus buah yang ditambah gula, dan minuman bersoda. Biasakan anak mengonsumsi air mineral setelah makan camilan.

Shinta Bella

UKPM Pena BEM KM FKM Unand

Generasi Aksatawani


Sumber :

Setianingrum Cornelia Agata Wiji. 2020. Tips Memilih Camilan Sehat untuk Anak: Jangan Lupa Minum Air Putih. Diakses melalui https://tirto.id/tips-memilih-camilan-sehat-untuk-anak-jangan-lupa-minum-air-putih-eCqp, Diakses pada 25 Desember 2022.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama