OPINI [Keamanan Lingkungan Kampus Kurang Efektif]

Keamanan merupakan suatu hal yang sangat krusial dimanapun kita berada. Tidak hanya di lingkungan tempat tinggal, di lingkungan tempat kita belajar pun keamanan merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi tingkat kuantitas sebuah perguruan tinggi di mata masyarakat. Hal ini dikarenakan masyarakat menilai suatu perguruan tinggi bukan hanya dari segi kualitas, tetapi juga dari segi kuantitasnya, yaitu keamanan.

Fasilitas kampus adalah sesuatu hal yang sangat dibutuhkan bagi semua orang. Begitupun mahasiswa, ketika melaksanakan perkuliahahan tentu saja membutuhkan rasa aman di dalam kampus. Khususnya di Universitas Andalas, rasa aman harus lah dapat dirasakan bagi mahasiswa, civitas akademika, dan seluruh masyarakat di dalamnya guna kelancaran perkuliahan dan kegiatan lainnya. Namun, pada realitanya keamanan di lingkungan kampus Universitas Andalas masih belum terwujud.

Maraknya kehilangan barang khususnya kendaraan bermotor di lingkungan kampus Unand menjadi tanda tanya besar untuk sistem keamanan kampus. Apakah sistem keamanan kampus sudah benar-benar diterapkan secara sempurna? Pada kenyataannya keamanan di lingkungan Unand masih tergolong lemah. Hal tersebut ditandai dengan kehilangan kendaraan bermotor di Unand yang kerap terjadi belakangan ini. Hal ini tentu saja membuat resah para mahasiswa yang ingin memarkirkan kendaraannya di lingkungan kampus Unand. Seperti halnya yang terjadi baru-baru ini yaitu kasus kehilangan motor di Fakultas Pertanian, yang mana motor yang hilang itu adalah Scoppy dan Beat. Namun, yang bisa diselamatkan hanya Scoppy. Lalu kasus kehilangan motor di gedung C juga merupakan bentuk dari lemahnya sistem keamanan kampus di Unand.

Kasus kehilangan kendaraan bermotor di lingkungan kampus Unand terjadi karena beberapa faktor yaitu kurangnya fasilitas keamanan seperti CCTV dan pos satpam, kurangnya jumlah satpam, tidak jelasnya koordinasi antara satpam Fakultas dengan satpam Universitas, tingginya angka ketinggalan kunci motor saat diparkirkan, kartu parkir yang diberikan hanya pada mahasiswa, dan kemudahan akses masyarakat luar yang berkeliaran di lingkungan kampus tanpa adanya ketegasan dari petugas keamanan, serta adanya residivis curanmor yang berkeliaran di Unand. Untuk menanggulangi itu semua, solusi yang bisa diberikan yaitu dengan memperbanyak CCTV di lingkungan kampus Unand, memperbanyak jumlah satpam dan pos satpam, membuat kartu parkir untuk seluruh warga kampus, meningkatkan kesadaran antar warga kampus, terutama mahasiswa agar tidak meninggalkan kunci motor saat memarkirkan motor, melakukan pembatasan kepada masyarakat luar yang keluar masuk kampus, membuat sistem pemeriksaan keliling pada malam hari maupun siang hari oleh petugas keamanan agar kondisi lingkungan kampus terjaga, dan juga dibutuhan ketegasan dari pihak Universitas maupun Fakultas kepada petugas keamanan mengenai prosedur kerja dan memberikan sanksi bagi petugas yang melanggar.

Untuk mewujudkan hal tersebut sangat diperlukan peran serta dari pihak perguruan tingg dan juga warga kampus. Dengan memperbanyak petugas keamanan tentu saja menjadi solusi dalam menangani kasus kehilangan kendaraan bermotor di lingkungan kampus, akan tetapi, dengan banyaknya petugas tanpa adanya kerjasama yang baik antar warga kampus, maka sistem keamanan kampus tidak akan menjadi efektif. Oleh karena itu, diharapkan kepada seluruh warga kampus Unand untuk bekerjasama dengan baik guna menjaga lingkungan kampus agar tetap aman dan meningkatkan hubungan kerjasama antara satpam fakultas dengan satpam Universitas, serta melaporkan oknum-oknum yang terlihat mencurigakan.

Nabilla Humaira

Magang UKPM Pena BEM KM FKM Unand

Generasi Aksatawani

Referensi :

Genta Andalas. Oktober 2022. Keamanan Kampus Kurang Efektif, BEM KM Unand Gelar Aksi Seruan Keamanan Kampus. Akses ( https://www.gentaandalas.com/keamanan-kampus-kurang-efektif-bem-km-unand-gelar-aksi-seruan-keamanan-kampus/ )

BEM KM Unand. 2022. Hasil Survei Keamanan Kampus. Akses (https://bem.unand.ac.id/unandondata/pusatdata/survei-keamanan-kampus/ )

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama