INFOGRAFIS

 Sederet Manfaat Membaca Surat Kabar Digital


Surat kabar atau koran dikenal sebagai media massa bertuliskan berita dan info lainnya yang dicetak pada lembaran kertas secara periodik, serta mudah dibawa kemana saja. Koran dapat berisikan beragam topik, diantaranya pendidikan, politik, ramalan cuaca, olahraga, dan beberapa kolom yang menyajikan informasi yang lebih teperinci.

Sederet manfaat dapat dirasakan apabila membaca surat kabar:

1.      Mendapatkan isu teraktual yang sedang berkembang

Dengan membaca surat kabar, dapat diperoleh berbagai topik yang sedang gencar dibicarakan di masyarakat, serta turut memaparkan perkembangan isu melalui penerbitan secara berkala.

2.      Daya pikir kritis yang mendalam

Kemampuan untuk berpikir kritis pembaca dapat dikembangkan melalui penganalisisan terhadap penjabaran yang rinci dan objektif suatu peristiwa di surat kabar.

3.      Memperoleh berita yang lebih utuh

Informasi dapat diperoleh melalui media apa saja, tetapi perolehan tersebut terkadang hanya sekilas dan kurang komplit. Untuk itu, surat kabar akan membantu memberikan informasi yang lebih utuh.

4.      Mempertajam pengetahuan

Surat kabar tertentu memiliki artikel yang memuat berbagai sejarah penting, melalui hal tersebut pembaca dapat memperluas dan memperkuat memori tehadap bacaan tersebut.


Pesatnya perkembangan teknologi mendorong surat kabar untuk turut beradaptasi melalui pembentukan koran berbasis digital. Dengan demikian, pembaca dapat menikmati layanan dan berbagai manfaat lainnya.

Berikut manfaat yang dapat dirasakan apabila membaca surat kabar digital:

1.      Kemudahan akses

Adanya surat kabar digital dapat memudahkan pembaca disebabkan kemudahan untuk memperolehnya. Informasi aktual dan faktual diakses dengan mudah pada gawai, laptop dan sejenisnya.

2.      Biaya yang lebih murah

Jika dibandingkan dengan koran versi cetak, maka biaya produksi untuk penerbitan koran digital jauh lebih sedikit, sehingga akan memberi keuntungan kepada pembaca dalam berlangganan.

3.      Praktis dalam pemesanan dan perolehan

Melalui berlangganan koran versi digital, pembaca dapat menghemat biaya tambahan untuk memperolehnya. Waktu yang diperlukan juga jauh lebih cepat. Tak kalah penting, pemesanan dapat dilakukan dengan praktis melalui transaksi elektronik.

4.      Efisien dalam penyimpanan

Penggunaan koran cetak cenderung membutuhkan ruangan dan terkadang memenuhi sudut rumah. Hal ini dapat diatasi pada penggunaan surat kabar digital, fitur dari aplikasi koran digital akan mengefisienkan penyimpanan tersebut.

5.      Penggunaan fitur kata kunci untuk mempercepat pencarian

Dalam beberapa kesempataan, pembaca akan menggunakan surat kabar sebagai bahan rujukan. Kegiatan ini akan sangat terbantu apabila memanfaatkan fitur kata kunci yang disediakan dalam aplikasi pembaca koran digital.


Sumber:

https://www.gramedia.com/best-seller/cara-baca-koran-digital/amp/

 

 

Fitri Dini Aulia Sari

UKPM Pena BEM KM FKM UNAND

Generasi Aksatawani

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama