BERITA [BAKTI 2022 UNIVERSITAS ANDALAS]



Bimbingan Aktivitas Kampus dalam Tradisi Ilmiah atau nama lainnya Masa Pengenalan Mahasiswa Baru Terhadap Lingkungan Kampus di Universitas Andalas, diselenggarakan pada tanggal 15 sampai 16 Agustus 2022 dan berlokasi di Auditorium Universitas Andalas. Bakti merupakan istilah masa pengenalan lingkungan kampus bagi mahasiswa baru Universitas Andalas yang berguna untuk mengetahui bagaimana keadaan dan lingkungan di kampus Universitas Andalas.

Acara yang diselenggarakan selama dua hari ini sangat sukses dan begitu menarik perhatian seluruh aktivis kampus Universitas Andalas, acara yang sempat diselenggarakan secara online selama dua tahun ini disebabkan adanya Covid-19 kini diselenggarakan full offline sehingga acara ini cukup meriah setelah dua tahun terakhir Unand yang terlihat lumayan pasif dari acara-acara offline-nya.

Acara dimulai dengan registrasi peserta mahasiswa baru, dilanjutkan dengan sesi pembukaan Bakti oleh MC yang bertugas, pembukaan juga dibarengi dengan adanya tari pasambahan hingga ditutup dengan doa. Selanjutnya arahan laporan kegiatan Bakti oleh Direktur Kemahasiswaan, Bapak Khandra Fahmy, S. TP., MP, Ph. D.

Pembukaan pelaksanaan Bakti juga disambut meriah oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Bapak Nadiem Anwar Makarim, BA., MBA. yang tetap memberi sambutan meski secara virtual. Setelah itu sambutan sekaligus penerimaan mahasiswa baru Universitas Andalas secara resmi oleh Rektor Universitas Andalas, Bapak Prof. Yuliandri, SH., MH.

Menurut peserta, acara Bakti yang diselenggarakan ini sangat berguna bagi mahasiswa baru untuk mengenal Universitas Andalas lebih jauh, diantaranya yaitu dapat mengetahui hal-hal baru dan penting dalam perkuliahan seperti adanya SKS, KRS, KHS dan sebagainya. Melalui Bakti, mahasiswa baru juga dapat mengetahui Unit Kegiatan Mahasiswa apa saja yang ada di lingkup Universitas Andalas, dan organisasi-organisasi seperti apa yang dapat diikuti oleh mahasiswa.

Materi yang diberikan juga langsung dari civitas kampus dengan materi-materi yang sangat berkelas, dimana ada materi terkait penyelenggaraan pendidikan oleh Direktur Pendidikan dan Pembelajaran, Ibu dr. Nur Afrainin Syah, M.Med, Ed, Ph. D. Materi, dan Bapak Khandra Fahmy, S.TP, MP, Ph. D. Materi selanjutnya terkait fasilitas pendidikan dan pembelajaran serta kampus sehat oleh WR II Universitas Andalas, Bapak Dr. dr. Wirsma Arif Harahap, SpB(K) OnK. Dan ada materi tentang Unand World Class University oleh WR IV, Bapak Dr. Hefrizal Hendra, M. Soc.

Acara berlangsung sukses hingga waktu yang ditentukan, namun para peserta mengaku mengeluh terhadap kekurangan kegiatan-kegiatan dan rangkaian acara yang berlangsung selama Bakti. Diantaranya seperti adanya acara yang tidak berjalan sesuai rundown dan kurangnya manajemen waktu dari panitia sehingga banyak waktu yang terbuang sia-sia. Hal tersebut terjadi ketika jam makan siang dimana peserta sempat telat mendapat makan siang pada hari pertama Bakti  yang disebabkan karena kurangnya manajemen waktu dari panitia. Kemudian peserta Bakti memberikan saran dan harapan semoga Bakti tahun depan semakin baik, sukses dan jaya selalu.

Anisa Laila, seorang mahasiswi  dari jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas yang merupakan salah satu panitia pelaksanaan Bakti yang berkontribusi sebagai anggota dari divisi PDH, divisi PDH ini adalah divisi Publikasi Dokumentasi dan Humas yang bertanggung jawab atas publikasi dan dokumentasi acara selama acara berlangsung serta divisi ini juga berhubungan dengan masyarakat.

Saudari Anisa mengungkapkan keluh-kesahnya terkait kendala yang ia hadapi selama menjadi panitia Bakti, Anisa bertanggung jawab terhadap TikTok Bakti Unand, yang dimana kendalanya disini adalah ide.

“untuk mencari ide membutuhkan waktu yang lama sehingga untuk mendapatkan satu ide perlu dan harus berpikir keras terlebih dahulu, dan juga keluhan yang dirasakan selama jadi panitia di divisi PDH yang bertanggung jawab di TikTok terkadang banyak panitia dan peserta yang tidak mau tampil di dalam kamera karena malu dan tidak percaya diri padahal kami dari PDH sangat butuh akan hal itu”  jelas Anisa panjang lebar. Meski begitu, akun TikTok Bakti Unand sendiri sukses bahkan sempat FYP (For Your Page) di seluruh belahan bagian nusantara karena konten-kontennya yang menarik.

Panitia Bakti mengungkapkan harapan untuk Bakti tahun depan semoga dapat lebih sukses dan harus kuat-kuat selalu. Kemudian acara ditutup dengan penutupan Bakti tingkat Universitas oleh WR I Universitas Andalas, Prof. Dr. Masyrudin, MS., yang dilanjutkan dengan berbagai penampilan penutup dari berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa di Universitas Andalas.

 

Dhea Amelia dan Raisha Arruya Putri

UKPM Pena BEM KM FKM Unand

Generasi Aksatawani

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama