MADING 14

Tema: Ambang Batas

Pojok Quotes

“Tak semua dapat diterima dengan lapang dada begitu saja, karena masing-masing dari mereka juga memiliki ambang batas sabar yang berbeda-beda, yang tak perlu dijelaskan”

-Miftahul Jannatul Husna-

Pojok Sastra

Kesabaran Tanpa Batas

Oleh: Hari Untoro Dradjat

Sabar itu tampak dikejauhan

Bukan milikku yang sebenarnya

Hanya miliknya orang-orang Agung

Kegungannya melintas di rumah jiwaku

 

Sabar itu kemenangan jiwa

Sabar lulus dari ujian melewati nafsu

Sabar mentas dari kebaikan yang ikhlas

Sabar itu bukan wacana tapi setia pada pelaksanaan

 

Sabaran tanpa batas

Kesabaran tiada timbangan

Sabar tiada ukuran

Kesabaran ikhlas tanpa pengharapan

 

Saat hidup dihinakan

Ketika itu perasaan direndahkan

Tatkala datang bencana

Bertekad berbuat baik tanpa cacian

 

Kesabaran tak lagi di kejauhan

Sabar bukan lah beban perasaan

Kesabaran itu kebaikan bersama bencana

Sabar itu kelembutan bersama keikhlasan

 

Pojok Info

Suhu Bumi Hampir Melewati Ambang Batas

Sejumlah ilmuwan berpendapat bahwa suhu rata-rata tahunan Bumi berpeluang 50 berbanding 50 untuk melampaui ambang batas pemanasan global 1,5 derajat Celcius selama lima tahun ke depan. Ambang batas tersebut ditetapkan melalui Perjanjian Paris pada tahun 2015 yang ditandatangani oleh berbagai negara di dunia. Perjanjian ini menargetkan setiap pemerintahan untuk menahan kenaikan suhu rata-rata global di angka 1,5 derajat Celsius.

Batas ini diakui sebagai target global yang penting karena titik kritis kemungkinan dapat terjadi. Titik kritis merupakan ambang batas di mana perubahan kecil dapat menyebabkan perubahan drastis di seluruh sistem pendukung dalam kehidupan Bumi.

Menurut Kantor Met Inggris, yang merupakan pusat prediksi iklim, mengatakan dalam pembaruan tahunan terdapat kemungkinan Bumi akan melebihi batas suhu global utama secara sementara, yang telah meningkat secara signifikan.

Laporan iklim tahunan terbaru juga menyebut 93 persen kemungkinan terjadinya rekor suhu terpanas Bumi sekitar 4 tahun lagi, atau pada 2026.

Adapun dampak dari kenaikan suhu ini adalah terjadinya serangkaian peristiwa cuaca ekstrem di seluruh dunia, lautan akan menjadi lebih hangat dan lebih asam, es laut dan gletser akan mencair, permukaan laut akan mengalami kenaikan.

Peningkatan suhu ini disebabkan oleh efek rumah kaca. Efek rumah kaca muncul karena meningkatnya polusi seperti karbon dioksida dan metana. Meningkatnya polusi akibat karbon dioksida dan metana mayoritas disebabkan oleh aktivitas yang dilakukan manusia seperti penggunaan bahan bakar fosil, pembakaran sampah, hingga pembakaran hutan.

Sumber : https://www.cnbcindonesia.com/news/20220510201911-4-337944/waduh-suhu-bumi-hampir-lewati-ambang-batas

Raisha Humaira Aizet

 


 

Pojok Tips

Tips Mencapai Ambang Batas Nilai dalam Ujian

Tidak lebih dari tiga minggu lagi, Universitas Andalas akan mengadakan Ujian Akhir Semester (UAS) yang harus diikuti oleh semua Mahasiswa yang aktif dan terdaftar di Universitas Andalas. Tentu saja kita semua mengharapkan nilai akhir yang memuaskan. Tidak hanya sebagai penunjang Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), terdapat kebanggaan dalam diri sendiri karena berhasil melewati satu semester dengan baik. Lalu, bagaimana cara agar kita sebagai Mahasiswa dari Universitas Andalas bisa melewati ambang batas nilai ujian sehingga mendapatkan nilai yang baik? Berikut beberapa tips yang bisa kalian lakukan!

1.    Tidak terpaku untuk mengerjakan soal yang sulit

Pada awal waktu ujian dimulai, banyak Mahasiswa yang menghabiskan waktu tersebut untuk mengerjakan soal yang sulit dibandingkan mengerjakan soal yang mudah, hal ini bisa menyebabkan banyak waktu yang terbuang. Lebih baik gunakan awal waktu untuk mengerjakan soal ujian yang mudah sehingga nantinya sisa waktu dipakai untuk mengerjakan soal ujian yang sulit.

2.     Kuasai berbagai bentuk dan tipe soal

Pelajari bagaimana bentuk atau tipe soal yang dibuat oleh setiap dosen.

3.     Review soal yang sudah pernah dikerjakan

Apabila pada sesi perkuliahan sebelumnya terdapat soal quiz ataupun soal latihan lainnya yang diberikan oleh dosen, pelajari dan review soal-soal tersebut sebagai gambaran untuk soal Ujian Akhir Semester.

4.    Tanamkan rasa percaya diri 

Kepercayaan diri sangat berpengaruh terhadap mental seseorang dalam menghadapi ujian. Rasa tidak percaya diri akan menimbulkan kecemasan yang berpengaruh terhadap hilangnya konsentrasi dan kurang semangat dalam melaksanakan ujian.

5.     Atur management waktu yang baik

Dalam melaksanakan ujian biasanya diberikan batas waktu untuk menjawab soal ujian. Oleh sebab itu, sangat penting untuk memperkirakan waktu dalam menjawab setiap soal agar tidak ada waktu yang terbuang sia-sia. 

Nah, itu tipsnya dalam mencapai ambang batas nilai ujian, semoga kita mahasiswa Universitas Andalas dapat menjalani ujian akhir semester dengan baik nantinya.


Sumber Referensi : https://portaljogja.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-252706858/tips-capai-passing-grade-skd-cpns-2021-agar-lols-tes

Annisa Fadila Gusman dan Mutia Hasna Khairani


Pojok Humor

Seekor Katak yang Mendatangi Peramal

Seekor katak pergi menemui seorang peramal untuk mengetahui apakah dia beruntung dalam urusan asmara atau tidak.

Peramal itu kemudian membaca telapak tangan si katak dan berkata, “Aku mempunyai kabar baik dan kabar buruk. Mau dengar yang mana dulu?”

Si katak ingin mendengar kabar baiknya terlebih dulu.

Peramal pun berkata, “Kamu akan bertemu seorang gadis cantik. Dia akan tertarik padamu dan ingin mengetahui segala sesuatu tentang dirimu. Dia ingin kamu terbuka padanya dan memberikan hatimu padanya.”

“Wah, itu hebat!” kata si katak. “Tapi, apa kabar buruknya?”

“Kamu akan bertemu dengannya di kelas biologi.”

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama