INFOGRAFIS

“Usik Penguasa Terkenal, 5 Wartawan Tewas”

 

Menjadi seorang wartawan tidaklah mudah. Bahaya dan resiko banyak menanti dalam menjalankan tugas sebagai seorang wartawan yang profesional. Dalam menjalankan tugasnya wartawan seringkali membahayakan dirinya bahkan hingga merenggut nyawa, simak ulasan infografis kali ini terkait 5 kasus wartawan tewas karna mengusik penguasa yang terkenal.

1. 2014 TIMUR KUASHEV

Kuashev (30) ditemukan tewas di hutan setelah menghilang. Ia menerima ancaman dari kepolisian setelah menulis kritik soal pelangggaran HAM oleh pasukan anti terordi Rusia.

2. 2017 GAURI LANKESH

Lankesh (52) ditembak mati oleh orang yang tak dikenal saat keluar dari apartemennya. Ia kerap mengkritik pemerintah India secara terbuka.

3. 2017 DAPHNE CARUANA GALIZA

Galiza (53) tewas akibat bom yang dipasang dalam kendaraannya oleh orang yang tak dikenal di Malta. Ia kerap mengkritik Perdana Menteri Malta, Joseph Muscat, yang melakukan korupsi dan terlibat dalam Panama Papers.

4. 2018 ARKADY BABCHENKO

Wartawan Rusia 41 Tahun ini ditembak mati secara diam-diam di Kiev, Ukraina ketika meninggalkan apartemen. Dirinya merupakan seorang pengkritik pemerintah Rusia dan koresponden perang veteran Rusia.

5. 2018 JAMAL KHASHOGGI

Hilang dan diduga di bunuh di Konsulat Arab Saudi di Turki. Selama ini Khashoggi (61) kerap kali mengkritik kerajaan Arab Saudi, khususnya Pangeran Mohammad.

 

Sumber :

https://www.cnnindonesia.com/internasional/20181017131927-116-339183/infografis-5-wartawan-yang-hilang-karena-ganggu-penguasa

 

Aulia Aorama

UKPM Pena BEM KM FKM Unand

Generasi Aksatawani


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama