MADING 11

TEMA: KEMBALI KE RUTINITAS



      A. POJOK QUOTES

"Selalu ada waktu untuk bersantai. Sekarang waktunya fokus untuk kembali ke rutinitas. Lakukan yang terbaik. Kerja keras akan membawamu kepada hal yang kamu inginkan"

-Adila Fortuna Nirya-

 


 B. POJOK SASTRA

Kembali ke Rutinitas

Oleh: Anilsi Ansari dan Nova Amalia

 

Lebaran

Telah usai

Sisakan kenangan indah

Kebersamaan bersama keluarga tercinta

 

Semoga berjumpa lagi dengannya

Tahun depan tentunya

Lebih baik

Keaadanya

 

Amal

Kian meningkat

Silaturahmi kian akrab

Kepada Tuhan kian dekat

 

Kini kembali pada rutinitas

Jalani tugas mulia

Jangan malas

Berkarya



C. POJOK INFO

Hal yang Terjadi Setelah Libur Lebaran Usai

Halo Generasi Aksatawani! Berakhirnya libur Lebaran tahun ini merupakan pengingat untuk kembali ke rutinitas kita sebagai mahasiswa/i Universitas Andalas. Tentu saja hal itu tidak mudah karena suasana bulan Ramadhan dan Idul fitri masih membekas di aktivitas dan suasana kita. Kira-kira apa saja ya hal yang biasa terjadi seusai libur Lebaran? Ayo, simak informasinya!

1. Malas Bangun Pagi

Kebiasaan yang satu ini sepertinya pernah dialami semua orang. Selama libur Lebaran, beberapa orang terkadang memanfaatkannya untuk tidur dengan pulas dan bangun ketika siang. Hal ini terkadang terbawa menjadi sebuah kebiasaan. Rasa malas bangun pagi pun tiba kala seseorang hari pertama masuk kerja atau sekolah setelah menjalani libur panjang.

2. Ingin Menambah Waktu Liburan

Bagi sebagian orang, menjalani libur Lebaran memang masih saja merasa kurang. Ketika tengah pulang ke kampung halaman, rasa malas untuk kembali  seringkali muncul dan menjadi hal yang lazim, sampai akhirnya muncul rasa ingin menambah libur. Nah biasanya mahasiswa pasti merasakan ini.

3. Pusat Perbelanjaan dan Kebugaran Mulai Penuh

Bukan hanya saat jelang Lebaran saja, pusat perbelanjaan atau kebugaran penuh. Tetapi juga saat Lebaran usai pusat-pusat keramaian akan banyak dipadati orang kembali. Hal ini terjadi karena sebagian orang akan memulai aktivitasnya kembali seperti biasa dan memanfaakan sisa liburnya.

4. Jalanan Protokol Padat

Saat libur Lebaran, jalanan akan terasa begitu lenggang termasuk di kota-kota besar. Namun ketika libur Lebaran usai, tak dipungkiri di kota, terlebih lagi kota besar akan mulai dipadati oleh lalu lalang kendaraan. Mulai jalan kecil hingga jalan protokol kondisi tersebut akan ditemui. Kemacetan hingga bising suara mesin dan penggalnya asap kendaraan menjadi hal yang lumrah. Karena orang-orang yang mudik selama libur lebaran telah kembali beraktivitas.

5. Rindu dan Ingin Memakan Ketupat

Salah satu hal yang banyak dicari ketika lebaran usai adalah kuliner seperti ketupat yang banyak dibuat pada momen Lebaran. Membuat ketupat menjadi sebuah tradisi di akhir lebaran. Ketika momen lebaran usai, kuliner ini  jarang ditemui. Rasa lezat dan gurihnya membuat seseorang kangen untuk menikmatinya. Terutama bagi para perantau-perantau yang sudah kembali ke rutinitas biasanya. 

Tenang, semua hal diatas pasti bisa berlalu! Dengan berakhirnya libur Lebaran dan kita yang harus kembali beraktivitas, kita harus terus tetap semangat dalam menjalani keseharian kita sebagai mahasiswa/i dan sebagai Generasi Aksatawani.

Sumber : https://www.malangtimes.com/baca/79624/20220405/073800/5-hal-yang-bakal-terjadi-setelah-libur-lebaran-usai

 

Mutia Hasna Khairani dan Nada Rudia Putri


 

      D. POJOK TIPS

Lebih Semangat Setelah Libur Lebaran

 

1.       Menjaga pola tidur/istirahat

 

Mudik atau pulang kampung mungkin akan mengubah pola tidur atau istirahat Anda. Supaya hal ini tidak berkelanjutan, atur kembali jam tidur Anda seperti hari-hari kerja.

 

2.       Menyingkirkan rasa malas

 

Tak dapat dipungkiri, rasa malas selama liburan jadi pangkal dari kesulitan menghadapi hari kerja. Menyingkirkan rasa malas mungkin terasa sulit, tetapi kalau tidak dicoba, maka mustahil juga bagi Anda untuk bekerja dan menyelesaikan tanggung jawab yang tidak dapat ditunda-tunda.

 

3.       Membangun motivasi kerja

 

Selain menyingkirkan rasa malas, membangun motivasi kerja juga tak boleh Anda lewatkan. Tip bekerja selepas liburan Lebaran ini dapat dimulai dengan menghitung anggaran mudik.

 

4.       Kontak rekan-rekan kerja

 

Ketika menikmati libur Lebaran, Anda biasanya lebih sering menghabiskan waktu bersama keluarga dan sanak saudara.

 

5.       Menerapkan pola hidup sehat

 

Saat Lebaran Anda agak kesulitan mengendalikan porsi makanan yang melimpah. Olahraga dan konsumsi makanan sehat akan membuat tubuh bugar dan pikiran lebih jernih.

 

Sumber : https://promkes.kemkes.go.id/?p=8763a

Zahra Malika Ilmi


 

     E. POJOK HUMOR

Sebuah Pengakuan

Ini adalah kisah dua orang sahabat yang sudah 20 tahun menjadi rekan kerja. Tiba-tiba, salah satu dari mereka tampak sekarat.

 

Sebelum pergi meninggalkan dunia, ia membuat sebuah pengakuan kepada sahabatnya. “Aku mau membuat pengakuan sebelum aku mati. Aku telah selingkuh dengan istrimu selama 10 tahun, dan anak perempuanmu itu adalah anakku.”

 

“Tenang, aku sudah tahu. Kamu tak perlu mengkhawatirkan itu. Pergilah dengan tenang,” kata sahabat yang satunya. Ia juga membuat sebuah pengakuan, “Aku ke sini juga mau mengaku, akulah yang menaruh racun di makananmu siang tadi.”

 

Cerita humor lucu bikin ngakak abis ini mungkin menggambarkan keadaan di mana seseorang tidak banyak bicara tapi langsung bertindak.

 

Azizah Chairunnisa dan Vivi Nurul Faiza

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama