INFOGRAFIS

 Beragam Bentuk Produk Jurnalistik

Produk jurnalistik yaitu hasil karya yang bernilai berita atau berisi informasi aktual, faktual, penting, dan menarik berupa tulisan, foto, video, audio, maupun grafis.

Produk jurnalistik ini dikelompokkan pada tiga bentuk, diantaranya:

1. Berita (News)

2. Opini/Artikel (Views)

3. Feature (Paduan News dan Views)

Penyebarluasan produk jurnalistik ini dapat melalui berbagai jenis media, seperti surat kabar, majalah, radio, televisi, dan internet.

1.      Berita (News)

Dalam bahasa Inggris, berita disebut dengan news. News diartikan sebagai “informasi tentang peristiwa-peristiwa terbaru” dalam The Oxford Paperback Dictionary terbitan Oxford University Press (1979). Dalam kamus Merriam Webster’s Collegeiate Dictionary (10th Edition, 1994), mengartikan news sebagai laporan peristiwa terkini dan informasi yang tidak diketahui sebelumnya.

Kata “berita” sendiri berasal dari bahasa Sansekerta, yaitu vrit (ada atau terjadi) atau vritta (kejadian atau peristiwa). Kamus Besar Bahasa Indonesia menyebutkan, berita adalah “laporan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat”. Sumber berita adalah fakta dan data sebuah peristiwa, meliputi apa yang kemudian menjadi rumus berita, 5W + 1H.

Menurut Micthel V. Charnley berita adalah laporan tercepat dari suatu peristiwa atau kejadian yang faktual, penting, dan menarik bagi sebagian besar pembaca, serta menyangkut kepentingan mereka.

Jenis-jenis berita yang dikenal di dunia jurnalistik antara lain:

Straight News: berita langsung, apa adanya, ditulis secara singkat dan lugas.

Depth News: berita mendalam, berita yang merupakan pengembangan dari berita yang sudah muncul.

Investigation News: berita yang dikembangkan berdasarkan penelitian atau penyelidikan dari berbagai sumber.

Interpretative News: berita yang dikembangkan dengan pendapat atau penilaian wartawan berdasarkan fakta yang ditemukan.

Opinion News: berita mengenai pendapat, gagasan, atau pernyataan seseorang, biasaya pendapat para cendikiawan, sarjana, ahli, atau pejabat, mengenai suatu hal, peristiwa, dan sebagainya.

2.      Opini/ Artikel

Artikel (article) merupakan karya jurnalistik berupa tulisan yang berisi pendapat (opini), gagasan (ide), pemikiran serta fakta. Sifat-sifat artikel,yaitu sebagai berikut:

1. Faktual: artikel adalah tulisan nonfiksi atau berdasarkan fakta dan data.

2. Berisi gagasan dan fakta: artikel berisikan pendapat yang dilengkapi fakta peristiwa atau masalah.

3. Meyakinkan:sebuah artikel dapat menjadi sarana penulisnya guna meyakinkan orang lain (pembaca) akan pentingnya suatu masalah dipikirkan atau disikapi.

4. Mendidik: artikel umumnya mendidik dan mengajarkan sesuatu agar pembaca melakukan atau tidak melakukan sesuatu.

5. Memecahkan masalah: artikel membahas suatu masalah yang disertai alternatif pemecahannya atau solusi.

6. Menghibur: sebuah artikel bisa juga menghibur pembacanya dengan mengangkat tema yang ringan dan lucu.

3.      Feature

Feature adalah jenis tulisan di media massa, selain berita dan opini, yang memfokuskan pada segi (angle) tertentu sebuah peristiwa dan menonjolkannya. Sebab itu, feature disebut pula “karangan khas”.

Sifat tulisan feature lebih menghibur dan menjelaskan masalah dari pada sekedar menginformasikan karena feature adalah tulisan yang menuturkan peristiwa disertai penjelasan riwayat terjadinya, duduk perkaranya, proses pembentukanya, dan cara kerjanya, serta lebih banyak mengungkap unsurhow dan why sebuah peristiwa sehingga mampu menyentuh ketertarikan manusiawi dan menggugah perasaan.

Tulisan feature memiliki sifat-sifat faktual bukan fiksi atau rekaan, menerangkan masalah bukan melaporkan dengan segera, tahan waktu tidak basi, mengandung segi human interest, mengandung unsur sastra, menggunakan lead atraktif.

Jenis-jenis feature:

1. Bright: tulisan pendek dengan human interest yang menonjol dari suatu kejadian, biasanya menggelitik atau mengandung unsur humor.

2. Featureberita (news feature):feature tentang peristiwa aktual. Biasanya merupakan pengembangan dari sebuah straight news, dengan membuka informasi latar belakang masalahnya agar pembaca mendapatkan pemahaman lebih jelas tentang unsur how dan why atau duduk perkara sebuah peristiwa.

3. Feature Artikel:feature yang berisi tentang pemikiran, gagasan, atau ilmu pengetahuan yang dikemas secara ringan dan menghibur.

4. Feature Biografi (profile): feature tentang pribadi-pribadi menarik, sosok ternama, atau public figure. Misalnya riwayat hidup pendek seorang tokoh yang meninggal, seseorang yang berprestasi, atau seseorang yang memiliki keunikan sehingga memiliki nilai berita tinggi.

5. Feature Human Interes: feature yang langsung menyentuh atau membangkitkan keharuan, kegembiraan, kejengkelan atau kebencian, simpati dan lain-lain.

6. Feature Pengalaman Pribadi: cerita yang isinya pengalaman penulisannya yang unik, bernilai jurnalistik, atau lucu.

7. Feature Perjalanan atau Petualangan:feature yang berupa catatan perjalanan, laporan peristiwa kunjungan, atau petualangan ke sebuah tempat.

8. Feature Sejarah:feature tentang peristiwa masa lalu, dengan memunculkan tafsir baru sehingga tetap terasa aktual untuk masa kini.

9. Feature Promosi:feature yang memperkenalkan atau mengekspos suatu produk atau ide baru.

10. Feature Produk Praktis: disebut pula tips, yaitu feature yang mengajarkan keahlian atau teknik membuat sesuatu.

Sumber:

https://tribratanews.kepri.polri.go.id/2019/10/22/pengertian-jurnalistik-dan-ruang-lingkupnya/

https://itha911.wordpress.com/jurnalistik/produk-produk-jurnalistik/

 

 

Fitri Dini Aulia Sari

UKPM Pena BEM KM FKM UNAND

Generasi Aksatawani

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama