[ BERITA ] SIPEMA UKM SAFE BEM KM FKM UNAND 2022

 

SIPEMA UKM SAFE BEM KM FKM UNAND 2022

Gambar 1. Pamflet SIPEMA UKM SAFE 2022

Minggu (27/03/22), UKM SAFE BEM KM FKM Unand telah melaksanakan acara Seminar dan Pelatihan Pertolongan Pertama (SIPEMA) UKM SAFE BEM KM FKM Unand yang diselenggarakan secara offline di gedung A1.8. Tema yang diangkat pada acara kali ini ialah “Melaksanakan Generasi yang Tanggap Darurat Bencana di Segala Kondisi Melalui Seminar dan Pelatihan Pertolongan Pertama (SIPEMA)”. SIPEMA ialah salah satu program dari Divisi Penanggulangan Bencara (PB) berupa acara seminar dan pelatihan bertemakan penanggulangan bencana yang bertujuan memberikan edukasi tentang masalah kesehatan yang terjadi di daerah yang rentan bencana dan pertolongan pertama yang dapat diberikan saat terjadi gempa di masa pandemi. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Pengurus UKM SAFE BEM KM FKM Unand. Rangkaian acara dimulai pada pukul 08.30 WIB dan selesai pada pukul 15.35. Acara SIPEMA dipandu oleh dua Master of Ceremony (MC), yaitu Muhammad Fadhillah sebagai MC formal, Imam Wahyudi & Sausan Ramadhani Syakura sebagai MC nonformal

Pembukaan MC formal dilanjutkan dengan berbagai kata sambutan dari Ketua Pelaksana, Muhammad Ilham Basgoro hingga Pembina UKPM Pena BEM KM FKM Unand, sekaligus membuka acara SIPEMA 2022 secara resmi. Acara kemudian dilanjutkan oleh MC nonformal dengan penuh semangat.

Gambar 2. Materi 2 oleh PMI Sumbar

Seminar pada kegiatan SIPEMA kali ini menghadirkan pemateri yang luar biasa. Materi pertama berisi pengembangan wawasan mengenai masalah yang terjadi di masyarakat terutama yang terkena bencana yakni “Masalah Kesehatan yang Rentan Terjadi di Daerah yang Terkena Bencana” oleh Bapak Ahmad Hidayat, S.K.M., M.P.H., dan materi kedua yaitu “Pertolongan Pertama Saat Terjadi Gempa di Masa Pandemi” yang disampaikan oleh PMI Sumbar. Materi 1 dan materi 2 ini masing-masingnya diikuti oleh sesi tanya jawab dan penyerahan kenang-kenangan beserta dokumentasi.

Setelah seminar, acara dilanjutkan dengan pelatihan pertolongan pertama (first aid) kepada seluruh Pengurus UKM SAFE BEM KM FKM Unand yang dibimbing oleh PMI Sumbar. Pelatihan ini merupakan praktik dari materi yang telah disampaikan oleh PMI Sumbar sebelumnya. Bentuk pelatihan yang dilakukan yaitu metode pertolongan pertama pada korban bencana alam, seperti cara membalut tungkai dan lengan pada korban patah tulang dan cara mengangkat tandu yang benar.

“Pelatihannya tidak terlalu susah karena langsung diperagakan di depan, sehingga peserta bisa mengikuti langkah-langkahnya dengan cukup baik,” ujar salah satu Pengurus UKM SAFE BEM KM FKM Unand ketika diwawancarai.  

Sesi pelatihan diakhiri dengan penyerahan kenang-kenangan. Acara ditutup oleh MC nonformal, Imam Wahyudi dan Sausan Ramadhani Syakura. Sebelum pulang, semua pengurus UKM SAFE BEM KM FKM Unand melakukan dokumentasi dan foto secara bersama-sama.

 

Afifah Khairunnisa dan Yusrena

UKPM Pena BEM KM FKM Unand

Generasi Aksatawani

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama