[ BERITA ] PELATIHAN DESAIN DAN LAYOUT (PEDELA) UKPM PENA BEM KM FKM UNAND 2022

Minggu (27/03/2022), UKPM Pena BEM KM FKM Unand menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Desain dan Layout (Pedela) dengan mengangkat tema “Membangun Kreativitas, Berkreasi Tanpa Batas untuk Menghadapi Era Digitalisasi”. Kegiatan ini merupakan program kerja dari Divisi Human Resource Development (HRD) UKPM Pena BEM KM FKM Unand dengan sasaran Pengurus UKPM Pena BEM KM FKM Unand, khususnya anggota Divisi Publikasi dan Fotografi (PF) dan Divisi Redaksi dan Editor (RE). Kegiatan ini dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom Clouds Meeting yang dimulai pada pukul 07.30 WIB dan berakhir pada pukul 12.37 WIB.

Kegiatan dimulai dengan pembukaan oleh MC yaitu Rihadatul Aisya, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh M. Rifat Ilhami, lalu kata sambutan oleh Ketua Pelaksana Pedela I dan II, Siti Rahmawati Ayunda dan Salsabila, dilanjutkan dengan kata sambutan dari Leny Chania Putri selaku Pimpinan Umum UKPM Pena BEM KM FKM Unand 2022, kemudian kata sambutan dari Ketua DPP UKPM Pena BEM KM FKM Unand 2022, Kartika Putri, lalu kata sambutan dari Wakil Gubernur BEM KM FKM Unand, Adji Fauzan, sambutan dari Bapak Aulia Rahman, S.K.M., M.K.M. selaku Pembina UKPM Pena BEM KM FKM Unand, dan pembacaan doa oleh Aldy Yusra.

Kegiatan ini mendatangkan Muhammad Arif Valerino dan Doni Hamdani sebagai pemateri. Materi pertama merupakan pengenalan Adobe Illustrator dan Adobe Photoshop untuk aktivitas desain, kegiatan diawali dengan pengenalan tools pada aplikasi, kemudian mengaplikasikannya ke dalam bentuk desain dan layout. Materi kedua merupakan pengenalan Adobe Premiere Pro untuk aktivitas pengeditan video, kegiatan juga diawali dengan pengenalan tools lalu mengaplikasikannya untuk kegiatan pengeditan video.

Tujuan dari diadakannya pelatihan desain ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dan menambah pengetahuan Pengurus UKPM Pena BEM KM FKM Unand mengenai desain dan layout. Seperti hasil wawancara yang dilakukan terhadap beberapa Pengurus UKPM Pena BEM KM FKM Unand yang telah mengikuti kegiatan pelatihan desain ini

“Setelah Pedela 1 dan 2, saya mendapatkan banyak ilmu baru terutama mengenai desain dan pengeditan video, sekarang saya mempunyai ilmu baru untuk melakukan pengeditan melalui Personal Computer (PC)”

“Semoga kegiatan Pedela dapat menjadi wadah untuk ilmu-ilmu baru, termasuk didalamnya ilmu mengenai jurnalistik lainnya”

“Semoga kegiatan Pedela selanjutnya bisa lebih informative dan edukatif dan juga bisa mendatangkan pemateri luar biasa lainnya.”

Ujar beberapa pengurus UKPM Pena BEM KM FKM Unand ketika ditanyai mengenai harapan untuk kegiatan Pedela kedepannya.

Allysa Firzitullah dan Sausan Akbari Affa

UKPM Pena BEM KM FKM Unand

Generasi Aksatawani



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama