MADING 36

 


TEMA: PENUTUPAN

·      POJOK QUOTES

Seperti membaca buku, penutup nya memiliki dua kemungkinan. Bisa saja berakhir bahagia, bisa saja berakhir duka. Namun, berbahagialah karena kau mampu membacanya hingga baris terakhir.

Salshabila Nadya

 

Bertemu orang baru memang menyenangkan, tapi setiap momen yang ada akan berlalu. Bukan untuk dilupakan, tetapi untuk dikenang.

Dalam hidup, orang-orang datang dan pergi, mereka berubah. Dan itu bukanlah hal yang buruk, kehadiran mereka mengajarkan kita arti kehidupan yang sesungguhnya.

Najwa Syiba Hansyaf

 

·      POJOK INFO

 Pemerintah Tetapkan Libur Penutupan Akhir Tahun 2020 Dikurangi Tiga Hari

Jakarta, Kominfo - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia Muhadjir Effendy menyampaikan libur dan cuti bersama di akhir tahun 2020 dikurangi sebanyak tiga hari, yaitu tanggal 28-30 Desember 2020.

Pengurangan ini merupakan tindaklanjut dari arahan Presiden Joko Widodo dalam Rapat Terbatas pada 23 November silam. “Secara teknis ada pengurangan libur dan cuti bersama ini sebanyak tiga hari, yaitu tanggal 28, 29, dan 30 (Desember). Tanggal 28, 29, 30 (Desember) tidak libur tetapi tetap masuk kerja seperti biasa,” ujar Muhadjir dalam keterangan pers, di Jakarta, Selasa (01/12/2020).

Sebelumnya berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB) Nomor 440/2020, 03/2020, 03/2020 tanggal 28-30 Desember tersebut ditetapkan sebagai pengganti cuti bersama Hari Raya Idulfitri 1441 Hijriah.

Disampaikan Muhadjir, libur Natal dan Tahun Baru tetap ada, ditambah dengan satu hari pengganti cuti bersama Hari Raya Idulfitri.

Libur Natal berlangsung pada tanggal 24-27 Desember. “Tanggal 24 (Desember) adalah libur (cuti bersama) Natal, kemudian 25 itu adalah Natal-nya, kemudian 26 otomatis (libur) karena hari Sabtu dan 27 adalah hari Minggu,” ujarnya.

Sementara tanggal 31 Desember adalah cuti bersama sebagai Pengganti Cuti Bersama Hari Raya Idulfitri 1441 Hijriah. “Tanggal 1 (Januari) adalah otomatis libur karena 1 Januari. Kemudian tanggal 2 (Januari) adalah hari Sabtu (dan) tanggal 3 Januari juga hari Minggu sehingga otomatis libur,” ujar Menko PMK.

Lebih lanjut, Muhadjir menyampaikan kesepakatan pengurangan libur dan cuti bersama ini akan dituangkan dalam SKB Tiga Menteri, yaitu Menpan RB, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Agama.

“Menpan RB karena nanti berkaitan dengan masalah cuti dan libur ASN (Aparatur Sipil Negara), kemudian Menteri Ketenagakerjaan berkaitan dengan cuti dan libur karyawan dan pegawai swasta, kemudian Pak Menteri Agama karena ini berkaitan dengan libur hari keagamaan,” jelasnya.

Keputusan ini, imbuhnya, akan diberlakukan setelah ditandatangani oleh ketiga menteri tersebut.

 

Sumber :

https://www.kominfo.go.id/content/detail/31161/pemerintah-tetapkan-libur-akhir-tahun-2020-dikurangi-tiga-hari/0/berita

Vicky Ryana Hutagalung

·      POJOK TIPS

Tips Penutupan Pidato agar Berkesan

Struktur dari sebuah penutup pidato adalah:

1.    Harapan

Usahakan unsur kalimat yang disusun harus mengandung harapan yang disesuaikan dengan topik yang disampaikan, serta menggunakan kalimat yang jelas dan tegas. Menangkap perhatian audiens. Sehingga mereka juga akan bisa memiliki harapan yang sama atas pidato yang disampaikan.

2.    Himbauan

Tambahkan kalimat yang mengajak para audiens untuk bergerak melakukan sesuatu hal yang lebih baik dan bermanfaat bagi sesama.

3.    Kesimpulan

Rangkum inti dari keseluruhan pidato yang telah disampaikan, berupa pandangan positif pada suatu hal sebagai tujuan untuk menekankan topik dari pidato.

4.    Permohonan Maaf

Karena topik yang disampaikan tidak selalu sempurna, bisa saja ada kesalahan ucap atau penjabaran saat berpidato, maka dengan sebuah kata maaf, diharapkan para audiens bisa memaklumi hal tersebut.

5.    Ucapan Terima kasih

Ucapkan rasa terima kasih kepada para audiens sebagai bentuk rasa hormat dan rasa menghargai. Tidak ketinggalan ucapan terima kasih kepada penyelenggara ataupun orang yang memberikan kamu kesempatan untuk berpidato.

 

Sumber:

www.kelaspintar.id/blog/tips-pintar/pentingnya-membuat-pembukaan-dan-penutup-pidato-yang-berkesan-11002/amp/

Nadhifah Salsabila

 

 

·      POJOK SASTRA

 Bait

Ini tentang bingkai masa yang menghitung waktu

Bulan-bulan naik dan turun berlalu

Menemukan waktu-waktu usai begitu mudah

Tiba-tiba, penuh tanya, berusaha tanpa celah

 

Kita menyusun bait dari kurun masa

Bait lara yang gemar permainkan rasa

Menyelusuri lorong-lorong tanpa kuasa

Tanpa sadar berada di hari-hari yang tersisa

 

Dari tulisan-tulisan yang pernah terukir

Ada rabu rabu yang dinanti penyuka syair

Jadi, jika rasa ini memang jadi yang terakhir

Ingatlah bahwa terakhir bukan berarti berakhir

Yolla Dwi Fitri

 

·      POJOK HUMOR

Satu tahun kepengurusan akan segera berakhir, mari lupakan masalah di masa lalu dan sambut lembaran baru yang akan dimulai. Namun, ingat satu hal, jangan lupakan utang-utangmu, kawan!

Harisa Rahma Wenatri

 

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama