Makamb 2021 telah Dibuka, Mahasiswa Baru Bersiap Bersosialisasi

  

Gambar 1. Pembukaan Makamb 2021

Minggu, (05/09) BEM KM FKM Unand menyelenggarakan pembukaan Makamb (Media Kaderisasi Masahasiswa Baru) untuk mahasiswa baru Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas tahun  2021. Makamb merupakan suatu kegiatan yang membantu mahasiswa baru, agar dapat bersosialisasi dan menjalin silaturahmi dengan seluruh warga KM FKM Unand. Selain itu, dalam rangkaian kegiatan Makamb ini juga dapat melatih mahasiswa baru dalam manajemen waktu, kepemimpinan, belajar kepanitiaan, dan berorganisasi serta mendalami agama Islam khusus mahasiswa baru yang muslim.

            Pada tahun ini, pelaksanaan Makamb diadakan secara online melalui via Zoom seperti Makamb pada tahun sebelumnya, dikarenakan terkendala oleh situasi pandemi Covid-19Meskipun demikian, hal ini tidak mengurangi keefektifan serta makna dari rangkaian acara pembukaan Makamb 2021. 

Gambar 2. Peserta Makamb 2021

Pembukaan Makamb pada hari ini dihadiri oleh seluruh mahasiswa baru FKM Unand 2020 serta para panitia penyelenggara. Rangkaian acara Makamb memiliki berbagai kegiatan, yaitu pembacaan ayat suci Al Quran oleh Robi Tri Ananda, menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian sambutan dari Ketua Pelaksana Makamb oleh Noura Rizki, sambutan Gubenur BEM KM FKM Unand oleh Muhammad Alfahrezi, kemudian pengenalan dan penyampaian materi Makamb oleh Noura Rizki, selaku ketua Makamb 2020, Penyampaian RWN, pembacaan tata tertib Makamb oleh Dea Anggraini, dan diakhiri dengan penutupan oleh Master Of Ceremony.

Gambar 3. Pembacaan Tata Tertib Makamb

Perbedaan Makamb 2020 dengan Makamb 2021, yaitu semakin tahun kegiatan Makamb lebih dioptimalkan. Makamb 2021 akan diadakan transparansi nilai Makamb pada saat pengumuman kelulusan, agar mahasiswa baru tidak lagi bertanya tentang “kelulusannya” dan mahasiswa baru juga memiliki kakak pendamping untuk memberikan pendapat, saran ataupun tempat berkeluh kesah. Dan tim panitia Makamb 2021 juga akan mempertimbangkan kritik dan saran yang disampaikan oleh mahasiswa baru.

Harapan dari Ketua Makamb, mahasiswa KM FKM Unand 2021 dapat menjalani kegiatan Makamb dengan baik serta lulus pada Makamb tahun ini. Sehingga harapannya FKM Unand memiliki sumber daya manusia yang baik di kepengurusan berikutnya.

 

                              Fatimatuz Zahra Batubara dan HusnaHanifah

UKPM Pena BEM KM FKM Unand

Generasi Aksara

 

 

 

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama