MADING 24


TEMA: HARTA

·      POJOK QUOTES

 Jangan biarkan harta menguasaimu karena harta hanya titipan dan sementara. Kuasai hartamu untuk bersedekah dan saling memberi agar yang hanya titipan dan sementara itu akan menjadi penyelamat di akhirat yang abadi nanti.

Angela Fortuna Sekarini

 

·      POJOK INFO

 Cara Mengelola Keuangan yang Efektif Selama Masa Pandemi

Di masa pandemi seperti sekarang ini, kita harus mengetahui cara mengelola keuangan. Dengan kata lain, kita juga dituntut untuk pandai mempraktikan cara mengelola keuangan. Pandemi yang membuat berbagai hal menjadi sulit dalam beberapa waktu ke belakang, menuntut kita untuk bisa lebih efektif dalam mengelola keuangan.

Jika tidak bisa mengaplikasikan cara mengelola keuangan, hal ini akan berpotensi membuat kita kesulitan dalam memenuhi berbagai kebutuhan. Tidak hanya itu, harga dari bahan pokok dan kebutuhan hidup lainnya juga semakin meningkat setiap tahunnya. Sementara jumlah pendapatan  cenderung stagnan bahkan menurun. Oleh sebab itu sangat penting untuk bisa mengaplikasikan cara mengelola keuangan dengan sebaik mungkin.

Lantas, bagaimana cara mengelola keuangan yang baik dan benar? Berikut adalah cara-cara yang bisa di lakukan untuk mengatur keuangan secara efektif.

1.      Pahami Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan

Contohnya kebutuhan untuk keperluan sehari-hari seperti makan hingga alokasi pendidikan apabila  sudah memiliki buah hati untuk yang berkeluarga. Namun, pada praktiknya, cara mengatur keuangan tidak hanya digunakan untuk kebutuhan yang bersifat wajib melainkan juga digunakan untuk belanja yang berdasar dari keinginan semata.

Terkadang kita malah mengalokasikan dana lebih banyak bukan pada kebutuhan tapi keinginan. Padahal, banyak dari keinginan kita yang sebenarnya belum terlalu dibutuhkan. Contohnya seperti membeli fashion terbaru, gadget terkini, liburan, hingga barang-barang lainnya yang bersifat sekunder dan tersier yang bisa memakan dana tidak sedikit.

Meski begitu, semua hal tersebut tidak dilarang untuk dipenuhi. Artinya, kita baru boleh mengalokasikan dana untuk hal-hal tersebut setelah kebutuhan primer. Apa saja kebutuhan primer? Yang pertama jelas kebutuhan untuk hidup sehari-hari seperti makan, transportasi, ataupun cicilan rumah.

2.      Hitung Seluruh Pendapatan

Untuk cara mengelola keuangan yang efektif, yang perlu kita lakukan adalah menghitung seluruh pendapatan yang masuk selama satu bulan. Pendapatan yang dimaksud di sini bukan hanya dari penghasilan gaji bulanan, tapi juga termasuk insentif yang dapat bila menerima upah lembur hingga keuntungan bila Anda berinvestasi, atau mengambil proyek freelance.

Ini penting dilakukan agar bisa membagi alokasi penghasilan yang kita miliki ke kebutuhan yang harus dipenuhi. Ingat, yang pertama harus dipenuhi adalah kebutuhan yang bersifat primer. Dengan menghitung seluruh pendapatan, cara mengelola keuangan menjadi lebih mudah.

3.      Buat Daftar Pengeluaran Prioritas Bulanan

Cara mengelola keuangan berikutnya adalah membuat daftar pengeluaran prioritas selama sebulan. Daftar ini membantu Anda dalam cara mengelola keuangan secara efektif. Dengan membuat daftar prioritas, alokasi dan pengeluaran dana menjadi lebih tertata.

Pengeluaran yang masuk daftar prioritas antara lain biaya makan sehari-hari, belanja dapur, tagihan listrik, tagihan air, biaya transport kerja, pendidikan anak apabila sudah memasuki usia sekolah jika Anda sudah berumah tangga dan memiliki Anda, hingga cicilan kendaraan atau rumah.

Selain membantu cara mengelola keuangan, daftar ini akan menjadi pengingat bahwa kebutuhan prioritas harus terpenuhi terlebih dahulu baru kemudian bisa dialokasikan untuk kebutuhan sekunder dan tersier.

4.      Siapkan Dana Darurat

Cara mengelola keuangan berikutnya adalah mempersiapkan dana darurat. Dalam menjalani kehidupan tidak semuanya bisa berjalan mulus sesuai yang direncanakan. Banyak hal yang tiba-tiba saja terjadi di luar rencana.

Contoh yang sering terjadi adalah musibah seperti kecelakaan, PHK, hingga krisis ekonomi yang berskala besar, atau juga kondisi sulit karena pandemi seperti sekarang. Apabila salah satu dari hal tersebut terjadi, maka sumber penghasilan bisa saja terganggu bahkan bisa lebih buruk dari itu. Saat itulah manfaat memiliki anggaran dana darurat bisa dirasakan.

Untuk itu, sebagai cara mengelola keuangan yang penting bagi adalah untuk mempersiapkan dana darurat. Caranya, selain untuk kebutuhan pokok, sisihkan sebagian dari penghasilan setiap bulan untuk dana darurat. Besarannya relatif bisa 10-30 persen dari penghasilan yang dapat tiap bulannya. Ingat, uang yang kita sisihkan setiap bulan adalah untuk dana darurat yang hanya digunakan sewaktu-waktu atau dalam keadaan darurat.

Sumber :

https://www.cimbniaga.co.id/id/inspirasi/perencanaan/cara-mengelola-keuangan-yang-efektif-selama-masa-pandemi

Lis Natahdiya Laulaa

 

·      POJOK TIPS

 Tips Hemat Harta

1.    Belajar disiplin dalam mengatur uang

2.    Membuat rekening alternatif

3.    Catat pengeluaran dan evaluasi secara berkala

4.    Cari teman atau anggota keluarga yang satu visi

5.    Hindari pembelian mendadak

6.    Bayar tunai, hindari hutang yang tidak perlu

7.    Lawan kebiasaan buruk yang membuat boros

Sumber:

https://www.cermati.com/artikel/20-cara-mudah-hemat-uang

Harisa Rahma Wenatri

 

·      POJOK SASTRA

Subuh-subuh pergi ke surau

Jangan lupa niat hati

Dunia sementara janganlah risau

Harta dunia tidak dibawa mati

Nurroahmi Devi

Sore hari pulang kerumah

Membewa kantong berisi buah nipah

Jika engkau miliki harta berlimpah

Bersedekahlah agar lebih berkah

Reviona Destine

 

·      POJOK HUMOR

 Cerita Lucu Harta Karun: Warisan Kapten Kapal yang Sukses

Sekali waktu ada seorang kapten laut yang terkenal. Kapten ini sangat sukses selama bertahun-tahun membawa kapal dagangnya ke seluruh dunia dengan selamat. Tidak pernah badai laut atau perompak yang dapat mengungguli kepiawaiannya. Ia dikagumi oleh kru dan sesama kapten.

Namun, ada satu hal yang berbeda tentang kapten ini. Setiap pagi ia pergi melalui ritual yang aneh. Dia akan mengunci dirinya di kamar dan membuka brankas kecil. Dalam brankas itu adalah amplop dengan selembar kertas di dalamnya. Dia akan menatap kertas untuk satu menit, dan kemudian menguncinya kembali. Setelah itu, ia mulai melakukan tugas sehari-hari.

Selama bertahun-tahun ritual ini berlangsung, dan krunya menjadi sangat penasaran. Apakah itu sebuah peta harta karun? Apakah itu surat dari kekasih yang lama? Semua orang berspekulasi tentang isi dari amplop yang aneh itu.

Suatu hari sang kapten meninggal dalam perjalanan di laut. Setelah melakukan upacara pemakaman di atas kapal, asistennya memimpin seluruh kru ke kamar kapten untuk menguak rahasia kehebatan sang kapten. Dia membuka brankas, mengambil amplop, membukanya dan…

Asistennya berubah menjadi pucat, dan menunjukkan kertasnya kepada yang lain. Ada empat kata dalam kertas, dua baris dengan masing-masing dua kata, isinya:

Gas, Kiri

Rem, Kanan

Sumber:

https://detiklife.com/2018/01/15/cerita-lucu-harta-karun/

Fatimatuz Zahra

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama