INFOGRAFIS

 

Fakta Menarik  Sejarah Jurnalistik

 

Beragam berita dari berbagai belahan dunia telah dapat kita nikmati dari berbagai media, baik media cetak, elektronik, maupun media baru yaitu media sosial. Semua berita dan informasi itu dapat kita terima berkat jasa para wartawan atau jurnalis yang merangkum kejadian di seluruh dunia dan menyampaikannya lewat media. Karena keberadaan dan peranan para jurnalis yang sangat penting, ada beberapa fakta menarik terkait sejarah jurnalistik:

1. Sejarah jurnalistik merujuk kepada Acta Diurna pada zaman Romawi Kuno masa pemerintahan Kaisar Julius Caesar (100-44 SM). Acta Diurna, yakni papan pengumuman pertama di dunia. Julius disebut juga sebagai “Bapak Pers Dunia”.

2. Pada tahun 1450 adanya penemuan mesin cetak oleh Johan Guttenberg yang   menyebabkan kemajuan jurnalistik berkembang pesat.

3. Di indonesia, dunia jurnalistik dibagi menjadi tiga golongan masa:

l  Jurnalistik Kolonial, dibangun oleh orang Belanda pada abad ke-18 yang ditandai dengan muncul surat kabar berbahasa Belanda yang bernama Bataviasche Nouvellesd.

l  Jurnalistik China, dibuat oleh orang berketurunan Tionghoa di Indonesia dengan menerbitkan surat kabar sebagai media penghubung dan pemersatu kaum Tionghoa Indonesia. Surat kabar tersebut bernama “Sin Po”.

l  Jurnalistik Nasional, dibuat oleh anak bangsa sebagai media perjuangan dan alat pergerakan kemerdekaan pada abad ke-20. Ditandai dengan ikatan Jurnalis yang dinamakan Medan Priayi dengan pimpinan Tirto Hadisuryo.

 

Sumber :

Kumparan. 2019. Sejarah Jurnalistik. https://kumparan.com/lampu-edison/sejarah-jurnalistik-di-indonesia diakses Kamis, 26 Agustus 2021 Pukul 21:00 WIB 

Pakar Komunikasi. 2017. Sejarah Jurnalistik di Indonesia dan Perkembangannya. https://pakarkomunikasi.com/sejarah-jurnalistik-di-indonesia diakses Kamis, 26 Agustus 2021 Pukul 22:00 WIB.

 

 

Nurroahmi Devi

UKPM Pena BEM KM FKM Unand

Generasi Aksara

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama