INFOGRAFIS

 

5 Jenis Karya Sastra

Nah, di bawah ini adalah lima jenis karya sastra yang pastinya pernah kamu dengar dan sempat kamu pelajari. Masing-masing dari jenisnya ini punya arti, karakteristik dan pemaknaan yang berbeda.

1.       Puisi

Puisi adalah karya tulis yang diciptakan seseorang (disebut penyair) dalam bentuk tulisan indah dan penuh makna. Puisi ditulis dengan menggunakan pola dan diksi tertulis, dengan bahasa berkualitas estetis pada makna semantis.

2.       Drama

Drama adalah salah satu jenis karya sastra yang memadukan unsur puisi dan prosa di dalamnya dengan mendeskripsikan suatu peristiwa, kejadian, dan perjalanan kehidupan dalam bentuk dialog pementasan.

Drama akan mengusung beberapa tokoh di dalam pementasan panggung dengan masing-masing tokoh akan membawakan karakter tersendiri, sesuai dengan naskah dan alur cerita yang dimainkan.

3.       Novel

Novel adalah salah satu jenis karya sastra yang berisi cerita panjang mengenai kisah seseorang dengan tokoh/orang lain, serta menempatkan watak maupun perilaku masing-masing di dalamnya. Kata ini berasal dari bahasa Italia yaitu 'Novella' yang berarti “baru”, “berita”, atau “cerita pendek mengenai sesuatu yang baru”, dan kata itu sendiri berasal dari bahasa Latin, 'Novella' yang merupakan bentuk jamak dari 'Novellus', yang disingkat Novus, artinya “baru”.

4.       Biografi

Biografi adalah sebuah cerita lengkap mengenai seseorang/perjalanan hidup seorang tokoh penting pada masa lalunya, dan ditulis oleh orang lain. Misal yang sering kita lihat yakni Biografi Soekarno, Biografi Tuanku Imam Bonjol dan sebagainya. Biografi bertujuan untuk menghidupkan kembali kesan yang ada pada diri yang dibuatkan biografinya. Selain itu, penulisan biografi biasanya ber-alur maju, mulai dari kelahiran, pendidikan, perjalanan hidup, hingga wafatnya.

5.       Esai

Esai adalah suatu tulisan yang mendeskripsikan opini dari penulis mengenai subjek-subjek tertentu. Esai juga diartikan sebagai kupasan suatu hal yang didasari argumen oleh seseorang.

Alifya Nurhanif Firman

UKPM Pena BEM KM FKM Unand

Generasi Ak-sara

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama