Tingkatkan Kreativitas di Era Teknologi melalui Pedela 1 UKPM Pena BEM KM FKM Unand

 




 

            Minggu (02/05/21), UKPM Pena BEM KM FKM Unand menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Desain dan Layout (Pedela) dengan tema “Melatih Kemampuan Diri dalam Meningkatkan Kreativitas di Era Teknologi”. Kegiatan ini diwajibkan untuk umum dan seluruh Pengurus UKPM Pena BEM KM FKM Unand terkhususnya anggota Divisi Publikasi dan Fotografi (PF) dan Redaksi dan Editor (RE). Pelatihan Desain dan Layout UKPM Pena BEM KM FKM Unand tahun ini masih dilakukan secara daring sama seperti tahun sebelumnya. Acara Pedela diadakan melalui aplikasi Zoom Meeting karena belum memungkinkannya untuk diadakan secara tatap muka atau offline.

            Walaupun dilaksanakan secara daring seperti tahun sebelumnya, acara masih tetap bisa dilaksanakan dengan baik. Rangkaian acara yang dilaksanakan dari awal sampai akhir dilakukan tidak jauh berbeda dengan Pedela tahun sebelumnya. Acara ini diawali dengan pembukaan MC Formal oleh Rezky Fauzan, kemudian kata sambutan  oleh Mirna Saputri selaku ketua pelaksana. Setelah itu, kata sambutan oleh Pimpinan Umum UKPM Pena BEM KM FKM Unand perioe 2021, yaitu Kartika Putri dan disambung dengan Gubernur BEM KM FKM Unand yaitu M. Alfarezi yang juga turut memberikan kata sambutan sekaligus membuka acara tersebut secara resmi. Acara dibuka oleh Gubernur BEM KM FKM Unand untuk menggantikan Pembina UKPM Pena BEM KM FKM Unand yaitu Bapak Aulia Rahman, S.K.M., M.K.M. yang berhalangan hadir dalam acara tersebut. Selain dihadiri oleh Gubernur BEM KM FKM Unand, acara ini juga turut mengundang semua pimpinan lembaga KM FKM Unand.

            Pelatihan Desain dan Layout ini bertujuan untuk membantu pengurus UKPM Pena BEM KM FKM Unand dalam meningkatkan kemampuan dan menambah pengetahuan mengenai desain dan layout. Pada kegiatan ini, seluruh peserta diwajibkan menggunakan laptop yang sudah ter-install aplikasi yang dibutuhkan, yaitu Photoshop 2021.




Acara Pelatihan Desain dan Layout UKPM Pena BEM KM FKM Unand mendatangkan seorang pemateri yang handal di bidang desain dan layout yaitu Hensa Adriano. Beliau adalah seorang yang kini berprofesi sebagai Sr. Art Director at Popcult Group. Pemateri ini telah berkecimpung di dalam dunia kreatif selama kurang lebih 10 tahun dan telah banyak memiliki pengalaman di bidang tersebut.

  Inti dari acara ini yaitu penyampaian materi yang diawali dengan pengenalan pemateri dan hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan di dalam sebuah desain dan layout. Dilanjutkan dengan pengenalan tools di aplikasi Photoshop tersebut dan pengusaan teknik untuk desain dan layout pada sebuah poster untuk feed Instagram. Untuk sesi berikutnya dilanjutkan dengan pengusaan teknik desain dan layout untuk buletin. Pemateri langsung mempraktekkan teknik membuat desain dan layout pada aplikasi tersebut yang diikuti oleh seluruh peserta di laptop masing-masing.




“Alhamdulillah untuk pedela tahun ini memiliki banyak peningkatan, seperti dengan nama yang disarankan Wakil Dekan III Ibu Dr. Fivi Melva Diana, S.K.M., M.Biomed yakni upgrading series, maka diharapkan ini menjadi acara dan momen untuk meng-upgrade diri di bidang desain. Untuk tahun ini sangat banyak progres yg meningkat, jika sebelumnya yang mengikuti acara ini hanya Divisi Publikasi dan Fotografi (PF) dan Redaksi dan Editor (RE) tapi sekarang kita membuka untuk umum. Tahun kemarin Pedela kita menggunakan aplikasi Corel Draw sedangkan tahun ini Photoshop 2021. Dari segi pemateri juga sudah menasional, dengan mengundang pemateri profesional di bidang kerjanya yakni desain,” ujar Mirna Saputri selaku Ketua Pelaksana Pelatihan Desain dan Layout 2021.

“Harapan setelah diadakannya kegiatan ini adalah semoga akan menambah skill dan pengetahuan mengenai desain dan layout yang bermanfat bagi pengurus UKPM Pena BEM KM FKM Unand untuk diterapkan pada program kerja masing-masing. Dan semoga acara pelatihan ini untuk tahun ke depannya bisa dilaksanakan secara offline agar lebih efektif dan efesien lagi.” Tutupnya di akhir wawancara.

 

Annisa Alifha Putri  dan Suryani Suci Lestari

UKPM Pena BEM KM FKM Unand

Generasi Aksara

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama