Meningkatkan Kompetensi Videografi dan Editing Video Wartawan UKPM Pena dalam Pelatihan Desain dan Layout II

 

 

Sabtu, (29/05/2021), Unit Kegiatan Pers Mahasiswa Pena BEM KM FKM Unand mengadakan acara Pelatihan Desain dan Layout II. Kegiatan yang dimulai pada pukul 09.30 WIB ini merupakan seri kedua dari pelatihan desain dan layout yang bertujuan untuk melatih pengurus UKPM Pena BEM KM FKM Unand periode 2021/2022 dalam menguasai bidang video editing dan videografi. Acara yang dilaksanakan secara online melalui aplikasi Zoom Meeting ini diisi oleh pemateri bernama Mohammad Ilyas, S.Pd. Kak Ilyas Jepret sapaan dari sang pemateri melatih para pengurus untuk mahir menggunakan software editing videografi yaitu adobe premier pro. Selain topik utama tadi, kak Ilyas Jepret juga membagikan pengetahuannya mengenai perekaman video, manajemen frame, dan lainnya agar video yang dihasilkan berkualitas dan memanjakan mata.

Acara perdana UKPM Pena BEM KM FKM UNAND bertemakan “Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi Untuk Meningkatkan Kompetensi” ini merupakan perwujudan inovasi divisi Human Resource Development (HRD) sebagai bentuk urgensi kemahiran pemanfaatan teknologi di masa dan pascapandemi. “Dengan inovasi pengadaan Pedela 2 yang baru dilaksanakan tahun ini, bisa mewadahi kebutuhan Pengurus UKPM Pena BEM KM FKM Unand dalam videografi, penunjang soft skill pribadi untuk diaplikasikan di berbagai keperluan terutama bagi kita sebagai calon S.K.M, yang erat dengan promosi kesehatan dengan segala keperluan editing-nya, baik gambar maupun video untuk mengedukasi masyarakat secara komprehensif” Tanggap Kartika Putri orang nomor satu di lembaga tersebut.

Meskipun acara ini pertama kali dilaksanakan, namun mendapat banyak respon positif dari para peserta pelatihan. Namun, salah satu peserta menyampaikan sedikit keluhannya saat diwawancarai setelah mengikuti pelatihan ini “Sangat bermanfaat sekali untuk divisi PF (Publikasi dan Fotografi) karena dapat memunculkan ide-ide baru dan mengembangkan skill. Namun, karena acaranya online banyak yang terkendala utamanya jaringan. Putri tidak bisa mendownload aplikasinya sehingga tidak dapat ikut mempraktekkan selama acara berlangsung. Tetapi Alhamdulillah panitia memberikan record acara sehingga dapat belajar ulang di lain waktu.”

 “Alhamdulillah semua perencanaan dari pihak panitia berjalan lancar, mulai dari perizinan sampai pelaksanaan acara selesai” syukur Fajrul Khairi selaku ketua pelaksana Pelatihan Desain dan Layout 2.  Tetapi, Fajrul juga menyayangkan masih banyak peserta yang belum megikuti rule acara dengan baik karena umumnya kendala jaringan terlebih para pengurus berada di wilayah yang berbeda-beda.

 

Berdasarkan pendapat dari berbagai pihak, mereka berharap agar pelatihan desain dan layout seri 2 (Videografi dan video editing) ini dapat diteruskan di kepengurusan selanjutnya dengan memperbaiki kendala acara, mempertahankan dan meningkatkan kualitas acara yang lebih baik lagi agar pengurus UKPM Pena BEM KM FKM Unand dapat mengoptimalkan teknologi sesuai zaman.

Bayu Ananda Nasution

UKPM Pena BEM KM FKM Unand

Generasi Aksara

 

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama