MADING 12

 

TEMA: BULAN RAMADAN

 

·      POJOK QUOTES

 Ramadan itu bagaikan teman. Kamu bisa menemuinya di hari ini, akan tetapi kamu belum tentu bisa menemuinya di lain hari. Karena itu, manfaatkanlah waktumu sebaik-baiknya.

Salshabila Nadya

Mengapa Ramadan tak terasa cepat berlalu?

Karena Ramadan ingin kita merindukannya bukan melupakannya.

Angela Fortuna Sekarini

 

·      POJOK INFO

 Malam Lailatulqadar

Bagi umat muslim yang setiap tahunnya menjalankan ibadah puasa, bakalan tidak asing lagi dengan namanya malam lailatulqadar, yaitu malam seribu bulan atau malam turunnya wahyu dan juga malaikat. Berikut beberapa keistimewaan malam lailatulqadar:

1.      Lebih Baik dari Amalan Seribu Bulan

Amalan-amalan yang dilakukan pada malam lailatulqadar lebih baik daripada amalan-amalan yang dilakukan dalam seribu bulan. Sebagaimana firman Allah dalam QS. Al-Qadar ayat tiga, “malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan”.

2.      Malam Penuh Berkah

Malam lailatulqadar adalah malam yang dipenuhi keberkahan di dalamnya. Dalam surat Ad-Dukhan ayat ketiga dijelaskan bahwa, “Kami menurunkan pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberikan peringatan”.

3.      Turunnya Malaikat ke Bumi

Pada malam lailatulqadar malaikat turun ke bumi. Turunnya malaikat ke bumi menandakan turunnya berkah dan rahmat. Sebagaimana malaikat turun ketika ada yang membacakan Al-Qur’an, mereka akan mengitari orang-orang yang berada dalam majelis zikir yaitu majelis ilmu. Dan malaikat akan meletakkan sayap-sayap mereka pada penuntut ilmu karena malaikat sangat mengagungkan mereka.

4.      Allah Mengampuni Dosa Masa Lalu

Allah akan mengampuni segala dosa bagi umat muslim yang menghidupkan malam lailatulqadar di bulan Ramadan. Hadis Bukhari dan Muslim menjelaskan barang siapa melaksanakan salat pada malam lailatulqadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.

Itulah beberapa keistimewaan pada malam lailatulqadar, ada baiknya kita lebih meningkatkan ibadah kita kepada Allah SWT agar mendapatkan wahyu dari Allah SWT, adapun yang bisa kita lakukan pada malam lailatulqadar yaitu melaksanakan ibadah shalat sunat tasbih, baca Al-Qur’an dan lain-lain.

Selama bulan Ramadan ini, perbanyaklah melakukan ibadah, sedekah dan yang pasti mempuasakan diri dari lapar dan haus serta hawa nafsu. Semoga selama Ramadan ini kita mendapatkan banyak amal dan bekal juga bagi kita diakhirat nantinya yang akan membukakan pintu surga bagi kita. Amin ya rabbal'alamin.

Sumber:

https://www.suara.com/news/2021/04/20/195802/keistimewaan-malam-lailatul-qadar-penuh-berkah-dan-ampunan

Nurroahmi Devi

·      POJOK TIPS

 6 Tips Tetap Produktif Selama Jalani Puasa di Bulan Ramadan

1.    Sesuaikan waktu tidur

Jangan biasakan tidur terlarut malam. Setelah sahur mungkin lebih baik jika Anda tidak terus tidur karena bisa membuat lesu setelahnya, sebagai gantinya, Anda dapat olahraga atau beraktivitas memberi energi lainnya.

2.    Membuat rencana kegiatan

Meski terkadang merasa lemas, Anda harus menjaga aktivitas sehari-hari supaya bekerja dengan baik. Cara yang mudah dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah membuat rencana kegiatan dalam sehari.

Tentukan pekerjaan yang sekiranya Anda memiliki tingkat kesulitan tinggi yang paling diprioritaskan di pagi hari. Anda bisa memanfaatkan waktu seharian dengan rencana yang sudah dibuat agar tetap produktif. Jangan lupa selesai jam kerja usahakan mengisinya dengan membaca Al-Qur'an.

3.    Olahraga ringan

Jangan jadikan olahraga untuk menghambat puasa Anda. Tetap jalankan rutinitas olahraga seperti biasanya agar tetap sehat dan produktif di bulan Ramadan. Cari waktu yang sesuai untuk berolahraga menjelang buka puasa ataupun setelah buka puasa.

Hindari olahraga yang memiliki intensitas yang menguras banyak energi. Usahakan olahraga dalam waktu singkat, tujuan utama agar tetap menjaga fisik ideal dan sehat untuk produktif saat bulan Ramadan.

4.    Memanfaatkan waktu istirahat

Waktu istirahat selama bekerja sangat penting dibutuhkan untuk mengambalikan semangat puasa Anda. Anda juga dapat memanfaatkan istirahat untuk tidur siang singkat selama 20--30 menit untuk membantu merasa lebih baik dan siap produktif kembali.

Jangan lupa untuk pasang alarm di ponsel agar tetap bekerja tepat waktu. Ini merupakan salah satu cara yang diajurkan agar tetap produktif saat bulan Ramadan.

5.    Jangan lupa ibadah

Bagian penting dan utama ketika di bulan Ramadan adalah memaksimalkan ibadah. Jika ibadah Anda konsisten dapat mendapatkan amalan yang baik untuk kehidupan. Selain itu, ibadah juga dapat memenangkan pikiran dan suasana hati Anda untuk mengembalikan semangat bekerja.

6.    Hindari lembur

Ketika sedang bekerja, alangkah baiknya Anda harus mampu mengatur waktu bekerja. Usahakan menghindari lembur, segera tuntaskan segala jenis pekerjaan. Anda tetap produktif saat bekerja, jangan menunda-nunda pekerjaan.

Sumber: Description: Gambar berjudul Be an Attractive Woman Step 5

https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4535553/6-tips-tetap-produktif-selama-jalani-puasa-di-bulan-ramadan#

Radhyana Putri Vhastia Rusli

 

·      POJOK SASTRA

 Bila Ramadan Memanggil

Bila Ramadan memanggilmu

Mengetuk pintu hidupmu

Sambut ia sepenuh rindumu

Dekap ia sepenuh cinta

Dan biarkan jemari indahnya

Merengkuhmu dalam ampunan-Nya

 

Bila Ramadhan memanggilmu

Sambutlah ia bak tamu istimewa

Kenanglah kelopak hari-hari

Yang telah luruh berguguran

Kenanglah seumpama pertanda

Bagi engkau sang penerus pejalanan

Bersiaplah menjemput giliran

Bila tak lagi kau jumpai ia

Ramadan di tahun depan

 

Bila ramadan memanggilmu

Bersihkan hati dari segala dengki

Sucikan jiwa dari segala prasangka

Bersihkan raga dari segala dosa

Bila Ramadan memanggilmu

Berlarilah menjemput panggilan-Nya

 

Sumber:

https://caripuisimu.blogspot.com/  

Reviona Destine

 

·      POJOK HUMOR

 Karena Ramadan Harus Saling Memaafkan

Nuansa Ramadan semakin terasa, nyaman penuh rasa maaf-memaafkan.

Tadi saya ke ATM, ATM pun meminta maaf kepada saya. "Maaf, saldo Anda tidak mencukupi." Saya pun memaafkan.

Loading...

Saya mencoba menelepon, operator pun meminta maaf. "Maaf pulsa Anda tidak mencukupi." Saya pun ikhlas memaafkan.

Alangkah indahnya hidup saling maaf-memaafkan.

Ghefira Vania Saldha

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama