MADING 11

 

TEMA: PEREMPUAN

·      POJOK QUOTES

 Perempuan hebat bukanlah perempuan yang berlumuran harta

Tetapi, perempuan yang bijak dalam berkata, indah dalam bertindak

Rizki Rahmadi

Selemah-lemahnya perempuan dia lah nanti yang akan melahirkan laki-laki yang kuat dan hebat

Inda Putri Yani

Sebagai seorang perempuan, jangan pernah membatasi diri dalam hal kebaikan. Jangan pernah terbawa oleh persepsi “perempuan itu lemah”, “itu bukan pekerjaan perempuan, biarkan laki-laki yang melakukannya”. Banyak tokoh perempuan sebelumnya yang memperjuangkan hak-hak perempuan, maka hargai itu, jadilah diri sendiri, kembangkan diri, dan buktikan bahwa persepsi itu salah!

#perempuanbisa #womenhaspower

Annisa Nurul Habibah

Adinda Zahra Fadillah

 

·      POJOK INFO

 Srikandi Indonesia Penakluk Gunung Tertinggi

Gunung Everest merupakan salah satu gunung yang populer di dunia, gunung berselimut salju setinggi 8.850 MDPL tersebut bahkan masuk jajaran gunung tertinggi di dunia. Hal tersebut membuat puncak Everest menjadi impian para pendaki gunung di berbagai belahan dunia termasuk para pendaki asal Indonesia.

Untuk menginjakkan kaki di puncak gunung Everest bukanlah perkara yang mudah. Banyak rintangan yang harus dihadapi para pendaki, mulai dari medan yang berat sampai cuaca yang ekstrem. Meski dikenal sebagai gunung tertinggi di dunia, tak menghalangi pendaki untuk menjajal gunung ini. Dari ribuan pendaki yang berhasil mencapai puncak, terdapat nama Clara Sumarwati satu di antaranya.

Pada tanggal 26 September 1996 silam, Clara Sumarwati, saat ini berumur 53 tahun mencatatkan diri sebagai pendaki gunung wanita dari Indonesia dan Asia Tenggara pertama yang berhasil mencapai puncak Everest. Nama Clara Sumarwati pun diabadikan oleh Everest Summiteers Association. Dalam situs resmi mereka, nama Clara Sumarwati tercatat melakukan Summit Day pada 26 September 1996. Rutenya adalah North Col-North Ridge-North Face.

Selain itu, namanya dan tanggal pencapaiannya juga tercatat di buku-buku Everest karya Walt Unsworth (1999), Everest: Expedition to the Ultimate karya Reinhold Messner (1999) dan website EverestHistory.com, sebuah referensi andal akan segala sesuatu yang berkaitan dengan pendakian gunung di dunia.

 

Sumber:

https://news.detik.com/berita/d-1220276/awal-kisah-kontroversi-klaim-clara-mendaki-puncak-everest-

https://www.google.co.id/amp/s/m.kumparan.com/amp/kumparannews/perkenalkan-clara-sumarwati-pendaki-puncak-everest-pertama-indonesia-1539342309590276932

Rezky Fauzan

 

·      POJOK TIPS

 Tips Menjadi Perempuan yang Tangguh

Perempuan tangguh adalah seseorang yang senantiasa kuat dalam menghadapi segala permasalahan baik di rumah ataupun kantor. Mereka adalah perempuan yang selalu berdiri dan tidak lari dari masalah, melainkan bersikap mandiri dan teguh. Sosok yang seperti ini membuat perempuan semakin disegani dan membantu perempuan untuk bertahan di tengah kehidupan yang keras. Lantas, bagaimanakah cara menjadi perempuan yang tanggu? Berikut beberapa cara menjadi perempuan tangguh yang bisa kita praktikkan:

1.    Berani mengambil tanggung jawab

Steriotipe di masyarakat menyatakan bahwa laki-laki lebih dominan dibandingkan perempuan. Alhasil, perempuan dianggap lemah untuk mengambil sebuah keputusan/ tanggung jawab. Namun, perempuan yang tangguh itu berani! Tidak pernah melarikan diri dari masa sulit dan menerima konsekuensi. Mereka tidak pernah mengeluh sampai mewujudkan impiannya. Bekerja keras merupakan tantangan yang harus terus disikapi dengan kesabaran demi kemajuan diri. Mereka juga pintar dalam mengatur waktu antara urusan rumah maupun pekerjaan.

2.    Melihat sisi positif dari setiap hal

Terkadang perempuan menggunakan perasaannya untuk mengambil sebuah keputusan sehingga bisa jadi mereka terbawa perasaan yang mengarah ke hal negatif. Tapi, perempuan yang tangguh mendapatkan kekuatan dari cara berpikir dan cara pandangnya terhadap masalah yang dihadapi. Jika Anda bisa memetik hal positif dari hidupmu, pasti masalah yang tadinya rumit akan perlahan menjadi ringan. Bukan masalahnya yang ringan, tapi cara dalam menanggapi masalah tersebut berubah dan meringankan beban. Dengan hidup secara positif, Anda juga sedang mempraktikkan cara menjadi perempuan paling bahagia, lho.

3.    Punya pedoman hidup

Baik laki-laki maupun perempuan punya pedoman hidup masing-masing. Pedoman hidup inilah yang dijadikan alat untuk menjadi perempuan tangguh. Perempuan yang memegang teguh pedoman atau prinsipnya, secara otomatis tidak melulu menggunakan perasaan sehingga akan mudah menghadapi masalah sulit tanpa menggunakan jalan yang menyimpang.

4.    Penguasaan diri

Bagaimana caranya menguasai masalah, kalau diri sendiri saja tidak bisa dikenali dan dikuasai? Penguasaan diri berarti Anda mengenali kelemahan, kekuatan dan sifat-sifat unik dalam diri secara menyeluruh. Penguasaan diri juga berkaitan dengan kemampuan Anda menahan diri dalam menghadapi berbagai tekanan, masalah, ataupun deadline pekerjan yang membuat Anda ingin marah atau menyerah. Apalagi ditambah perempuan mengalami menstruasi yang dapat mempengaruhi emosionalnya. Jika Anda dapat mengendalikan itu, maka Anda perempuan tangguh.

5.    Tetap dekatkan diri pada Tuhan

Tidak peduli seberapa hebat dirimu, kamu masih saja manusia yang lemah dan tidak kebal terhadap dosa, bukan? Tidak ada manusia yang sempurna. Carilah kekuatan itu dari Tuhan, tetap andalkan Dia melalui doa-doamu.

Sumber:

https://www.daya.id/kesehatan/tips-info/sosial/jadilah-perempuan-tangguh-zaman-now-

Rani Andari

 

·      POJOK SASTRA

 Mereka Perempuan

Mereka adalah manusia yang rentan terluka

Yang selalu pakai rasa bukan logika

Semua yang terlihat indah, dianggap cinta

Meski akhirnya akan terluka

 

Mereka sebaik-baiknya pendusta

Menangis walau tak bersuara

Memendam sesak didada

Menahan beban sesak dikepala

 

Meski waktu berlalu tanpa terasa

Lama sudah meniti tangga

Di dalam alam fana yang penuh duka

Masih dilewati dengan senyum ceria

 

Di tengah pekatnya malam

Wajah mereka itu tetap memancarkan cahaya

Dengan senyum yang bersulam

Dari banyaknya goresan luka

 

Tak pernah bersua

Karena tak minta iba

Mereka sangat berdaya

Untuk mengendalikan rasa

Annisa Alifha Putri

 

·      POJOK HUMOR

Sumber:

history.com

Asa Alvino Wendra

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama