MADING 10


TEMA: ANGKASA

·      POJOK QUOTES

 Karena ada hukum seperti gravitasi, alam semesta dapat

dan akan menciptakan dirinya sendiri dari ketiadaan

Fitri Dwi Syahti

Pastikan hidupmu bermakna

Sekalipun berada di ruang hampa

Shabrina Erika

 

Prestasi itu bagaikan angkasa. Bisa diimpikan sulit dicapai tanpa usaha.

Tasya Rivia

 

·      POJOK INFO

 Kebebasan di Ruang Angkasa

Kegiatan pemanfaatan ruang angkasa ditandai dengan peluncuran satelit Sputnik I, milik Uni Soviet, tahun 1957. Bersamaan dengan mulainya kegiatan pemanfaatan ruang angkasa, muncul pula peraturan-peraturan atau hukum yang mengatur mengenai kegiatan pemanfaatan ruang angkasa tersebut. Bermula dari resolusi-resolusi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), yang kemudian melahirkan "Outer Space Treaty 1967 "(OST) dan penjabarannya dalam bentuk perjanjian-perjanjian dan/atau konvensi-konvensi internasional. OST, yang nama lengkapnya "Treaty On Principles Concerning The Activities Of State In The Exploration And Use Of Outer Space, Including The Moon And Other Celestial Bodies', dikenal sebagai hukum dasar dalam bidang Hukum Angkasa.

Kegiatan pemanfaatan ruang angkasa berupa penempatan "space objects' dengan fungsi, tujuan yan beraneka ragam serta "life time' yang bervariasi itu, menimbulkan kekhawatiran bagi umat manusi di planet bumi, kemungkinan penggunaaannya untuk maksud tidak damai atau perang.

Oleh karena itu, muncullah prinsip utama yang mengatur ruang angkasa antara lain Non-Appropriation Principle dan Freedom Exploitation Principle. Dalam prinsip Non- Appropriation Principle ialah prinsip yang menyatakan bahwa ruang angkasa beserta benda-benda langit lainnya merupakan milik bersama umat manusia (common heritage of mankind), yang tidak dapat dimiliki atau dibawah kedaulatan suatu negara, adapun prinsip kedua adalah prinsip yang menyatakan bahwa ruang angkasa adalah zona yang bebas untuk dieksploitasi oleh semua negara sepanjang untuk tujuan damai. Dalam pengeksploitasian ini berlaku prinsip persamaan (equity). Kebebasan untuk memasuki daerah di ruang angkasa dan benda, benda di langit lainnya memberikan hak kepada negara untu mendirikan stasiun-stasiun dan instalasi-instalasi untuk melakukan berbagai percobaan.

Pertanggungjawaban negara peluncur akan kerusakan yang ditimbulkan terdiri dari dua prinsip yaitu tanggung jawab mutlak yang sesuai dengan Pasal II Liability Convention 1972 dan tanggung jawab atas dasar kesahalan yang sesuai dengan Pasal III Liability Convention 1972, dalam insiden yang pernah menimpa Indonesia, lebih tepat menggunakan tanggung jawab mutlak dikarenakan benda tersebut jatuh di permukaan bumi akan tetapi warga yang mengalami kerugian tersebut tidak meminta ganti rugi.

 

Sumber:

Christina G.W Riska. (2021). Pertanggungjawaban Negara Peluncur Atas Kerugian Benda Antariksa Berdasarkan Liability Convention 1972 (Studi Kasus Jatuhnya Pecahan Roket Falcon 9 Di Sumenep). Journal Komunitas Yustisia Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Ilmu Hukum. 4 (1).

 

Purba, Edward Pardamean. (2020). Legalitas Aktivitas Militer Di Ruang Angkasa Berdasarkan Ketentuan Piagam Pbb Dan Space Treaty 1967. Jurnal Kertha Negara Vol 8 No 6, hlm. 42-52

Putriani Tambunan

 

·      POJOK TIPS

Tips Simpel Memotret Angkasa dengan Ponsel

1.    Pastikan mode manual

Kondisi malam hari yang gelap dan jauhnya letak bintang-bintang di langit membutuhkan pengaturan khusus pada kamera smartphone kamu. Pastikan mode manual smartphone kamu memiliki pengaturan ISO, shutter speed dan white balance ya agar bisa menangkap cahaya bintang-bintang di angkasa.

2.    Cari tempat yang jauh dari polusi cahaya

Jika kita berada di tempat yang banyak cahaya maka sensor kamera akan kesulitan menangkap cahaya bintang di angkasa.

3.    Wajib menggunakan tripod

Saat mengambil foto angkasa, kamera smartphone akan menggunakan kemampuan long exposure yang artinya lensa kamera akan menangkap cahaya dengan waktu yang lebih panjang. Sehingga, jika smartphone bergerak sedikit saja bakal mengakibatkan foto yang kamu ambil blur dan gagal.

4.    Percantik dengan aplikasi edit foto

Mengatur kontras, warna dan detail foto melalui aplikasi pengedit fotonya agar lebih menarik.

Sumber:

idntimes.com

Annisa Laila Salsabila

 

·      POJOK SASTRA

 Angkasa

Menatap indah ke atas cakralawa

Berkhayal ria menari di angkasa

Tak nyata namun terasa tergapai

Ciptaan-Nya yang elok rupawan

 

Bergumam takjub melihat keindahannya

Tak sanggup mata berkedip atas keajaibannya

Di luar nalar dan kebiasaan ternyata rumit tuk diselami

Karena tak cukup banyak bicara untuk melukiskan indahnya

 

Cakrawala menari ke sana ke sini

Sinar sang surya menerobos masuk ke bumi

Bumi terasa hangat oleh sapaan merdunya

Bumi  juga rindu ketika senja menunjukkan wajahnya

 

Benda angkasa bekerja sesuai sistemnya

Tak mengusik, tak menganggu ketentraman sekitarnya

Indah berharga bagaikan permata

Yang tak terselami jika dipikirkan

 

Elok rupawan susunan itu

Rahasia besar pun terkandung di dalamnya

Bekerja berdasarkan karunia-Nya

 

Gabriella Tessalonika

·      POJOK HUMOR

Di angkasa kita ini tidak hanya ada satu planet yang bernama Bumi, tapi juga ada planet-planet lain seperti Mars, Jupiter, dan planet lainnya. Akan tetapi, planet ini tidak memiliki sumber kehidupan seperti di Bumi. Planet-planet tersebut tidak memiliki air, oksigen, dan lain-lain.

Suatu saat ada seorang astronot yang sedang melakukan penelitian di planet Mars, dia menemukan sumber air di planet tersebut. Ternyata di balik penemuan air di Mars....

Alien: Itu air kencing kita!

Fajrul Khairi

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama