INFOGRAFIS

 

5 Kata-Kata Inspiratif R.A Kartini.

Raden Ajeng Kartini lahir pada tanggal 21 April 1879 di Mayong, Kabupaten Jepara. Lahir dari keluarga bangsawan Jawa, ayah Kartini Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat merupakan seorang patih yang kemudian menjadi Bupati Jepara. Kartini merupakan anak sulung tetapi bukan dari istri utama karena ibunya M.A. Ngasirah bukanlah seorang bangsawan.

Kartini tumbuh menjadi perempuan berani yang menjadi inspirasi bagi perempuan lainnya hingga sekarang. Pemikiran-pemikiran Kartini yang tercurahkan dalam surat-suratnya terdahulu telah dihimpun dalam buku Habis Gelap Terbitlah Terang. Pemikirannya kemudian dikenal dengan istilah emansipasi perempuan. Lalu seperti apakah kata-kata inspiratif R.A Kartini? Berikut 5 kata-kata inspiratif R.A Kartini:

1.      "Kita harus membuat sejarah. Kita mesti menentukan masa depan yang sesuai dengan keperluan sebagai kaum perempuan dan harus mendapat pendidikan yang cukup seperti kaum laki-laki."

2.      "Karena ada bunga mati, maka banyaklah buah yang tumbuh, demikianlah pula dalam hidup manusia bukan? Karena ada angan-angan muda mati, kadang-kadang timbullah angan-angan lain, yang lebih sempurna, yang boleh menjadikan buah."

3.   "Jangan mengeluhkan hal-hal buruk yang datang dalam hidupmu. Tuhan tak pernah memberikannya, kamulah yang membiarkannya datang".

4.      "Gadis yang pikirannya sudah dicerdaskan, pemandangannya sudah diperluas, tidak akan sanggup lagi hidup di dalam dunia nenek moyangnya."

5.      "Teruslah bermimpi, teruslah bermimpi, bermimpilah selama engkau dapat bermimpi. Bila tidak bermimpi apakah jadinya hidup. Kehidupan yang sebenarnya kejam."

 

Sumber : Merdeka.com. (2020, 21 April). 25 Kata-Kata Bijak Raden Ajeng Kartini, Inspirasi Bagi Generasi Muda. Diakses pada 15 April 2021 dari https://www.merdeka.com/jabar/25-kata-kata-bijak-raden-ajeng-kartini-inspirasi-bagi-generasi-muda-kln.html?page=all

Elfifa Nia

UKPM Pena BEM KM FKM Unand

Generasi Aksara

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama