INFOGRAFIS

 Amalan Bulan Ramadan


1.Tadarus Al-Quran

“Nabi SAW adalah orang yang paling dermawan, dan beliau lebih dermawan pada bulan Ramadan, saat beliau ditemui Jibril untuk membacakan kepadanya Alquran. Jibril menemui setiap malam pada bulan Ramadan, lalu membacakan kepadanya Alquran. Rasulullah SAW ketika ditemui Jibril lebih dermawan dalam kebaikan daripada angin yang berembus. (HR Bukhari & Muslim).


2.Memperbanyak Doa

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran. (QS. Al Baqarah: 186).


3.Memperbanyak Sedekah

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak. (Qs. Al Hadid: 18).


4.Memberi Makan Orang Berpuasa

“Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga. (HR. Tirmidzi no. 807, Ibnu Majah no. 1746, dan Ahmad 5: 192. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini shahih).


5.Memperbanyak Qiyamul Lail

“Barangsiapa yang salat malam pada bulan Ramadan karena iman dan mengharap ganjaran dari Allah, maka akan diampuni dosa-dosanya yang lalu. (HR. Bukhari No. 37, Muslim No. 759).


Sumber:

Kultum Ramadan Edisi Perdana 1442 H, KPA Sumenep : Tunaikan 5 Amalan Utama di Bulan Ramadan (https://pa-sumenep.go.id/kultum-Ramadan-edisi-perdana-1442-h-kpa-sumenep-5-amalan-utama-di-bulan-Ramadan/#:~:text=%E2%80%9CSetidaknya%20ada%205%20(lima),serta%20QiyamulLail%2C%E2%80%9D%20demikian%20jelasnya) diakses pada 19 April 2021 pukul 15.30 WIB.


Leny Chania Putri

UKPM Pena BEM KM FKM Unand

Generasi Aksara


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama