RAPI 2

 Kasus Covid-19 Tembus 1 Juta, Bagaimana penanggulangan Covid-19 di Indonesia?

    Kasus Covid-19 di Indonesia akhirnya menembus angka 1 juta, sejak kasus pertama diumumkan pada Maret 2020. Pada Selasa (26/1/2021), Kementerian Kesehatan mencatat penambahan kasus baru 13.094 orang, sehingga total kasus di Indonesia genap menjadi 1.012.350 orang. Sementara itu, kasus Covid-19 secara global telah menembus angka 100 juta jiwa. Menelisik hal tersebut, ada beberapa faktor yang menyebabkan kasus Covid-19 kian bertambah, di antaranya karena kurang kerasnya pemerintah dalam penanggulangan Covid-19 sehingga masyarakat menganggap remeh peraturan-peraturan yang ada sehingga kasus Covid -19 mencapai 1 juta kasus.
 
    Salah satu cara terbaik yang dapat kita lakukan agar laju penyebaran Covid-19 menurun adalah dengan mempertegas kembali kerja sama pemerintah dengan masyarakat Indonesia. Ada dua langkah yang dapat dipertegas kembali ke depannya, pertama mengurangi laju penularan virus dengan menerapkan protokol kesehatan (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan disiplin). Selama ini penerapan protokol kesehatan masih dirasakan sulit untuk dilakukan bersama. Selain itu, masyarakat adalah poin utama dari kasus ini. Meskipun pemerintah sudah memberikan peraturan yang disipilin, tapi apabila masyarakat tidak mampu melaksanakan peraturan tersebut dengan bijaksana, maka peraturan yang dibuat akan berakhir sia-sia. 

    Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan dan dipertegas kembali agar penyebaran Covid-19 di Indonesia tidak meningkat lagi:
1. Melakukan Social Distancing
2. Menyediakan sabun cuci tangan di tempat umum seperti sekolah, kantor, mall dan tempat umum     lainnya 
3. Dianjurkan untuk setiap orang membawa handsanitizer saat keluar rumah
4. Memakai masker
5. Tidak keluar rumah jika tidak dalam keadaan yang mendesak
6. Bagi tenaga kesehatan memakai APD (alat pelindung diri)

    Hal yang sudah dilakukan pemerintah pada kasus ini adalah menyampaikan peraturan terkait memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan disiplin. Kedua, dengan meningkatkan upaya testing, tracing, dan treatment yang menjadi tanggung jawab pemerintah melalui Kemenkes. Kemudian isolasi yang nyaman agar yang bersangkutan bisa sembuh tanpa menulari teman-teman yang lain.

Sumber: https://www.cnbcindonesia.com/news/20210126182121-4-218916/kasus-covid-19-ri-tembus-1-juta-ini-langkah-menkes-bgs

Vivi Nurul Faiza
UKPM Pena BEM KM FKM Unand
Generasi Aksara

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama