Perubahan Struktur Organisasi FKM Unand serta Ketua Jurusan Kesehatan Masyarakat dan Gizi Periode 2021-2025

Senin, (21/12/20), FKM Unand telah menyelenggarakan pemilihan Ketua Jurusan Kesehatan Masyarat dan Gizi periode 2021-2025 untuk yang pertama kalinya. Pemilihan ini sebagai bentuk tindak lanjut dari perubahan dalam struktur organisasi dan tata kelola FKM Unand yang terdiri dari Jurusan Kesehatan Masyarakat dan Jurusan Gizi. Berdasarkan hasil wawancara bersama Bapak Dr. Aria Gusti, M.Kes., selaku Wakil Dekan II FKM Unand, Beliau menyampaikan bahwa perubahan struktur organisasi FKM Unand ini sebagai wadah untuk pengembangan dua rumpun keilmuan yang ada di FKM Unand, yaitu Kesehatan Masyarakat dan Gizi.

Sebelum menjadi Fakultas Kesehatan Masyarakat, Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat berada di bawah Fakultas Kedokteran dengan lima peminatan. Pada tahun 2012, barulah berdiri Fakultas Kesehatan Masyarakat Unand yang mengelola satu program studi dan lima departemen. Secara hierarki, departemen berada di atas program studi. Artinya, kelima departemen mengelola Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat. Kemudian pada tahun 2014, Program Studi S1 Gizi dibuka yang secara struktur berada di bawah Departemen Gizi. Oleh karena itu, dianggap perlu penataan kembali tata kelola FKM dengan membentuk jurusan.

“Syarat pembentukan jurusan adalah mengelola program studi Diploma/S1/S2/S3 dan profesi dalam disiplin ilmu yang sama. Itu dasarnya kita membentuk Jurusan Kesehatan Masyarakat yang saat ini mengelola S1 Kesehatan Masyarakat dan S2 Epidemiologi, serta Jurusan Gizi yang mengelola S1 Gizi dan insyaAllah S2 Gizi yang sedang dalam proses pendirian.” Ujar Bapak Dr. Aria Gusti, M.Kes ketika diwawancarai melalui media WhatsApp.

Beliau juga menyampaikan, perbedaan yang terdapat pada struktur lama dan sturktur baru adalah sebelumnya terdapat lima departemen (Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, Biostatistik dan Epidemiologi, K3-Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Reproduksi, dan Gizi) yang posisinya berada di atas Prodi S1 Kesmas,  S1 Gizi, dan S2 Epidemiologi. Sekarang departemen tidak ada lagi, tetapi dibentuk 2 dua jurusan sebagai pengelola program studi. Pada Jurusan Kesmas, dibentuk 6 Kelompok bidang ilmu (Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, Biostatistik dan Epidemiologi, K3, Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Reproduksi, dan Promosi Kesehatan).

Gambar 1.  Struktur Organisasi Fakultas Kesehatan Masyarakat UNAND

Pemilihan ketua jurusan dilaksanakan secara demokratis. Diawali dengan membuka pendaftaran bagi dosen yang eligible, kampanye, dan pemungutan suara langsung. Acara pemilihan ketua jurusan ini melibatkan seluruh dosen di lingkungan FKM Unand dan tenaga kependidikan sebagai panitia. Pada pemilihan ketua jurusan ini, terdapat dua kandidat yang dicalonkan untuk Jurusan Kesehatan Masyarakat, yaitu Bapak Dr. Masrizal, S.K.M., M.Biomed dan Ibu Dr. dr. Dien Gusta Anggraini Nursal, M.K.M., sedangkan Jurusan Gizi mempunyai tiga kandidat untuk dipilih, yaitu Bapak Dr. Idral Purnakarya, S.K.M., M.K.M., Bapak Dr. Syahrial, S.K.M., M. Biomed, dan Ibu Dr. Helmizar, S.K.M., M.Biomed.

Berdasarkan perhitungan surat suara tersebut, diperoleh hasil sebagai berikut: untuk Jurusan Kesmas, Ibu Dr. dr. Dien Gusta Anggraini Nursal, M.K.M. mendapatkan 24 suara, unggul dari Bapak Dr. Masrizal, S.K.M., M.Biomed dengan perolehan 5 suara. Sedangkan di Jurusan Gizi, Bapak Dr. Idral Purnakarya, S.K.M, M.K.M. memperoleh 8 suara, unggul dari Bapak Dr. Syahrial, S.K.M., M.Biomed dengan 5 suara, dan Ibu Dr. Helmizar, S.K.M., M.Biomed dengan 1 suara. Perhitungan suara disaksikan oleh unsur pimpinan FKM Unand, yaitu Wakil Dekan I yaitu Ibu Ade Suzana Eka Putri, S.K.M., M.Comm Health Sc, Ph.D, Wakil Dekan II yaitu Bapak Dr. Aria Gusti, M.Kes., dan Wakil Dekan III yaitu Ibu Dr. Fivi Melva Diana, S.K.M., M.Biomed, Selain itu, hadir pula saksi dari Jurusan Kesmas yaitu Ibu Ade Suzana Eka Putri, S.K.M., M.Comm Health Sc, Ph.D dan Bapak Yudi Pradipta, S.K.M., M.P.H, sedangkan saksi dari Jurusan Gizi yaitu Ibu Dr. Fivi Melva Diana, S.K.M., M.Biomed dan Ibu Welly Femelia, S.KM, M.K.M.


 

Gambar 2. Tabel Hasil Perolehan Suara Pemilihan Ketua Jurusan

Mengenai SK Rektor tentang pengangkatan Ketua Jurusan Kesmas dan Gizi periode 2021-2025 sudah keluar tanggal 5 Januari 2021. Bapak Dr. Aria Gusti, M.Kes mengutarakan begitu SK keluar, mereka langsung mulai bekerja. Namun, tidak akan ada pelantikan Ketua Jurusan. Kemudian tanggal 15 Januari 2021, keluar SK Rektor lanjutan tentang pengangkatan Sekretaris Jurusan Kesehatan Masyarakat dan Gizi periode 2021-2025 yang nama-namanya diusulkan oleh dekan atas usulan ketua jurusan.

“Dengan adanya perubahan struktur ini, dampak bagi dosen dan mahasiswa adalah fleksibilitas dalam mengikuti perkembangan keilmuan kesehatan masyarakat, baik secara lokal, nasional, maupun global. Secara pengelolaan pembelajaran, tida terdapat perbedaan yang begitu signifikan bagi mahasiswa. Karena proses belajar mengajar dikelola langsung oleh masing-masing program studi. Ke depannya diharapkan masing-masing jurusan menjalankan Tridharma Perguruan Tinggi (pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat) dalam bidang keilmuannya. Jurusan juga diharapkan mengambil peluang pendirian program studi baru baik D3/S1/S2/S3/profesi, bahkan jurusan juga bisa menjadi inisiator pendirian jurusan baru sesuai dengan kelompok bidang ilmu yang ada di jurusan.” Tutup Bapak Dr. Aria Gusti, M. Kes.

Mengenai perubahan struktur di FKM ini, Ketua BEM KM FKM Unand 2021, Muhammad Alfarezi, dalam wawancara melalui media WhatsApp, menuturkan “Pemilihan ketua Jurusan Kesmas dan Gizi sebenarnya ini adalah hal baru di Fakultas Kesehatan Masyarakat.  Untuk itu,  kepada Ketua Jurusan terpilih, yaitu Bapak Dr. Idral Purnakarya, S.K.M., M.K.M. sebagai ketua Jurusan Gizi dan Ibu Dr. dr. Dien Gusta Anggraini Nursal, M.K.M. sebagai ketua Jurusan Kesehatan Masyarakat, tentunya diharapkan akan memberikan perubahan ke arah yang lebih baik.  Harapan saya untuk ketua Jurusan Kesmas maupun Gizi yang baru, semoga dapat mengembangkan jurusannya masing-masing, meningkatan mutu dari ke dua jurusan yang  tentu menjadi prioritas utama, melakukan perbaikan-perbaikan yang belum sempat diselesaikan di periode sebelumnya, serta melibatkan mahasiswa dalam pengembangannya.”

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa harapannya ketua jurusan yang baru ini juga dapat menaruh perhatian lebih pada sektor-sektor apa saja yang harus segera diperbaiki dan diberi perhatian lebih dalam mengembangkan potensi-potensi yang dimiliki jurusannya masing-masing bersama seluruh dosen dan seluruh mahasiswa. Sehingga dalam pengembangan ke depannya seluruh aspek yang ada di jurusan itu merasa diikutsertakan. “Jadi, apa yang dikembangkan bersama, selain dirasakan bersama manfaatnya juga rasa memilikinya itu menjadi ‘ada’ karena dalam pengembangannya juga diikutsertakan. Semoga dapat mengemban amanah dengan baik juga untuk Ketua Jurusan Kesehatan Masyarakat dan juga Gizi yang baru.” Tutup Muhammad Alfarezi dalam wawancaranya.

 

Rizki Rahmadi dan Alifya Nurhanif Firman

UKPM Pena BEM KM FKM Unand

Generasi Aksara

 

Referensi:

http://fkm.unand.ac.id/?p=9954

http://fkm.unand.ac.id/?p=9945

http://fkm.unand.ac.id/?p=9883

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama