Pembina Baru Lembaga Keluarga Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas

Jumat lalu (29/01/21), Wakil Dekan III FKM Unand, Dr. Fivi Melva Diana, S.K.M, M. Biomed, mengadakan Sosialisasi Kegiatan Mahasiswa FKM Unand 2021. Sosialisasi kegiatan mahasiswa FKM Unand 2021 ini diadakan secara online via Zoom Meeting dan juga diadakan secara offline di lantai tiga gedung FKM Unand di Limau Manis. Pada kegiatan sosialisasi yang berlangsung selama 2 jam ini, Wakil Dekan III FKM Unand membahas berbagai persoalan mengenai kegiatan mahasiswa di FKM Unand 2021, salah satunya pengumuman pembina baru untuk setiap lembaga keluarga mahasiswa S1 dan S2 FKM Unand. Pembina baru setiap lembaga keluarga mahasiswa S1 dan S2 FKM Unand diangkat pada hari kamis tanggal 21 Januari 2021.

 

Gambar 1. SK Pembina Baru

Tahun ini, jabatan Pembina UKPM Pena BEM KM FKM Unand diberikan kepada Bapak Aulia Rahman, S.K.M., M.K.M menggantikan Bapak Defriman Djafri, S.K.M., M.K.M., Ph.D. Sama seperti pembina lembaga KM FKM Unand lainnya, Bapak Aulia Rahman, S.K.M., M.K.M., diangkat menjadi pembina UKPM Pena BEM KM FKM Unand pada tanggal 21 Januari 2021. Menurut Bapak Aulia Rahman, S.K.M., M.K.M., yang dikutip saat wawancara via Zoom Meeting (30/01/21), tidak ada alasan khusus mengapa Beliau diangkat menjadi pembina UKPM Pena BEM KM FKM Unand untuk tahun ini.

“Sebenarnya itu adalah wewenang dari Wakil Dekan III. Jadi, Wakil Dekan III yang mengamanahkan semua dosen-dosen yang ada. Sebenarnya itu juga bukan kehendak pribadi dari dosen, tapi memang karena pergantian kepengurusan pimpinan, sehingga Wakil Dekan III berganti dan jajaran pimpinan juga berganti. Saya rasa karena pertama, saya sering aktif mengisi materi di UKPM Pena BEM KM FKM Unand. Selanjutnya, mungkin karena pengalaman jurnalistik saya yang juga kebetulan lumayan aktif dalam kegiatan menulis. Kemudian juga di kampus kebetulan saya bergabung di tim Humas. Mungkin karena hal ini saya dirasa cocok untuk menjadi pembina UKPM Pena BEM KM FKM Unand tahun ini.”

Selain hal tersebut, Beliau juga mengungkapkan bahwa adanya kemungkinan faktor internal atas pengangkatan dirinya. Perlu diketahui, Beliau adalah salah satu dari penggagas berdirinya UKPM Pena BEM KM FKM Unand. Sehingga, keberadaannya yang cukup dekat dengan lembaga pers ini membuatnya direkomendasikan untuk menjadi pembina.

Beliau juga mengungkapkan bahwa ia akan membawa perubahan bersama UKPM Pena BEM KM FKM Unand. Salah satu perubahan tersebut adalah adanya output yang bisa dijadikan HKI (Hak Kekayaan Intelektual) yang mana juga bermanfaat untuk universitas dan juga fakultas. “Contoh HKI untuk jurnalistik ada buku dan buletin yang bisa kita hasilkan bersama-sama. Nantinya, kita urus pembuatan HKI dan jika ada HKI akan menjadi justifikasi bahwa kita adalah UKPM Pena BEM KM FKM Unand yang aktif. Saya berharap nantinya kita punya buletin dengan kualitas yang baik. Selain itu, saya juga ingin kita punya satu buku dengan tema tertentu, kita terbitkan dan kita urus ISBN-nya. Saya juga ingin semua pengurus UKPM Pena BEM KM FKM Unand memiliki blog pribadi sebagai tempat penyaluran jurnalistik masing-masing.”

Harapan lainnya yang disampaikan oleh Bapak Aulia Rahman, S.K.M., M.K.M., sebagai pembimbing baru UKPM Pena BEM KM FKM Unand adalah agar UKPM Pena BEM KM FKM Unand diperhitungkan di fakultas dan juga universitas. Diharapkan juga agar pengurus UKPM Pena BEM KM FKM Unand lebih aktif dalam menghasilkan karya.

Berikut lampiran SK Pembina KM FKM Unand

 

Asa Alvino Wendra dan Fatimatuz Zahra Batubara

UKPM Pena BEM KM FKM Unand

Generasi Aksara

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama