Peduli Korban Banjir Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, dan Gempa Sulawesi Barat, Lembaga KM FKM Unand Open Dona

 

Indonesia sedang berduka, banyak bencana alam yang terjadi dalam kurun waktu bersamaan pada bulan Januari ini. Bencana banjir di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Barat, serta gempa bumi di Sulawesi Barat menyisakan kesedihan dan luka mendalam bagi para korban bencana. Para korban ini sangat membutuhkan bantuan dari kita, baik morel maupun materiel untuk meringankan beban korban yang terkena musibah.

Sebagai bentuk kepedulian agar bisa membantu korban banjir di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Barat, serta gempa bumi di Sulawesi Barat, Lembaga KM FKM Unand  melakukan Open Donasi. Sejauh ini, lembaga yang telah membuka Open Donasi tersebut adalah Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) KM FKM Unand, HIMA IKM KM FKM Unand, UKM SAFE BEM KM FKM Unand, dan UKM Al Kahfi BEM KM FKM Unand.

Open Donasi yang dilakukan oleh BEM KM FKM Unand bekerja sama dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Duri. Open Donasi ditujukan untuk membantu meringankan beban korban Banjir di Kalimantan Selatan. Donasi yang dikumpulkan dalam bentuk uang ini, dimulai dari tanggal 20 Januari 2021. Open Donasi ini akan dibuka selama satu minggu ke depan. Namun, jika dana yang terkumpul belum mencukupi, maka waktu pengumpulan akan diperpanjang.

“Untuk sementara pengumpulan dilakukan satu minggu, jika dana sudah tercukupi maka langsung disalurkan,” Jelas Putri Aisyah sebagai Kepala Dinas Sosma BEM KM FKM Unand 2021.

Selain BEM KM FKM Unand selaku lembaga eksekutif di lingkup KM FKM Unand, HIMA IKM KM FKM Unand juga melakukan Open Donasi “Peduli Bencana Gempa Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat”. Open Donasi yang dilakukan oleh HIMA IKM KM FKM Unand bekerja sama dengan ACT Sumatera Barat untuk penyaluran dana yang terkumpul agar sampai di tangan para korban bencana gempa di Sulawesi Barat. Donasi ini dimulai sejak 21 Januari 2021 dan berakhir pada 28 Januari 2021. Donasi yang dibuka bisa melalui berbagai bank seperti, Mandiri dan BRI serta e-money seperti DANA dan OVO.

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) KM FKM Unand juga turut serta dalam melakukan Open Donasi sebagai bentuk kepedulian dan aksi kemanusiaan bagi para korban banjir di Kalimantan Barat dan Kalimantan Selatan, serta gempa di Sulawesi Barat. UKM Al Kahfi BEM KM FKM Unand melakukan Open Donasi di bawah naungan FKI Rabbani Unand. FKI Rabbani Unand ini bekerja sama dengan salah satu LSM terbesar di Indonesia yaitu Human Intiative untuk menyalurkan donasi untuk para korban gempa di Sulawesi Barat.

Selain UKM Al Kahfi BEM KM FKM Unand, UKM SAFE BEM KM FKM Unand juga melakukan penggalangan dana dengan Open Donasi bekerja sama dengan ACT Sumatera Barat. Donasi berupa uang akan disalurkan untuk korban banjir di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Barat, serta korban gempa di Sulawesi Barat.



Apabila para pembaca ingin ikut berpartisipasi dalam donasi ini, dapat menghubungi kontak terkait yang tertera pada pamflet berikut:


1.

1.      Via Bank Nagari (BEM KM FKM Unand)

a.n: BEM KM FKM UNAND

No. Rek: 0099717683

2.      Via Bank Syariah Mandiri (HIMA IKM X ACT)

a.n: Adinda Zahra Fadillah

No. Rek: 7143733712

3.      Via Bank BRI (HIMA IKM X ACT)

a.n: Nolanda Anisa Putri

No. Rek: 547701022507535

4.      Via DANA (HIMA IKM X ACT)

a.n: Fayza Afrionita

No: 082275301376

5.      Via OVO (HIMA IKM X ACT)

a.n: Emlly Tria Ananda

No: 082173158604

6.      Via Bank Syariah Mandiri (Al-Kahfi X FKI Rabbani X Human Initiative)

a.n: Putri Wulandari

No. Rek: 7129568717

7.      Via BNI Syariah (SAFE X ACT)

a.n: UKM SAFE FKM UNAND

No. Rek: 8660291021010175

Open Donasi ini tidak hanya mengkhususkan kepada masyarakat FKM dan Unand saja, tapi juga kepada siapapun yang ingin memberikan donasi. Diharapkan bentuk kepedulian dan aksi kemanusiaan dalam bentuk Open Donasi yang dilakukan oleh Lembaga KM FKM Unand ini bernilai kebaikan agar bisa membantu meringankan beban korban banjir di Kalimantan Barat dan Kalimantan Selatan, serta gempa di Sulawesi Selatan. Donasi yang terkumpul sangat membantu relawan yang turun langsung ke lokasi dalam memenuhi kebutuhan seperti sembako, pelayanan medis, dan kebutuhan lain yang dibutuhkan.

 

Yori Aprila dan Adinda Zahra Fadillah

UKPM Pena BEM KM FKM Unand

Generasi Aksara

 

 

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama