Mading 22


·         POJOK INFO

HALLOWEEN

Setiap tanggal 31 Oktober, dunia merayakan Halloween. Sebuah festival yang berasal dari bangsa Celtic, nenek moyang bangsa Eropa. Karena Bangsa Eropa suka berkelana, budaya ini ikut menyebar sampai ke benua-benua lain seperti Amerika dan Australia. Festival Halloween dirayakan dengan menggunakan kostum-kostum seram. Anak-anak berkeliling ke rumah-rumah tetangga sambil mengucapkan "Trick or Treat". Yes, kalimat itu berarti " Beri kami coklat atau kami jahili". Saat ini, anak-anak dibebaskan untuk menjahili rumah orang-orang yang dianggap pelit. Biasanya mereka menghiasi pohon "si pelit" dengan tisu toilet. Hahaha, lucu juga sih. Lantas bagaimana sebenarnya kisah Halloween dan fakta apa saja yang menyelimutinya.

Sejarah Halloween

Bangsa Celtic, sebagai bangsa pertama yang mencetuskan perayaan ini percaya bahwa setiap tanggal 31 Oktober, pembatas antara dunia orang mati dan orang hidup terbuka. Banyak roh jahat yang akan berkeliaran dan menggangu mereka. Roh-roh jahat tersebut mengancam memberikan kerugian pada warga. Agar terhindar dari ancaman tersebut, bangsa Ciltex memakai kostum-kostum menyeramkan. Tujuanya adalah, agar "roh jahat" yang mungkin keluar mengira manusia adalah teman mereka. Bisa dikatakan mereka mencoba berdamai dengan para roh jahat dengan berpenampilan mirip dengan mereka.

Simbol Halloween

Simbol Halloween yang digunakan secara universal adalah Labu yang dibentuk menyerupai wajah yang menyeramkan. Karakter ini disebut Jack-o-Lantern. Di dalam Jack-o'-lantern biasanya diletakkan lilin menyala atau lampu agar terlihat lebih seram di tempat gelap. Budaya ini berasal dari Amerika Utara yang memang merupakan area penghasil labu. Simbol lain dari Halloween adalah orang-orangan sawah. Labu dianggap sebagai hasil panen dan orang-orangan sawah adalah para penjaga. Mereka juga biasa menggunakan tokoh-tokoh menyeramkan lain seperti laba-laba, kelelawar, drakula, iblis dan lainya.

Siapa itu Jack-O-Lantern

Menurut legenda Irlandia, Jack-O-Latern adalah seorang petani malas yang cerdas. Dia berhasil menipu iblis agar tidak dimasukkan ke dalam neraka tapi juga tidak diizinkan masuk surga karena dosanya. Alhasil, arwah Jack-O-Latern berkeliaran sambil membawa sebuah lentera. Legenda ini kemudian di intepretasikan menjadi labu seram yang di letakkan di depan rumah.

Trick or Treat

Kalimat Trick or Treat awalnya digunakan sebagai mantra yang dipercaya dapat menenangkan roh jahat. Tapi kemudian mulai digunakan anak-anak saat mencari permen. Dulunya, hanya anak-anak yang kurang mampu yang menggunakan kalimat trick or treat untuk mendapatkan makanan. Tapi sekarang, trick or treat adalah budaya untuk semua orang

Mitos

Konon katanya, melihat laba-laba di malam Halloween berarti arwah orang yang kita sayangi sedang mengawasi. Membunyikan bel di malam hari dapat mengusir roh jahat Ketakutan pada malam Halloween disebut dengan Samhainphobia

Fakta

Halloween telah dirayakan lebih dari 2000 tahun yang lalu Negara-negara yang merayakan Halloween adalah Kanada, Irlandia, Selandia Baru, Britania Raya, Jepang, Bahama, Amerika Serikat, Swedia dan negara – negara Amerika Latin 85% warga di Amerika Serikat merayakan Halloween. Konsumsi gula pada perayaan Halloween jauh lebih besar dari pada natal dan valentine.

 

Sumber : https://www.vistaeducation.com/article/sejarah-fakta-dan-mitos-halloween

Elvaricha dan Asa

(Wartawan Muda UKPM Pena)

 

·         POJOK TIPS

Merayakan Halloween di Masa Pandemi

            Halloween diperingati setiap tanggal 31 oktober. Namun, perayaan Halloween tahun ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kita tidak bisa merayakannya dengan teman-teman kita di luar rumah. Namun, tetap ada cara seru untuk merayakan Halloween walaupun hanya di rumah saja, Anda dapat menyimak beberapa cara berikut ini agar momentum Halloween tahun ini tetap berkesan.

1. Rayakan Halloween di Rumah dengan Keluarga

Buatlah pesta kecil bersama keluarga di dalam rumah atau di halaman belakang rumah yang terbuka. Walau hanya di rumah bersama keluarga, jangan biarkan acaranya seperti pertemuan keluarga biasa. Buat undangan resmi yang diselipkan di bawah pintu kamar masing-masing anggota keluarga. Beri tahu, jika mereka harus pakai kostum dan membawa hadiah juga. Hiasi rumah dengan dekorasi khas Halloween dan memasaklah bersama.

2. Ghosting

Konsep ghosting ini bisa digunakan untuk perayaan Halloween kali ini agar aman. Kita masih bisa membagikan hal-hal manis, seperti permen dan cokelat bertema Halloween. Atau bisa juga dengan membagikan kue bertema Halloween.

3. Buat Kue dan Makanan Bertema Halloween

Karena masih sulit jalan-jalan keluar bersama teman, lebih baik merayakan Halloween di rumah bersama keluarga dengan membuat makanan sendiri. Banyak makanan dan kue yang bisa dihias bertema Halloween sehingga acara makan malam kalian makin seru.

4. Bikin Cocktail dan Mocktail Halloween

Jika kamu merasa repot membuat kue dengan bahan-bahan khusus, membuat cocktail atau mocktail khas Halloween menjadi alternatifnya. Siapkan gelas yang spooky dan pilih minuman dengan warna dan hiasan khas Halloween. Kamu bisa juga membuat ramuan minuman cocktail atau mocktail warna gelap kemudian berikan hiasan spooky dan nama unik yang mengerikan seperti “ramuan penyihir”

5. Berbagi Cerita Hantu

Kamu bisa kumpul bersama keluarga sambil gelap-gelapan dan ngemil di ruang tengah sambil menikmati film horor atau thriller. Selain itu, kalian bisa juga membaca buku cerita horor atau menceritakan pengalaman pribadi serta membaca kisah horor lokal dekat rumah.

Sumber : https://www.reqnews.com/tips/23888/5-tips-merayakan-halloween-bersama-keluarga-di-rumah

 

Salshabila Nadya

(Wartawan Muda UKPM Pena)

 

·         POJOK SASTRA

Halloween

Oleh : Kayiyak

 

Yang bisa kulakukan

Duduk dan berdiri

Mematung dan tersenyum

Mungkin nyawaku berpindah

 

Di bibir bergincu

Sirah dan berdarah

Selebihnya pupur dan

Gaun sewarna pucat

 

Trick or treat dimulai

Saling pamer tarik

Gengsi dijerat ketakutan

Seraya berkata dan bertanya

“Happy Halloween dan kapan kawin?”

 

Novika Tri Lestari

 

·         POJOK HUMOR

SUMBER : https://www.brilio.net/foto/view/news/2018/10/30/154265/938915-cuitan-halloween.jpg

MUTIARA SAKHINAH

 

·         POJOK QUOTES

Halloween membungkus rasa takut dalam kepolosan, seolah-olah itu sedikit asam manis. Biarkan teror, lalu, diubah menjadi suguhan.”

– Nicholas Gordon.

“Halloween tidak hanya tentang mengenakan kostum, tetapi tentang menemukan imajinasi dan kostum dalam diri kita sendiri. ”

– Elvis Duran.

“Bayangan ribuan tahun bangkit kembali tanpa terlihat, suara-suara berbisik di pohon. Malam ini adalah Halloween”

- Dexten Kozen.

 

sumber: https://www.dailysia.com/quotes-halloween/

Diana Rahma Citra

 

Tasya Rivia

(Wartawan Muda UKPM PENA)

SYARIFA AYUNI

(Wartawan Muda UKPM PENA)

 

 

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama